Tablet Lokal Dual-core

11 Jan 2013 07:00 | Hits: 3338

Tablet Lokal Dual-core : Tabulet Octa Duos & Treq Turbo

Tablet-tablet buatan luar negeri seperti Samsung Galaxy Tab ataupun iPad mungkin bagi Anda sudah biasa, karena harganya yang memang terkenal premium di atas 2 jutaan. Tetapi bagi Anda yang memang mendambakan sebuah tablet yang berkualitas sama dengan Samsung Galaxy Tab atau iPad, mungkin Anda bisa melirik dua tablet lokal dual-core ini yaitu Tabulet Octa Duos dan Treq Turbo.

Kedua vendor dari tablet ini merupakan yang paling rajin mengeluarkan tablet terbaru dengan jeroan yang terbilang canggih, mampu menyamai kualitasnya dengan tablet buatan luar negeri. Lalu bagaimanakah dengan spesifikasi dari kedua tablet lokal dual-core ini? Berikut review-nya.

Dimensi

Dengan dimensi 195 x 112 x 11 mm, Tabulet Octa Duos memiliki ukuran yang terbilang cukup besar, hampir sama besarnya dengan new iPad, beratnya pun terbilang lumayan yaitu 450 gram. Tidak berbeda jauh dengan kompetitornya, ukuran Treq Turbo terbilang hampir sama, yaitu 194 x 120 x 10 mm tetapi lebih ringan 90 gram dari Tabulet Octa Duos.

Layar

Jika dari dimensi memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda, tetapi untuk urusan layar, Tabulet Octa Duos terhitung lebih lapang. Karena Tabulet Octa Duos memiliki layar penampang sebesar 8inchi capasitive touchscreen, resolusi yang ditampilkan sebesar 1024 x 768 piksel, lalu mampu mengenali 6 titik sentuh dan juga didukung oleh teknologi Anti Glare. Berbeda dengan Treq Turbo, tablet ini hanya memiliki luas layar 7inchi saja, tetapi resolusi yang ditampilkan terbilang besar yaitu 1024 x 600 piksel sehingga terlihat lebih rapat, selain itu layarnya juga mampu mengenali hingga 5 titik sentuhan.

Performance

Untuk performa, keduanya memiliki prosesor dual-core, hanya saja prosesor yang digunakan masing-masing berbeda. Tabulet Octa Duos ditenagai oleh processor dual-core Scorpio MX buatan Amerika Serikat dengan besaran clock mampu hingga 1.5Ghz dan RAM 1GB, selain itu untuk urusan grafis diberikan GPU Dual-core Mali 400 3D sehingga mampu menciptakan gambar 3D yang maksimal. OS yang digunakan masih menggunakan Ice Cream Sandwich 4.0.

Tidak ingin kalah dengan saingannya, Treq Turbo ditenagai oleh processor Rockchip 3066, Dual-core ARM Cortex A9 dengan besaran clock sebesar 1.6Ghz dan RAM 1GB. Keunggulan yang dimiliki oleh Treq Turbo ini adalah dari segi grafisnya yang menggunakan GPU Quad-core Mali 400 sehingga pemrosesan gambar terlihat lebih maksimal dan juga OS yang digunakan merupakan OS terbaru dari Google, yaitu Jelly Bean 4.1.

Kamera

Sebagai gadget entertainment, keduanya tentu tidak melupakan sosok kamera. Keduanya sama-sama kompak membenamkan kamera 2MP di bagian belakang tanpa lampu kilat dan kamera depan hanya berkualitas VGA yang cukup digunakan untuk chatting, walaupun bisa digunakan untuk berfoto.

Konektivitas

Tentunya Anda tidak akan melupakan fitur yang satu ini. Ya, konektivitas merupakan fitur yang vital juga bagi sebuah tablet, walaupun hanya sebatas WiFi only. Tabulet Octa Duos mampu menggunakan jaringan 3G (bisa untuk telepon dan SMS) dan WiFi sehingga Anda tidak perlu menggunakan modem eksternal jika ingin berinternet ria. Berbeda dengan Treq Turbo yang mengandalkan jaringan WiFi untuk menggunakan fasilitas internet dan memasang modem eksternal di tabletnya.

Memori Penyimpanan dan Baterai

Jika Anda senang memainkan game di tablet, Anda tidak perlu khawatir. Karena tablet ini memang dirancang bagi Anda para pecinta gamers ataupun juga pecinta entertainment seperti film-film berkualitas BluRay. Tabulet Octa Duos menyediakan memori internal sebesar 8GB dan bisa diekspansi hingga 32GB menggunakan microSD card, sedangkan untuk baterainya disediakan sebesar 4.000mAh, lebih dari cukup bagi Anda yang senang bermain menggunakan tablet.

Berbeda dengan sebelumnya, Treq Turbo menyediakan dua pilihan, yaitu dengan kapasitas 8GB dan 16GB, tetapi untuk memori eksternalnya bisa dipasang menggunakan microSD card hingga 32GB. Nah, untuk baterainya sendiri disediakan sebesar 3.600mAh, cukup tahan lama karena tidak harus stand-by jaringan seluler seperti Tabulet Octa Duos.

Kesimpulan

Untuk Anda yang membutuhkan All in One, yaitu tablet yang bisa digunakan untuk telepon & SMS, internetan tanpa modem, dan entertainment, Anda bisa memilih Tabulet Octa Duos. Sedangkan bagi Anda yang benar-benar lebih mementingkan entertainment daripada fasilitas internetnya, bisa memilih Treq Turbo yang telah digrafis Quad-core Mali 400.