International Call

25 Sep 2011 09:00 | Hits: 16294

Perbandingan Tarif International Call Seluruh Operator di Indonesia

Perbandingan Tarif International Call Seluruh Operator di Indonesia

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga, kerabat atau teman yang berada di luar negeri, meskipun tidak bisa bertatap muka langsung, tak afdol rasanya jika hanya berhubungan melalu SMS saja. Bahkan bagi sebagian orang, SMS itu hanya memakan waktu mereka, sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan International Call meskipun dengan biaya yang mahal.

Sebenarnya, mengenai tarif International Call ini sudah ada di aplikasi dari Paseban yang bernama Telcolator, Anda bisa membandingkannya satu operator dengan operator lain. Namun untuk menunjang kebutuhan Anda tersebut, melalui artikel ini Paseban akan memberikan Anda pengetahuan mengenai tarif International Call dari seluruh operator di Indonesia.

Telkomsel

International Call dari Telkomsel disediakan dalam tiga kode akses, yaitu SLI 007, 01017 dan 01052 atau VoIP. Sebenarnya, Telkomsel tidak hanya menyediakan tiga kode akses tetapi lima kode akses, hanya saja yang bisa digunakan oleh pelanggan hanya ketiga kode akses yang telah disebutkan tadi.

Perbedaan yang menonjol dari ketiga kode akses tersebut adalah terletak pada segi tarif dan negara tujuan. Perhatikan tabel di bawah ini:

Internasional Call 1

Tabel di atas adalah tarif International Call yang berlaku untuk sambungan melalui kode SLI 007, kelihatannya memang cukup mahal, tetapi dari segi kelengkapan negara tujuan, Anda perlu mempertimbangkannya kembali. Mengapa perlu dipertimbangkan, karena sambungan yang melalui kode akses SLI 01017 dan VoIP hanya berlaku untuk negara tujuan tertentu dan produk operator tertentu pula.

Bagi Anda pengguna Telkomsel yang menggunakan kode akses 01017, akan dikenakan biaya normal International Call seperti yang ditunjukkan pada kolom di bawah ini :

International Call 2

Untuk kode akses VoIP, hanya bisa digunakan oleh Anda yang menggunakan kartu AS saja, VoIP ini memungkinkan Anda melakukan panggilan ke luar negeri dengan harga yang relatif lebih murah. Untuk mendaftar pada layanan ini ketik SMS dengan format VoIP Sub hargapaket kirim ke 8999. Contoh : VoIP Sub 1000.

Sayangnya, untuk layanan ini hanya berlaku paket sehari dari saat pembelian hingga pukul 24:00, tetapi Anda masih bisa melakukan pembelian paket lebih dari sehari dengan catatan bonus hanya berlaku pada hari itu saja tidak berlipat ganda. Promo dari Telkomsel ini hanya berlaku hingga tanggal 31 Desember 2011.

Jika Anda ingin melakukan International Call ke nomor seluler maupun rumah /PSTN, Anda cukup mengetikkan [007 + kode negara + nomor tujuan], format tersebut berlaku bagi semua kode sambungan.

XL

Berbeda dengan XL, sejak tanggal 3 Mei 2009 pengguna XL prabayar maupun pasca bayar sudah bisa menikmati tarif Rp 0,01 selama 2 menit ke Malaysia, Singapura, Bangladesh, Sri Lanka dan Kamboja setelah menelpon selama 3 menit. Tetapi khusus untuk Malaysia, ternyata promo tersebut hanya berlaku untuk panggilan ke operator Celcom saja. Berikut gambarannya :

Internasional Call 3

Untuk Negara tujuan lainnya, XL sendiri belum mengumumkan baik tarif normal maupun tarif promo barunya, karena tarif yang ada ternyata sudah habis masa berlakunya yakni hingga akhir Juni 2011 kemarin. Bagi Anda yang ingin menelpon ke luar negeri dengan tujuan nomor seluler tinggal mengetik [01000 + kode negara + nomor tujuan]. Sedangkan untuk tujuan nomor PSTN ketikkan [01000 + Kode Negara + Kode Area + Nomor Tujuan].

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi harga terbaru, Anda bisa menghubungi 817 dengan tarif 350 /panggilan (untuk XL pasca bayar panggilan tersebut gratis), atau melalui nomor lain di nomor 021-579 59 817.

Indosat

Tarif International Call dari Indosat (IM3, Mentari, Matrix, Star One dan Indosat Phone), hampir mirip dengan Telkomsel tetapi hanya memakai dua kode akses yakni 001 dan 008. Tarif tersebut berbeda-beda tergantung Zona negaranya, Indosat sendiri menyediakan tujuh Zona Negara tujuan dengan standard rate yang berbeda. Untuk mengetahui Negara tujuan yang Anda cari berada pada Zona Negara yang mana, silahkan menggunakan aplikasi Telcolator untuk mengetahui lebih lanjutnya. Berikut daftar harga normal dari seluruh Zona Negara :

Internasional Call 4

Axis

International dari operator Axis ini, sangat mirip dengan yang dimiliki oleh Indosat, jika Indosat menggunakan kode Zona Negara maka Axis menggunakan kode Grup. Masing-masing grup tersebut pun memiliki standard rate yang berbeda layaknya Indosat. Saking banyaknya kode akses yang disediakan oleh Axis, Paseban tidak bisa menyajikan daftar tarifnya secara lengkap di sini, jadi untuk mengetahui secara detailnya Anda bisa mengakses aplikasi Telcolator. Secara umum, tarifnya tidak jauh berbeda dengan tarif-tarif operator lainnya, hanya memang setiap operator selalu memiliki tarif khusus yang populer dengan sebutan promo.

Kelebihannya, Axis memiliki program pengurangan tarif dan tarif premium, pengurangan tarif tersebut sekitar 25 % dari tarif standar untuk telepon ke luar negeri dan 120 % dari tarif standar untuk tarif premium yang berlaku untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional (jam 00.00 s/d 24.00 waktu setempat).

3 (Three)

Operator yang satu ini berbeda dengan yang lainnya, karena ternyata 3 memiliki banyak program International Call bagi pelanggannya. Seperti program VoIP Ramadhan salah satunya. Salah satu promosi lainnya dari Axis adalah dengan menggunakan kode akses 01088, dengan menggunakan kode akses ini sesuai dengan klaim Axis tarifnya hanya Rp 210/ menit untuk ke 200 negara tujuan.

Yang menjadikan operator 3 beda dari yang lain adalah 3 memiliki paket International Call per bulan, sehingga Anda yang sering berhubungan dengan rekan bisnis yang ada di luar negeri bisa memfaatkan layanan dari 3 ini. Biaya berlangganannya pun bisa dibilang cukup murah yakni hanya Rp 110.000 per bulan.

CDMA

Untuk operator CDMA, Paseban melihat tidak terlalu menonjol dalam layanan international call yang satu ini. Sehingga untuk CDMA, Paseban tidak bisa memberikan review yang detail. MG