Advan Vandroid S5-N

13 Jan 2013 12:00 | Hits: 2978

Advan Vandroid S5-N - Ponsel Lokal yang Lain dengan Citra Rasa ala Galaxy Note

Advan Vandroid S5-N - Ponsel Lokal yang Lain dengan Citra Rasa ala Galaxy Note

Ponsel yang mengandalkan input dengan layar sentuh memang relatif lebih nyaman untuk digunakan, apalagi bila memiliki layar yang lebih luas dari ponsel lainnya. Hal ini akhirnya menjadikan banyak vendor mulai mengikuti tren mengeluarkan ponsel dengan ukuran layar yang luas untuk ponsel pintar mereka. Tren ini tidak hanya melanda vendor luar, namun juga vendor lokal di Indonesia. Berbagai vendor lokal berlomba lomba untuk ikut bersaing di pasar ponsel Indonesia. Advan pun ikut mengikuti tren ini dengan meluncurkan salah satu produk ponsel pintar dengan layar lebar mereka, Advan Vandroid S5-N. Kali ini Paseban akan membahas mengenai ponsel ini.

Desain

Ponsel ini memiliki cita rasa seperti Samsung Galaxy Note. Mungkin karena Galaxy Note terbilang sebagai pelopor ponsel rasa tablet, menjadikan Galaxy Note menjadi kiblat dari ponsel pintar berlayar luas ini. Ponsel ini memiliki tombol Home di tengah dengan diapit dua tombol sentuh Menu dan Back di bagian bawah. Sedangkan tombol Power berada di atas, bersampingan dengan port audio. Kemudian untuk tombol volume berada di sebelah kanan. Sekilas ponsel ini mirip Samsung Galaxy SIII.

Display

Salah satu kelebihan dari ponsel ini adalah layarnya yang tidak hanya luas, tetapi juga menggunakan teknologi panel IPS. Teknologi IPS ini terkenal mampu memberikan tampilan gambar dan warna yang sangat maksimal, bahkan dengan jangkauan pandangan yang lebih luas. Ponsel ini dibekali dengan layar 5.3 inci, cukup luas untuk disebut ponsel pintar rasa tablet.

Sistem Operasi dan Tampilan Antar Muka

Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich. Pilihan yang cukup baik, walaupun masih belum menggunakan Jelly Bean yang merupakan sistem operasi terbaru dari Android, namun penggunaan Ice Cream Sandwich menjadikan ponsel ini lebih nyaman dan juga mewah. Selain itu, beberapa tampilan seperti ikon dan home screen tampil dengan rasa Ice Cream Sandwich. Cukup menggoda tentunya.

Perangkat Keras

Dibekali dengan Prosesor 1 GHz Cortex ARM A8 dengan 512 MB RAM, membuat ponsel ini cukup bernilai dengan banderol harga sekitar 1.6 juta rupiah. Ponsel ini memiliki memori internal 4 GB dan mendukung tambahan memori dengan micro SD hingga 32 GB. Ponsel ini juga menggunakan baterai dengan kapasitas 2500 mAh. Untuk ukuran baterai masih terbilang standar untuk ukuran ponsel pintar tablet. Namun, diperkirakan daya tahan dari ponsel ini akan cukup kuat atau bahkan bisa lebih kuat dibandingkan kompetitor lainnya.

Kamera

Walaupun tergolong sebagai ponsel mid end, namun ternyata Advan tidak mau main main dengan produk mereka yang satu ini. Advan S5-N langsung dibekali dengan kamera beresolusi 8 MP. Tentunya ini menyamai spesifikasi kamera dari Samsung Galaxy SIII dan Samsung Galaxy Note II. Namun, sesuai yang anda tahu, hasil foto tidak hanya berdasarkan resolusi kamera, perangkat lunak juga ikut menentukan hasil foto anda. Untuk perangkat lunak, mungkin S5-N masih belum sebaik dengan Galaxy SIII atau pun Galaxy Note II, namun ponsel ini dibekali dengan beberapa fitur seperti HDR (high dynamic range, self timer, dan beberapa efek foto. Selain itu, kamera ponsel ini juga dibekali dengan pengaturan standar lainnya seperti exposure, sharpness, hue, saturation, dan lain lain.

Konektifitas

Ponsel ini menyediakan koneksi via WiFi, yang akan membantu anda untuk menghemat kuota internet anda ketika anda berada di dalam jangkauan hotspot. Selain itu, ponsel ini mendukung USB Tethering dan juga dapat berfungsi sebagai portable hotspot. Ponsel ini juga mendukung dual SIM dan dilengkapi dengan fitur sistem dual ON, sehingga anda dapat mengatur SIM card mana yang akan digunakan untuk panggilan telepon, SMS, data internet, dan lain lain.

Benchmark

Rasanya ini merupakan bagian yang harus dibahas, terutama bagi anda yang mengutamakan kinerja dan hasil yang akan anda rasakan dari ponsel anda. Ponsel ini diuji dengan menggunakan aplikasi Antutu dan menghasilkan skor 4522, cukup menggagumkan karena nilai ini berada di atas nilai rata rata dari Samsung Galaxy S. [IRW]