SMS Internasional

20 Sep 2011 11:00 | Hits: 26895

Tarif SMS Internasional Semua Operator di Indonesia

Tarif SMS Internasional Semua Operator di Indonesia

Anda yang memiliki keluarga, kerabat atau teman yang berada di luar negeri, pasti sering menggunakan layanan SMS atau telepon yang melibatkan akses Internasional. Terkadang ketika kita ingin menghubungi seseorang yang berada di luar negeri, kita merasa bingung dalam memilih provider yang akan kita gunakan. Pertimbangan pertama, pasti dari segi tarif SMS yang murah tetapi tidak murahan. Pertimbangan selanjutnya, apakah negara yang kita tuju masuk ke dalam jaringan negara dari operator tersebut atau tidak.

Kategori murah, sebenarnya itu kembali kepada penggunanya sendiri. Paseban di sini hanya akan memberikan review layanan operator yang menyediakan layanan SMS Internasional.

GSM

3 (three)

Provider 3 (three- red), lebih mengandalkan layanan SMS Internasionalnya daripada layanan voice call-nya, seperti yang tertulis dalam promosinya "Tak perlu menelpon, dengan Tri kamu bisa bertukar kabar dengan kerabat & teman yang berada di luar negeri dengan SMS Internasional dari Tri".

Sebenarnya, 3 bukan tidak menyediakan layanan terbaik bagi pelanggannya yang ingin melakukan voice call, tetapi 3 lebih menekankan pada fitur layanan SMS-nya. Sehingga, 3 lebih menonjolkan layanan murah SMS Internasional nya dengan tarif mulai dari Rp 500 - Rp 1000 per SMS".

Provider 3 ini juga mengklaim bahwa providernya telah tergabung dengan 384 jaringan operator di 165 negara yang akan terus bertambah.

Axis

SMS Internasinal dari Axis, bisa Anda gunakan dengan mengirimkan SMS kepada nomor yang dituju seperti biasanya, tetapi mesti diawali dengan kode negara yang dituju.

Anda juga dapat menerima SMS saat sedang berada di luar negeri tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Cukup praktis, dan tidak ada charge dalam menerima SMS tersebut. Axis juga mengadakan "Promo Tarif Internasional Axis", dimana tarifnya lebih hemat dari yang lainnya. Tetapi, promo ini ternyata hanya berlaku hingga tanggal 13 Desember 2011.

Sama halnya dengan 3, Axis juga memberikan kemudahan penggunanya dalam urusan registrasi, di mana tidak mengharuskan pengguna mendaftarkannya terlebih dahulu.

SMS Internasional Axis

Contoh format pengiriman SMS internasional ke nomor handphone : +(kode negara) lalu tekan Kirim/OK

Telkomsel

Tarif SMS Internasional dari Telkomsel berbeda-beda, untuk kartu AS tarif dasarnya Rp 1000/sms. Kartu Halo Rp 500/sms, sedangkan untuk Simpati Rp 600/SMS baik ke sesama operator maupun ke beda operator.

Indosat

Untuk Anda pengguna Indosat baik Mentari, IM3 maupun Star One, tarif SMS Internasionalnya sama yaitu Rp 500/SMS. Bagi pengguna Matrix, tarif dasar SMS Internasionalnya lebih murah dari ketiganya yakni hanya Rp 400/SMS. Tarif ini berlaku untuk semua negara tujuan kecuali tujuan ke seluruh negara di Eropa, Fiji, Papua Nugini, Senegal & Uni Emirat Arab. Tujuan SMS ke Negara-negara pengecualian tersebut dikenakan biaya sebesar Rp. 1 200/SMS.

XL

XL pra bayar dengan layanan SMS Internasionalnya mematok tarif dasar sebesar Rp 500/sms, sedangkan untuk XL pasca bayar dipatok dengan tarif Rp 500/SMS dengan minimum pemakaian Rp 50.000/bulan. XL juga menyediakan tarif pra bayar Roaming Internasional, yakni sebesar Rp 4 000/SMS.

CDMA

Fren

Hingga saat ini, Fren belum menyediakan layanan SMS Internasional. Jadi bagi Anda pengguna Fren, Anda tidak bisa mengirimkan SMS ke luar negeri menggunakan operator kesayangan Anda yang satu ini.

Flexi

Flexi dari Telkomsel menyediakan tarif Internasional SMS dengan patokan dasar sebesar Rp 455/sms untuk pengguna pra bayar, sedangkan untuk pengguna pasca bayar Anda hanya mengeluarkan pulsa sebesar Rp 450/SMS.

Esia

Tarif dasar Esia untuk SMS Internasional di patok seharga Rp 1000/SMS. MG