Aplikasi Kamus

26 Sep 2011 12:00 | Hits: 4337

Lima Aplikasi Kamus Produk Dalam Negeri Untuk Android

Pengembang aplikasi untuk perangkat mobile di tanah air nampaknya mulai bergeliat seiring dengan dengan perkembangan era yang beralih dari PC menuju ke mobile gadget. Platform Android dengan kemudahan open source yang ditawarkannya memicu banyak developer tanah air untuk menyumbangkan karyanya. Salah satu hasil karya yang paling sederhana adalah aplikasi kamus.

Sejauh pengamatan Paseban, terdapat 5 aplikasi kamus hasil karya anak negeri yang tersedia di Android Market:

Bahasa Dictionary

Saat pertama kali menjalankan aplikasi kamus besutan GITS Indonesia ini, Anda akan diminta untuk menginstal aplikasi tambahan text-to-speech, pilih "yes" dan Anda akan diarahkan ke Android Market dan mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan. Dengan aplikasi ini, fitur text-to-speech dapat membantu Anda untuk mengetahui cara pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang benar.

Hal kedua adalah Anda akan diminta untuk download file data kamus English-Indonesia sebesar 2 MB. Setelah download selesai, pilih tombol English-Indonesia dan selanjutnya Anda akan diminta untuk download file data kamus Indonesia-English.

Setelah Anda download semua data yang diperlukan, selanjutnya aplikasi kamus bahasa Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia ini akan dapat Anda gunakan secara offline.

Kamus Dictionary Indonesia

Kamus English to Indonesia dan Indonesia to English besutan Suitmedia ini terlihat lebih simple jika dibandingkan aplikasi Bahasa Dictionary. Alih-alih untuk tidak mendukung fitur text-to-speech, Kamus Dictionary Indonesia menambahkan fitur share melalui email, situs jejaring sosial dan Wikipedia.

Bahasa Sunda

Kamus Indonesia-Sunda dan Sunda-Indonesia besutan GITS Indonesia ini sama seperti Bahasa Dictionary, Anda harus download dua file data, masing-masing sebesar 16 KB, dan juga memiliki UI (User Interface sama dengan Bahasa Dictionary. Namun tidak seperti Bahasa Dictionary, Bahasa Sunda tidak mendukung fitur text-to-speech.

Ngomong Sunda

Aplikasi besutan Plugie ini akan sangat cocok untuk melengkapi aplikasi Bahasa Sunda bagi Anda yang benar-benar ingin menguasai bahasa Indonesia. Ngomong Sunda bukan berbentuk kamus seperti aplikasi kamus yang lain, Anda tidak bisa mengetikkan kata dan mencari artinya, melainkan ia berfungsi untuk membantu Anda mempelajari pengucapan bahasa Sunda yang benar.

Big Indonesian Dictionary KKBI

Big Indonesian Dictionary KKBI besutan Yuku adalah kamus besar bahasa Indonesia dengan sumber data dari Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Aplikasi kamus ini, bisa dibilang adalah versi bahasa Indonesia dari Oxford Dictionary, di mana Big Indonesian Dictionary KKBI akan mendefinisikan/mendeskripsikan arti dari suatu kata dalam bahasa Indonesia. RY