Age of Empires

03 Jan 2013 14:00 | Hits: 3520

Age of Empires - Game Strategi Perang Online Terbaik Untuk PC

Bagi para penggemar game sejati, game Age of Empires tentunya bukanlah judul game yang asing lagi. Game yang pertama kali dirilis oleh Microsoft Studios pada tahun 1997 itu mengusung tema strategi perang dan strategi pembangunan kerajaan yang sangat diminati pada masa jayanya.

Sekarang, game strategi perang klasik ini kembali muncul sebagai game online dengan judul Age of Empires Online. Game online ini dapat Anda maikan secara cuma-cuma dengan beberapa fitur premium beserta upgrade yang dapat Anda beli secara terpisah.

Untuk memainkannya, Anda harus terlebih dahulu mendownload installernya di sini. Game ini hanya dapat diinstal pada PC bersistem operasi Windows. Setelah mendownloadnya, jalankan installer tersebut untuk mendownload keseluruhan game lainnya yang berukuran sebesar 50MB. Setelah selesai mendownloadnya, Anda terkadang juga harus mendownload beberapa patch agar dapat memainkan game ini dengan sempurna. Sebelum memainkan game ini, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Windows Live Profile terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, maka Anda bisa membuatnya secara langsung di game tersebut.

Tampilan Grafis

Tampilan grafis yang dimiliki oleh game ini sedikit berbeda dengan game Age of Empire yang dahulu. Pada versi ini tampilannya tampak lebih seperti kartun agar lebih ringan ketika dimainkan.

Gameplay

Jika Anda sebelumnya pernah mencoba game Age of Empire, maka Anda pasti akan sedikit kebingungan ketika baru memulai game ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena mekanisme inti dari game ini tidak berubah sama sekali. Yang berubah hanyalah tampilan layar di kota awal yang tampak seperti sebuah menu game manajemen.

Dalam game ini Anda dapat membangun berbagai macam bangunan dengan berbagai sumber daya yang tersedia. Selain itu, terdapat pula berbagai perlengkapan yang dapat digunakan oleh para tentara. Bagian inti dari game ini adalah misi dan skirmish yang diberikan sebagai quest dari beberapa karakter berbeda. Caranya Anda hanya tinggal mengklik salah satu karakter, terima quest-nya, kemudian pergi dan lakukan quest tersebut. Setelah itu Anda harus kembali ke tempat semula, kemudian pilih hadiahnya, dan klik Complete.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan game ini, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan berbagai macam sumber daya alam. Sumber daya alam yang dapat dikumpulkan di antaranya adalah kayu, batu, emas, dan makanan. Untuk mendapatkannya, Anda hanya tinggal memilih salah satu atau beberapa villager, kemudian klik kanan pada sumber daya yang Anda inginkan, maka orang-orang tersebut akan langsung bekerja hingga Anda menghentikannya atau hingga sumber daya tersebut sudah habis. Untuk tempat tinggal villager, Anda dapat membangun rumah untuk mereka. Namun jika jumlahnya sangat banyak, maka Anda dapat membuat town hall yang dapat menampung banyak villager sekaligus. Sementara untuk membangun banteng pertahanan dan gudang senjata, Anda dapat melakukannya di kemudian hari.

Salah satu hal yang mungkin menyulitkan bagi para pemula dalam game ini adalah konsep upgrade dari town hall. Selain itu Anda juga harus membuka beberapa bangunan terlebih dahulu untuk dapat membangunnya. namun seiring berjalannya waktu Anda juga akan memahami seluruh karakter dari game ini sedikit demi sedikit hingga Anda menguasai semuanya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai macam perlengkapan untuk pasukan Anda. Jika Anda bermain game ini secara gratis makan Anda hanya akan mendapatkan berbagai perlengkapan yang biasa. Jika Anda ingin memiliki berbagai perlengkapan yang unik dan menarik maka Anda harus membelinya terlebih dahulu. Meskipun demikian, semua fitur yang disediakan oleh versi gratis dari game ini pastinya tetap akan membuat Anda untuk teru-terusan bermain game ini.

Satu kekurangan yang dimiliki oleh game ini adalah training mission yang wajib dilakukan oleh setiap pemain. Hal ini tentu saja sangatlah mengganggu jika Anda adalah seorang yang sudah ahli dalam memainkan game ini. Akan tetapi tidak ada salahnya juga untuk Anda mangikuti training mission tersebut sebagai ajang latihan dan mengasah skill Anda. [GAN]