Sony Xperia ZL

28 Jan 2013 15:30 | Hits: 1525

Intip Empat Alasan yang Membuat Sony Xperia ZL Nampak Wah!

Intip Empat Alasan yang Membuat Sony Xperia ZL Nampak Wah!

Selain membawa Z, Sony juga membawa hp Sony terbarunya sebagai pendamping Z yang membawa nama ZL. Hp Sony terbaru ini memiliki performa yang hampir serupa dengan Z, namun ada beberapa poin yang membedakan dari keduanya. Apa yang membedakan keduanya? Berikut ulasan Sony Xperia ZL.

Desain

Sama seperti saudaranya yang juga di pamerkan pada ajang bergengsi CES, Xperia ZL atau dikenal sebagai Sony Xperia C65, memiliki desain yang sama seperti saudaranya Z. Daiei lekuk tubuh, sudut, cara menempatkan kamera sekunder, dan bahkan Port yang disematkan di dalam ponsel ini memiliki tempat yang sama. Perbedaan hanyalah terdapat pada sisi bawah ponsel. Jika Xperia Z memiliki ornamen seperti sebuah tombol mini, namun ZL menggantinya dengan siluet cahaya yang cantik. Ponsel lini juga masih di dalam kelas premium. Bahan material yang digunakan berbeda dengan apa yang dibawa oleh Z.

Jika Z menggunakan bahan yang terbuat dari campuran kaca di bagian belakang ponselnya yang mengakibatkan sangat mudah meninggalkan jejak sidik jari, maka berbeda dengan ZL. ZL menggunakan bahan seperti karet yang memiliki pola yang memantapkan pegangan sang pengguna. Namun bahan berpola ini hanya bisa Anda temukan di dalam ponsel yang memiliki warna hitam. Sedangkan untuk ponsel yang memiliki warna putih, hanya memiliki bahan yang terbuat dari karet. Dimensi yang dibawa oleh ZL lebih pendek, berat dan teabl dibandingkan dengan Z. ZL memiliki dimensi sebesar 131.6 x 69.3 x 9.8 mm dan memiliki berat yang mencapai 151 gram. Dan sayangnya, ZL ini tidak setangguh Z yang tahan terhadap serangan debu dan air.

Layar

Untuk hal penampil gambarnya sendiri, ZL memiliki kualitas yang sama dengan Z. ZL membawa kaca sentuh TFT dengan kemampuannya menampilkan 16 juta macam warna kepada para penggunanya. Layarnya sendiri membentang sebesar 5 inci dan memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dan memiliki kerapatan piksel sebesar 441 ppi. Untuk perlindungannya sendiri, ZL dilindungi dengan Shatter proof and scratch-resistant Glass. Untuk tampilan antar mukanya sendiri, setiap ponsel Sony pasti menggunakan tampilan Timescape UI yang ditata apik menggunakan mesin Sony Mobile BRAVIA Engine 2.

Performa dan Fitur

Ponsel ini ditanami dengan sistem operasi yang juga sama dengan saudaranya, yakni Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean) yang juga berencana untuk dilakukan upgrade ke sistem operasi v4.2 (Jelly Bean). Sistem operasi ini disandingkan secara profesional dengan prosesor Qualcomm MSM8064 Snapdragon Quad-core yang memiliki kecepatan sebesar 1.5 GHz dan juga tak lupa dengan bantuan dari RAM yang memiliki kekuatan sebesar 2 GB. Untuk makin memantapkan tampilan grafisnya, Sony mempercayakan prosesor grafis Adreno 320.

Untuk urusan konektivitasnya, Sony sendiri mampu memacu data hingga HSPA+, LTE atau Anda bisa memanfaatkan koneksi WiFi di sekitar lingkungan Anda dengan kanal Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot yang juga tertanam di dalamnya. sementara untuk urusan berkirim file antar perangkat yang mendukung, ponsel ini memanfaatkan koneksi Bluetooth v4.0 with A2DP dan juga microUSB v2.0 (MHL).

Untuk daya penyimpanannya sendiri, ponsel ini dibekali dengan memori internal sebesar 16 GB yang masih bisa Anda ekspansi menggunakan memori eksternal hingga 32 GB.

Kamera

Pada sektor fotografi, ponsel ini memiliki kesamaan dengan saudaranya, yakni membawa kamera dengan kekuatan sebesar 13-megapixel yang mampu mengabadikan momen terbaik di dalam hidup Anda di dalam Frame sebesar 4128x3096 pixels yang mana kamera ini makin mantap dengan disematkan fitur seperti autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization dan sweep panorama. Sementara untuk merekam video sendiri, ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps dan dilengkapi dengan fitur continuous autofocus, video Light dan video stabilizer. Ponsel ini makin dipersolek dengan hadirnya kamera sekunder yang memiliki kekuatan sebesar 2-megapixel yang memiliki resolusi sebesar 720p@30fps jika Anda menggunakannya.

Kesimpulan dan Harga

Pada pembukaan awal tahun, Sony makin gagah melawan produk dari Korea Selatan dan China yang pada tahun lalu sangat rajin menggempur pasar Android secara global. Dan hal ini tidak sia-sia, meskipun yang dikenalkan Sony adalah merupakan produk premium di kelasnya. Tetapi sayang untuk informasi harga dari ponsel ini masih belum di ketahui secara pasti. [PY]