Aplikasi Islam Android

22 Jan 2013 10:50 | Hits: 3667

Siraj Islamic Lifestyle - Aplikasi Islam Android dengan Seribu Manfaat di Handphone Anda

Siapa bilang aplikasi Islami hanya pantas untuk digunakan saat-saat bulan Ramadhan saja? Aplikasi Siraj Islamic Lifestyle seolah menepis anggapan tersebut. Sebelumnya kita tahu bahwa kebanyakan orang akan mengunduh aplikasi islami saat bulan-bulan tertentu karena disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan mereka, seperti alarm Adzan, taujih dan ghirah, atau aplikasi informasi Islami lainnya. Nah, aplikasi Siraj Islamic Lifestyle ini menjawab bahwa aplikasi Islami memang wajib ada di perangkat Android kaum muslimin tidak hanya untuk bulan Ramadhan saja. Aplikasi Siraj Islamic Lifestyle ini adalah produk aplikasi Paseban kedua yang ada di Google Play. Aplikasi Islam Android ini pun tidak hanya mengandalkan fitur alarm Adzan saja, namun ada beberapa kelebihan yang membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi sejenis, apa saja itu? Simak review dari Paseban berikut ini:

Aplikasi ini terbilang cukup baru, baru dirilis tahun 2012 kemarin, namun sudah mempunyai reputasi yang sangat bagus di Google Play sendiri. Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, sebaiknya Android Anda terhubung dengan Paket Data atau WiFi karena memang memerlukan koneksi Internet. Sebelum masuk aplikasi ini, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu, dengan memasukkan email, nama, nomor handphone, jenis kelamin, dan password. Buat apa nomor handphone? Apakah pulsa Anda nanti kesedot? Tidak! Aplikasi ini tidak berbayar untuk mendownloadnya atau menggunakan seluruh fasilitasnya nanti. Jika Anda sudah punya akun Paseban, Anda hanya tinggal login saja. Setelah berhasil Login, Anda akan disuguhkan dengan 6 menu utama Siraj Islamic Lifestyle, berikut penjelasannya:

Places Near Me

Place Near Me adalah informasi-informasi tempat terdekat di sekitar Anda, meliputi mesjid, Restoran Islam, Rumah Sakit Islam, Sekolah Islam atau Pesanteren, dan Toko atau Supermarket. Tempat-tempat yang disajikan tersebut bisa Anda lihat lengkap dengan foto, keterangan alamat, peta, informasi fasilitas (parkir, internet, toilet, ac dan lainnya), deskripsi dan komentar-komentar user lainnya. Anda pun bisa share langsung tempat tersebut ke Facebook, Twitter atau bisa memberikan Rating dan menambahkannya ke Favorites. Tempat-tempat di sekitar Anda ini bisa Anda setting sejauh berapa KM dan bisa Anda setting sendiri di menu Options, ada 3 pilihan (5 km, 10 km, 20 km). Anda pun bisa lebih berinteraktif dengan mengirimkan tempat-tempat meliputi mesjid, Restoran Islam, Rumah Sakit Islam, Sekolah Islam atau Pesantren, dan Toko atau Supermarket yang ada di sekitar Anda.

Prayer Times

Berisi jadwal Shalat Rawatib. Lengkap dengan tanggal Masehi dan Hijriah pada saat Anda membuka aplikasi ini. Jadwal Shalat Rawatib juga makin lengkap dengan jam waktu Shalat, dan countdown jadwal shalat berikutnya. Jika Anda berpindah tempat dari satu kota ke kota lain, klik icon yang ada di kanan atas, klik Options, dan Detect My Locations. Aplikasi ini secara otomatis akan menyesuaikan di mana lokasi Anda saat itu, namun biasanya Siraj sudah menyesuaikan saat di mana Anda pertama kali menggunakan aplikasi ini, hebat bukan?

Prayer Times ini juga memiliki fasilitas Alarm pengingat dengan suara Adzan. Anda bisa memilih waktu Shalat mana saja yang perlu menurut Anda perlu notifikasi, misal Anda sulit bangun saat Shalat Shubuh, pergi ke menu Option, centang reminder Adzan pada Shalat Shubuh. Nanti setiap Shubuh perangkat Android Anda akan menjadi sebuah jam weker dengan suara Adzan yang lantang. Anda bisa mensettingnya untuk Vibration saja, Adzan saja, keduanya, atau bahkan tidak keduanya untuk masing-masing jadwal Shalat yang Anda kehendaki.

Muhasabah

Muhasabah bisa dibilang sebagai Ustadz, Raport, atau buku catatan ibadah Anda. Gambarannya gini, sewaktu Anda kecil, seusia SD mungkin, saat bulan Ramadhan, mungkin Anda pernah mendapat tugas dari Guru Agama Islam Anda untuk minta tanda tangan pada mesjid setempat seusai Shalat Tarawih? Tanda tangan inilah yang dijadikan bukti bahwa Anda tiap hari melakukan Shalat Tarawih. Nah seperti itulah esensi dari Menu ini. Namun menu ini tentu lebih detail dan interaktif. Shalat pun bisa dipantau lebih detail, apakah tepat waktu, Berjamaah, di Mesjid atau ketiganya atau Anda Shalat sendiri. Tak hanya Shalat Fardhu, Shlat Sunnah Dhuha dan Tahajjud pun bisa Anda pantau lewat menu ini.

Selain itu ada juga pantauan untuk Puasa, Dzikir, Tilawatil Al Quran atau Recitation. Semua ‘pantauan’ tersebut tentu harus Anda isi sendiri, dengan member centang sesuai dengan kondisi yang sebanarnya. Nah, nantinya akan ada ‘Raport’-nya, baik untuk harian, mingguan dan bulanan. Untuk mengetahuinya, Anda tinggal ‘tap’ untuk menuju Sub-menu Evaluation. Di sini juga Anda akan diperlihatkan semacam grafik informasi hasil evaluasi, apakah Worse, Bad, Good atau Excellent. Hmm… bagaimana? Tentu ini berguna dalam rangka evaluasi diri sendiri, tak ada salahnya lho, toh ini juga demi kebaikan sendiri dan hubungannya dengan Sang Khalik.

The Quotes

The Quotes adalah semacam taujih dan ghirah, atau lebih gampangnya berisi ayat-ayat Al Quran atau hadits, biasanya satu ayat dan mempunyai makna tersendiri, ini juga kadang disesuaikan dengan hari atau kejadian saat itu. Misal saat puasa, The Quotes pasti berisi ayat-ayat Al Quran atau hadist yang berhubungan dengan puasa. Paseban jadi ingat dulu ada layanan SMS Premium dengan tarif Rp 2000 sekian untuk per SMSnya, dikirimkan tiap hari melalui SMS, begitu juga untuk The Quotes ini, selain gratis, ini lebih canggih karena The Quotes bisa Anda setting pada jam berapa Quotes akan dikirim melalui notifikasi getar dan pop up berisi Quotes pada Android Anda.

Anda pun sah-sah saja jika tak ingin melakukannya, cukup menonaktifkannya Remindernya pada menu Options, tapi Anda juga masih bisa melihat Quotes pada hari itu dengan menuju menu The Quotes langsung. The Quotes ini hadir dengan 2 bahasa, yakni Arab dan Bahasa Inggris, ada ejaan arab berbahasa Indonesia bagi Anda yang belum lancar membaca tulisan arab atau Al Quran. Oh ya satu lagi, Anda bisa mendengarkan langsung suara-suara merdu orang yang melafalkan Quotes tersebut dengan klik icon di kanan atas untuk menu ini. Karena inilah perlu koneksi internet mungkin.

Supplication

Supplication bisa Paseban bilang sebagai bank doa, ingin mencari doa akan makan? Doa istikharah? Atau bahkan doa berhubungan suami istri pun ada di sini. Sama seperti The Quotes, ada 2 bahasa yakni Indonesia dan Bahasa Inggris dan dilengkapi dengan ejaan arab berbahasa Indonesia bagi Anda yang belum lancar membaca tulisan arab atau Al Quran. Bedanya Supplication tidak menyediakan fasilitas reminder tentunya, karena kebutuhannya memang bersifat kondisional.

Options

Menu ini adalah rangkuman settingan untuk semua menu-menu pada Siraj Islamic Lifestyle ini. Ada menu bahasa secara umum (English / Indonesia). Juga ada keterangan My Places, yakni di mana keberadaan Anda sekarang di kota mana dan lebih detail secara Longitude dan Latitude (dan secara otomatis terdeteksi ketika Anda berpindah tempat). Juga ada Places Near Me tadi dengan opsi 3 jangkauan 5-20 KM dan pilihan setting reminder untuk menu-menu Adzan, Muhasabah dan The Quotes.

Bagaimana? Unik bukan aplikasi yang Paseban rekomendasikan ini? Oh ya, aplikasi ini ternyata buatan lokal lho, kita sebagai warga Indonesia tentu patut berbangga dengan adanya aplikasi ini. Meski lokal, aplikasi ini berguna buat semua orang yang ada di belahan dunia. Jadi, ketika Anda bepergian ke luar kota, atau ke luar negeri sekalipun, tidak usah bingung untuk menyesuikan jadwal Shalat di sana, cukup download aplikasi ini pada Android Anda. Nantinya aplikasi ini juga ada untuk perangkat BlackBerry dan iPhone. Selamat Download.

Tentang Siraj Islamic Lifestyle:

Developer: Paseban.com Ukuran: 2.1MB

Minimum Requirements: Android Froyo

Harga: Gratis

Link Download: Klik di Sini