Aplikasi Video Chat

28 Dec 2012 16:00 | Hits: 6158

2 Aplikasi Video Chat Untuk Android dan PC

2 Aplikasi Video Chat Untuk Android dan PC

Chatting antara dua perangkat berbeda tidak lagi terpaku pada chatting berbentuk teks. Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, sekarang chatting bisa dilakukan dengan menggunakan webcam atau yang popular dengan istillah video chatting. Semakin hari semakin nbanyak orang melakukan video chatting karena dianggap lebih praktis dibanding menggunakan teks. Selain itu, semakin baiknya kualitas jaringan membuat kualitas video yang dihasilkan pun semakin baik.

Video chatting bisa dilakukan antar berbagai macam perangkat, salah satunya antara Android dan PC. Untuk melakukannya diperlukan sebuah aplikasi video chatting yang kompatibel di kedua platform tersebut. Terdapat banyak aplikasi video chat di Google Play Store yang bisa diunduh untuk keperluan tersebut. Namun hanya ada beberapa aplikasi saja yang dianggap mumpuni untuk melakukan video chatting dengan lancar antara perangkat Android dan PC.

Yang pertama tentu saja aplikasi Skype. Skype merupakan aplikasi video chatting yang paling populer dan bisa digunakan untuk berbagai platform, termasuk Android dan PC. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup mumpuni karena dilengkapi dengan fitur voice chat atau pun text chat yang umum digunakan. Akan tetapi, sering terjadi beberapa masalah ketika Anda mencoba untuk melakukan video chatting antara PC dan Android. Salah satunya adalah layar yang tetap kosong tanpa adanya video dari lawan bicara ketika video chatting sudah dimulai. Oleh karena itu, Paseban akan menyisihkan terlebih dahulu aplikasi Skype dari pembahasan kali ini, karena Paseban akan mengulas aplikasi lain yang tidak kalah mumpuni dari Skype untuk melakukan video chat antara PC dan Android, yaitu Qik dan Paltalk Mobile.

Qik

Qik merupakan aplikasi video chatting yang telah terlebih dahulu malang melintang di berbagai platform seperti Blackberry, iPhone, dan Windows Phone sebelum menyambangi platform Android. Selama ini Qik dikenal sebagai aplikasi video streaming terbaik untuk berbagai ponsel. Sekarang Qik menambahkan sebuah fitur baru yang memberikan Anda kemudahan untuk melakukan video chatting.

Jika Anda mengunduh aplikasi Qik ini, selain dapat melakukan live streaming dari ponsel Anda ke web secara langsung, aplikasi inipun menyematkan sebuah fitur "chat video” yang dapat Anda gunakan untuk melakukan video chatting dari ponsel Android ke PC Anda. Sama seperti kebanyakan aplikasi video chatting lainnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus terlebih dahulu membuat akun Qik yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengontak teman atau keluarga Anda yang menggunakan Qik via PC, baik itu melalui website Qik atau pun melalui aplikasi Qik khusus untuk PC.

Tampilan dari aplikasi ini cukup bagus, terutama untuk versi web-nya. Di sana Anda dapat melakukan video chatting sekaligus text chatting karena terdapat sebuah form untuk melakukan text chatting di bawahnya. Jika Anda tertarik, aplikasi beutan Skype Software SARL yang memiliki ukuran sebesar 5,2 MB ini dapat Anda unduh di sini.

Qik 1.mov.MP4

Paltalk Video Chat

Aplikasi alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video chatting adalah Paltalk Video Chat. Paltalk Video Chat merupakan aplikasi instant messaging yang dikembangkan oleh A.V.M. Software, Inc. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi untuk mendapatkan sebuah akun Paltalk. Untuk melakukan video chatting, Anda hanya tinggal menekan sebuah ikon video chat kecil yang terdapat di samping nama lawan bicara Anda. Kemudian Anda akan langsung terhubung untuk melakukan video calling.

Melakukan video chatting dengan Paltalk sangatlah menyenangkan karena Anda tidak akan mengalami masalah koneksi terutama apabila Anda berada pada jaringan 3G. hal tersebut tidak lain karena Paltalk secara otomatis mengkonversi kualitas video dari webcam menjadi kualitas yang sesuai dengan koneksi ponsel Android Anda. Selain itu, fitur untuk melakukan text chatting pun terdapat pada bagian bawah video sehingga memudahkan anda untuk melakukannya.

Sayangnya, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan family filter untuk menyaring konten yang mungkin tidak sesuai untuk anak Anda jika suatu waktu dia menggunakannya. Namun untuk sebatas chatting antar teman, aplikasi ini sudah sangat mumpuni untuk Anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Paltalk Android App

(GAN)