Software Untuk Laptop

11 Jan 2013 10:00 | Hits: 2333

Software untuk Laptop dan NetBook yang Wajib Diinstal

Software untuk Laptop dan NetBook yang Wajib Diinstal

Laptop memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan komputer desktop. keunggulan yang utama adalah dia portable, bisa dibawa kemana-mana. Namun keunggulan ini bukan tidak memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan dari laptop misalnya keyboard yang terlalu kecil (apalagi NetBook), touchpad yang mengganggu, batrai, ketahanan dan lain-lain.

Pada artikel kali ini Paseban akan memberikan beberapa software yang mengurangi keterbatasan hardware dari laptop. Dengan menggunakan software untuk laptop dan NetBook ini mudah-mudahan bisa menambah kenyamana Anda menggunakan laptop atau NetBook menyingkirkan touchpad yang menjengkelkan, baterai yang cepat habis, sampai melacak laptop Anda. Berikut ulasannya.

TouchFreez

Salah satu yang paling mengganggu kita saat menggunakan laptop atau NetBook mungkin adalah touchpad. Ketika kita sedang mengetik tiba-tiba touchpad tersentuh dan menggeser kursor ke bagian yang lain. Alhasil ketikan menjadi berantakan. Ini sangat sering terjadi untuk orang-orang yang menggunakan tipe laptop yang touchpad-nya tidak memiliki tombol nonaktif atau sedang tidak menggunakan mouse. Software ini bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. TouchFreez akan menonaktifkan touchpad secara otomatis ketika kita sedang menggunakan keyboard. Sayangnya software ini tidak bekera disemua laptop. Ada beberapa laptop yang benar-banar touchpad-nya tidak bisa di ganggu-gugat. Klik link ini untuk mendownload secara gratis.

AutoSensivity

Software untuk laptop dan NetBook yang mungkin bisa mengatasi masalah touchpad adalah AutoSensivity. Software ini bisa digunakan untuk mengendalikan sensivitas dari touchpad dan mouse. Bila touchpad Anda kebal terhadap software pertama, gunakan ini dengan t sensivity touchpad terendah. Jadi dia tidak akan bergerak jauh-jauh ketika tersentuh ketika sedang mengetik. Download aplikasi ini secara gratis dengan mengklik link ini. Untuk catatan, software ini bisa di instal ketika laptop atau NetBook Anda menggunakan .Net Fremwork 3.5 atau 4.0.

Two-Finger-Scrol

Beberapa produk laptop ada yang hanya bisa mengenali hanya satu setuhan jari saja di touchpad dan ini agak sedikit menjengkelkan. Tetapi beberapa produk ada juga yang bisa mendeteksi hingga 3 sentuhan jari. Sentuhan dua jari untuk scrol tiga untuk kembali menggerakkan kursor. Bila touchpad Anda termasuk kategori yang pertama maka Two-Finger-Scrol merupakan salah satu jalan keluar.

Ini tidak seperti teknologi multi-touch pada iOS atau Android, namuan setidaknya memang mirip dengan itu. Dengan menggunakan satu jari kita hanya mengerakkan kursor saja, dengan dua jari kita bisa melakukan gulir ke atas dan ke bawah. Beberapa kombinasi sentuhan pada touchpad juga bisa dideteksi oleh software ini. Seperti penggunaan tiga jari dan kemudian kembali ke dua jari atau sebaliknya. Anda bisa mendownloadnya di sini.

SharpKeys

Ukuran laptop dibuat kecil begitu juga dengan keyboard mereka. Ketika kita beralih dari keyboard desktop ke laptop akan perlu sedikit adaptasi. Apalagi bagi orang-orang yang yang banyak menggunakan shortcut key selama bekerja dengan laptopnya. Tetunya dengan keterbatasan yang dimiliki keyboard laptop membuat aktifitas Anda menjadi kurang nyaman.

Bila itu permasalahannya, coba software untuk laptop dan NetBook yang satu ini, SharpKeys. Dengan menggunakan software ini kita bisa mengotak-atik fungsi dari keyboard. Anda bisa menggunakan tombol-tombol yang jarang difungsikan menjadi shortcut yang biasa digunakan dalam sehari-hari. Tetapi untuk merubah hal tersebut kita harus bekerja sedikit dengan registry key yang ada pada laptop Anda. Tetapi ini tidak akan permanen, Anda tinggal menonaktifkan SharpKey bila ingin mengembalikan fungsi keyboard dalam posisi semula. Untuk mendownloadnya klik link ini.

Aerofoil

Aerofoil merupakan software yang akan menghemat batrai Anda ketika mulai tercabut dari sumber arus AC. Software ini akan secara otomatis menonaktifkan beberapa fitur yang di anggap bisa menghemat sumber daya laptop atau netbook Anda. Aerofoil akan melakukan tindakan seperti mematikan suara, mengurangi cahaya layar, menonaktifkan Aero Glass, atau mengganti ke Windows Power Plan yang berbeda. Beberapa sumber mengatakan software ini bisa menghemat baterai Anda hingga 25%. Anda bisa mendownloadnya via link ini. Catatan, bila ketika mengintal software ini Anda mendapatkan pesan msvcp100.dll is missing berarti Anda butuh mengupdate Windows Anda. Detail informasi download software ini ada di situsnya.

Prey

Bila Anda sering bekerja di ruangan terbuka dan takut laptop Anda dicuri silahkan gunakan software ini untuk melacaknya. Tetapi sepertinya kita semua takut laptop kita dicuri karena memang laptop sangat mudah dicuri karena ukurannya yang mungil. Maling tidak akan repot mencuri laptop Anda ketika Anda lengah. Tetapi software ini sangat terbatas layanannya pada versi yang gratis. Untuk keamanan yang labih tinggi termasuk keamanan laptop tentunya orang tidak akan ragu mengeluarkan dana. Anda bisa mendownloadnya di sini. [RIC]