Aplikasi Note

18 Jan 2013 07:00 | Hits: 2262

Evernote Vs OneNote: Mana Aplikasi Note Terbaik Untuk Android?

Evernote Vs OneNote: Mana Aplikasi Note Terbaik Untuk Android?

Bukan rahasia lagi, aplikasi note akan lebih memaksimalkan penggunaan perangkat Android. Evernote adalah salah satu aplikasi yang menjadi favorit banyak orang. Evernote merupakan aplikasi yang multi platform, bekerja baik dalam bidangnya dan dapat digunakan pada desktop komputer serta bervariasi perangkat mobile. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini melalui Windows, Mac, iOS, Android, Windows Phone, dan perangkat lainnya.

Tetapi, dengan adanya Evernote ini, apakah ini sebagai akhir dari aplikasi sejenis lainnya? Apakah Evernote benar-benar yang terbaik dalam segala hal? Satu kompetitor yang terlihat jelas dapat menyaingi Evernote adalah OneNote, dan Anda akan menyukai caranya dalam mengorganisasi. Anda akan menyukai kesimpelan dari aplikasi tersebut, dan Anda akan mendapatkan fungsionalitas yang sebenarnya ketika Anda membutuhkan note untuk berbagai hal, tanpa banyak gangguan agar Anda tetap nyaman dalam memanfaatkannya.

Cara terbaik untuk mengukur OneNote dalam mendorongnya untuk memasuki arena aplikasi note adalah dengan menempatkannya dalam kemudahannya, di mana hal seperti ini banyak dicari oleh orang-orang, dan hal ini juga yang sedang diperlihatkan oleh Evernote. Mengapa kemudahannya? Karena kesempatan inilah yang paling kentara saat OneNote memberikan ide pada perangkat mobile agar dapat melakukan sesuatu, serta setting dan add-on yang ditawarkan aplikasi ini akan bekerja dengan mudah dalam membuat note. Namun selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan juga dapat dikomparasikan dengan Evernote.

Untuk mendapatkan note dengan fungsi yang baik, Anda bisa mengganti antar aplikasi yang Anda miliki. Hal ini mungkin terjadi karena Anda masih mencari aplikasi yang sempurna dalam melakukan kerjanya, ditambah fungsi dan fitur yang menunjang di dalamnya.

Banyak pengguna menggunakan Evernote, jadi mungkin Anda akan membuat akun untuk merasakan sensasinya. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam memanfaatkan Evernote. Tidak akan memakan waktu yang lama untuk mengetahui mengapa Evernote sangat populer. Sebagai garis besarnya, aplikasi ini memiliki layout yang elegan serta pengorganisasian yang mudah. Di sini, Anda akan mendapatkan empat tombol note. Membuat note baru cukup dengan melakukan tap, hal ini juga dapat Anda lakukan untuk snapshot, merekam audio note, atau memasukkan file. Note di sini akan dengan mudah Anda kelola, dan selain itu note akan mudah Anda cari. Hal menarik lain dari Evernote adalah Anda dapat memasukkan add-on untuk menambah fungsinya.

Di sebelah kanan pada aplikasi ini, Anda dapat mencari add-on Evernote dan juga widget yang disediakan untuk aplikasi ini. Ada bermacam-macam add-on yang bisa dimanfaatkan, contohnya yang memberikan layanan speech-to-text. Add-on lain juga dapat terintegrasi melalui Evernote dengan homescreen. Selain itu, Evernote juga menyediakan aplikasi Android terpisah yang memberikan fasilitas yang akan memperluas fungsi dari Evernote. Jadi poinnya, Evernote adalah aplikasi yang akan membiarkan penggunanya untuk mencari dan memanfaatkan berbagai hal yang diinginkan melalui berbagai fitur, add-on, dan aplikasinya.

Lalu bagaimana dengan OneNote? Kerja sebenarnya dari OneNote adalah memodernisasi serta menyesuaikan dengan apa yang diinginkan. Dengan hanya melakukan tap pada tombol + yang berukuran besar, secara instant Anda dapat memasukkan note baru. Anda dapat mengetik teks note dengan cepat, yang dapat langsung tersinkron dengan akun Microsoft Live. Tidak dibutuhkan tombol save di sini, karena aplikasi ini akan menyimpannya secara otomatis. Tentu saja Anda dapat menambahkan aplikasi dalam OneNote.

Selain itu, OneNote juga dapat mencatat dengan cepat tentang apa yang sedang Anda lakukan dan kemudian memasukkan snapshot. Untuk memasukkan kontak, cukup buat note baru, ketik alamat dan nomor telepon, dan kemudian tap pada ikon kamera, atau bisa dengan mengambil foto dan otomatis akan langsung dimasukkan dalam note. Di sini, kerja OneNote lebih pada kecepatan serta kemudahan dalam membuat note ketika Anda membutuhkannya.

Di antara kedua aplikasi note ini, keputusan akan aplikasi yang paling berguna disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika tidak terlalu memperdulikan layout, dan Anda membutuhkan aplikasi yang sederhana dan efektif yang tersinkron dengan akun online, OneNote akan melakukan kerja tersebut dengan baik. Jika Anda membutuhkan fitur yang mengagumkan, grafik yang elegan, dan add-on yang menambah fungsi, maka pilihan terbaik bagi Anda jatuh pada Evernote. [DEAS]