Windows VS Linux

05 Oct 2011 11:00 | Hits: 2407

Mari Kita Bandingkan Windows VS Linux, Mana yang Terbaik?

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan akan membuat perubahan dari Windows ke Linux atau Linux untuk Windows umumnya ingin mengetahui keuntungan dan kerugian dari masing-masing sistem operasi. Jika diadu anatara Windows VS Linux manakah yang akan lebih pantas digunakan?

Paseban akan mencoba untuk membantu menggambarkan kelebihan dan kekurangan utama Windows VS Linux ini. Berikut review-nya.

Harga

Jika mengadu sebuah OS, gadget, atau yang lain, pastilah harga yang jadi pertimbangan utama Anda. Termasuk Windows VS Linux ini. Microsoft Windows memiliki harga antara $ 50.00 - $ 150,00 dollar AS per setiap salinan lisensi. Sedangan mayoritas varian Linux yang tersedia secara gratis atau dengan harga jauh lebih rendah dari Microsoft Windows.

Kemudahan

Meskipun mayoritas varian Linux telah meningkat secara dramatis dalam kemudahan penggunaan, Windows masih jauh lebih mudah digunakan bagi pengguna komputer baru. Microsoft telah membuat beberapa kemajuan dan perubahan yang telah membuatnya menjadi jauh lebih mudah untuk menggunakan sistem operasi. Meskipun bisa dibilang tidak mungkin menjadi sistem operasi paling mudah, karena sebenarnya tetap masih lebih mudah menggunakan Linux.

Keandalan

Menyoal kemampuan Windows VS Linux ini, mayoritas varian Linux dan versinya terkenal handal dan sering dapat berjalan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun tanpa perlu reboot. Meskipun Microsoft Windows telah membuat perbaikan besar dalam kehandalan selama beberapa versi terakhir dari Windows, tetap saja tidak dapat menandingi kehandalan Linux.

Software

Linux memiliki berbagai macam program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan. Namun, Windows memiliki pilihan yang jauh lebih besar dari perangkat lunak yang tersedia. Karena banyaknya pengguna Microsoft Windows, ada pilihan yang jauh lebih besar dari program software yang tersedia, utilitas, dan permainan untuk Windows.

Harga Software

Banyak program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan yang tersedia di Linux adalah bersumber dari freeware atau gratis. Bahkan program yang kompleks seperti seperti Gimp, OpenOffice, StarOffice, dan Grape yang tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah. Meskipun Windows tidak memiliki program perangkat lunak, utilitas, dan game gratis, sebagian besar program akan memakan biaya antara $ 20.00 - $ 200,00 + US dolar per copy.

Hardware

Beberapa perusahaan dan produsen hardware telah membuat kemajuan besar dalam mendukung hardware untuk Linux. Namun, banyak perusahaan masih tidak menawarkan driver atau dukungan untuk perangkat keras mereka di Linux. Karena jumlah pengguna Microsoft Windows dan dukungan driver yang lebih luas, Windows memiliki dukungan yang jauh lebih besar untuk perangkat hardware dan sebagian besar dari produsen hardware akan mendukung produk mereka di Microsoft Windows.

Keamanan

Linux adalah dan selalu menjadi sistem operasi yang sangat aman. Meskipun masih bisa menyerang, jika dibandingkan dengan Windows, jauh lebih aman. Meskipun Microsoft telah membuat perbaikan besar selama bertahun-tahun dengan keamanan pada sistem operasi mereka, sistem operasi mereka terus menjadi yang paling rentan terhadap virus dan serangan lainnya.

Open Source

Banyak varian Linux dan program Linux yang open source dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan atau memodifikasi kode apapun yang mereka inginkan. Microsoft Windows tidak open source dan sebagian besar program Windows juga tidak open source.

Dukungan

Meskipun mungkin lebih sulit untuk menemukan pengguna akrab dengan semua varian Linux, ada sejumlah besar dokumentasi online yang tersedia dan membantu, buku yang tersedia, dan dukungan yang tersedia untuk Linux. Microsoft Windows termasuk bagian bantuan sendiri, memiliki jumlah besar dokumentasi online yang tersedia dan membantu, serta buku-buku tentang setiap versi Windows. EK