Aplikasi iOS

25 Jan 2013 07:00 | Hits: 3223

Aransemen Musik Anda Sendiri Melalui Aplikasi iOS Ini

Aransemen Musik Anda Sendiri Melalui Aplikasi iOS Ini

Harus diakui bahwa dunia teknologi mobile telah merambah banyak bidang pekerjaan yang ada saat ini, termasuk bidang musik. Kelak tak lama lagi Anda akan melihat para penonton berteriak ketika tiba-tiba serang musisi mengeluarkan sebuah perangkat iPhone atau iPad dan memainkan lagu-lagunya yang telah diaransemen secara digital. Lalu, apakah hal tersebut mungkin terjadi di masa depan? Tak perlu menunggu lama, kali ini Anda dapat mewujudkan hal itu. Para pengguna produk Apple dapat menggunakan beragam aplikasi iOS berikut membuat musik. Anda dapat memainkan melodi melalui synthetizer, merekam suara gita, dan bahkan memanipulasi vokal serta menambahkan beat. Ada banyak aplikasi iOS untuk membuat musik yang inovatif saat ini.

Pemula

Bagi pemula, mengsinkronisasikan jari, perangkat iOS serta imajinasi Anda adalah hal dasar yang harus dipahami. Interface perangkat Apple memungkinkan untuk berinteraksi dengan musik melalui cara baru. Untuk memulainya Anda dapat menggunakan aplikasi GarageBand seharga. Di dalamnya terdapat berbagai instrumen musik. Anda dapat memberikan perintah untuk memainkan gitar baik elektrik ataupun akustik, menyisipkan bass, dan menambahkan suara-suara dari keyboard. Instrumen drum standarnya pun cukup banyak. Dengan begitu Anda dapat membuat berbagai beat dengan jari-jari, dan melakukan eksperimen melalui koleksi instrumen digitalnya. Unduh aplikasi iOS buatan Apple ini seharga $4.99 di sini.

Apabila harga GarageBand terdengar cukup mahal, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis yang tersebar di App Store. SoundPrism mampu memberikan kesederhanaan serta kesenangan melalui interface-nya yang berwarna untuk membuat melodi musik secara gratis. Aplikasi yang dikembangkan oleh Audanika GmbH cukup menarik untuk dicoba bagi Anda yang akan beradaptasi dengan tingkatan aplikasi musik yang lebih kompleks. Unduh SoundPrism secara gratis di sini.

Penggemar Musik

Sebagai penggemar musik dan cukup memiliki kemampuan dalam mengaransemen, Anda dapat melanjutkan karya yang telah dibuat melalui GarageBand ke aplikasi yang lebih rumit seperti NanoStudio. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai studio rekaman mobile. Di dalamnya terdapat synth analaog, sample trigger padas, sebuah sequancer, sample editor, mixer, dan beragam efek yang terintegrasi ke dalam satu aplikasi. Anda dapat merekam berbagai ide secara real time, melakukan mixing layer dengan beragam sample musik, membuat komposisi, dan mengaransemen musik dengan sequencer. Anda dapat membagikan hasil olahan musik ke dalam SoundCloud. Sementara itu user interface NanoStudio pun sangat intuitif. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini https://itunes.apple.com/us/app/nanostudio/id382263651?mt=8

Selepas membuat beat dan aransemen latar musik, tentunya menambahkan vokal dalam musik akan semakin menarik. VocaLive mampu menyediakan 12 real time profesional efek vokal berkualitas studio. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam vokal dan instrumen lainnya dengan berbagai efek, dan melatih kemampuan vokal Anda dengan Vocal Tools. Dengan 12 efek profesional, recorder, dan Vocal Tools, aplikasi buatan IK Multimedia ini merupakan vocal processing tool terbaik untuk perangkat iPhone, iPad, ataupun iPod Touch sejauh ini. Anda dapat mengunduhnya seharga $19.9 melalui App Store di sini.

Profesional

Untuk membuat rekaman instrumen Anda menjadi sample, Anda dapat memanfaatkan SampleWiz untuk melakukannya. SampleWiz menawarkan interface editing secara konvensional ataupun melalui cara yang tidak biasa. Membuat sample musik bukanlah kegiatan yang mudah. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan oleh para profesional di bidang musik. Pilihlah tiga mode sampling seperti classic, granular, ataupun modern dan mainkan seluruh kemampuan mengaransemen musik milik Anda melalui aplikasini. SimpleWiz dibanderol seharga $9.99 dan dapat diunduh melalui App Store di sini. [MS]