Hide It Pro

31 Dec 2012 14:00 | Hits: 5805

Hide It Pro - Aplikasi Kunci Folder untuk Android Anda

Hide It Pro - Aplikasi Kunci Folder untuk Android Anda

Ponsel memang sudah menjadi barang yang sangat pribadi bagi setiap orang. Berbagai item yang bersifat pribadi pun banyak tersimpan di sana, seperti pesan SMS, foto, hingga video pribadi. Hal-hal tersebut tentu akan sangat Anda rahasiakan agar jangan sampai dilihat oleh orang lain. Namun terkadang hal tersebut sangat sulit dihindarkan karena ada kalanya teman atau pun anggota keluarga Anda meminjam ponsel untuk urusan tertentu.

Namun sekarang, para pemilik ponsel Android tidak perlu lagi khawatir akan hal tersebut karena ada sebuah aplikasi bernama Hide It Pro. Hide It Pro merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Anuj Tenani yang dapat digunakan untuk mengunci atau menyembunyikan berbagai item pribadi Anda agar tidak dilihat oleh orang lain.

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menyembunyikan berbagai macam jenis file, mulai dari foto, audio, hingga video. Dengan menambahkan sebuah plugin maka Anda pun dapat menyembunyikan berbagai pesan SMS pribadi Anda. Selain itu apabila perangkat Android Anda sudah di-root, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dibuka oleh orang lain.

Ketika Anda pertama kali mengunduhnya, Anda pasti akan heran dan mengira telah salah mengunduh aplikasi karena namanya audio manager. Tidak, Anda sama sekali tidak salah karena ini adalah salah satu keunikan dari aplikasi Hide It Pro. Ketika Anda menginstalnya, aplikasi ini secara otomatis berubah nama menjadi aplikasi audio manager. Pada tampilannya pun Anda hanya akan melihat berbagai macam slider pengaturan audio seperti musik, nada dering, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengelabui orang-orang yang ingin membuka privasi Anda sehingga mereka mengira bahwa aplikasi ini hanyalah sebuah aplikasi pengatur audio.

Untuk dapat menggunakannya Anda harus menekan dan menahan logo audio manager yang kemudian akan membawa Anda ke menu pengaturan. Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan untuk memilih sistem keamanan yang Anda inginkan, yaitu berupa PIN atau berupa password atau Anda pun dapat memilih dua sistem keamanan tersebut secara bersamaan. Selanjutnya Anda dapat mendaftarkan alamat email Anda sebagai antisipasi jika suatu saat Anda lupa PIN atau password untuk membuka aplikasi ini.

Fitur utama dari aplikasi ini disebut the vault. The vault merupakan tempat di mana seluruh foto, audio, video, pesan SMS, dan aplikasi yang Anda sembunyikan disimpan. Untuk menyembunyikan sebuah file, contohnya file foto, maka Anda hanya perlu memilih foto tersebut kemudian pilih menu share dan pindhkan ke folder yang Anda inginkan. Kemudian untuk melihat foto yang sudah disembunyikan tersebut, Anda hanya tinggal kembali ke vault dan pilih folder pictures. Selain dapat melihat foto tersebut secara langsung, Anda pun diberi pilihan untuk melihat foto tersebut secara slideshow. Anda juga diberi opsi untuk mengatur slideshow tersebut, seperti durasi, zoom, serta berbagai efek yang digunakan.

Untuk membuka foto atau folder agar tidak disembunyikan lagi, Anda hanya perlu memilih foto atau folder tersebut dan kemudian pilih menu unhide. Sayangnya, setelah anda memilih opsi unhide untuk file Anda, file tersebut tidak kembali ke folder semula sebelum disembunyikan, melainkan berpindah ke sebuah folder baru yang dibuat oleh aplikasi ini. Oleh karena itu Anda harus kembali mengatur foto-foto tersebut secara manual.

Selain itu, aplikasi ini juga terkadang mengalami masalah ketika menyembunyikan suatu aplikasi. Beberapa aplikasi yang Anda sembunyikan terkadang mengalami crash atau pun tidak dapat digunakan. Hal tersebut tidak lain karena metode enkripsi untuk beberapa aplikasi masih dalam tahap pengembangan sehingga masih terdapat berbagai macam bugs.

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas, aplikasi ini juga memiliki beberapa plugin untuk memberikan berbagai fitur tambahan seperti:

  • Memunculkan layar error/crash ketika seseorang mencoba membuka aplikasi ini.

  • Melakukan percakapan sms pribadi secara langsung tanpa melalui aplikasi SMS utama.

  • Browsing internet secara private menggunakan VBrowser

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Hide It Pro, Anda dapat mengunduh aplikasi kunci folder ini dengan ukuran file 1.5 MB secara gratis di Google Play. (GAN)

Hide it Pro Android App Review