Cara Membersihkan Komputer dari Virus

28 Dec 2012 15:30 | Hits: 1792

Cara Membersihkan Komputer dari Virus dan Malware dengan Malwarebytes

Cara Membersihkan Komputer dari Virus dan Malware dengan Malwarebytes

Internet bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika Anda tidak berhati-hati. Namun, Anda tidak usah khawatir karena ada berbagai tindakan pencegahan yang dapat dilakukan dan juga penting digunakan pada saat berselancar di dunia maya agar terhindar dari serangan malware. Bagaimanapun, jika komputer Anda telah terinfeksi, menghapus malware yang menjangkit adalah hal yang sangat vital, untuk mengembalikan komputer Anda pada keadaan semula.

Dengan banyaknya ketersediaan program keamanan komputer yang dapat melakukan scanning dan menghapus malware dari sistem komputer, Anda harus pintar dalam memilih mana yang terbaik. Satu yang bisa Anda jadikan acuan dan dapat dipercaya sebagai salah satu cara membersihkan komputer dari virus dan malware adalah Malwarebytes. Malwarebytes adalah program anti malware gratis yang memiliki reputasi dalam mencari berbagai ancaman di dalam suatu software serta dapat menghapusnya tanpa merusak software yang terjangkiti.

Untuk melakukan instalasi Malwarebytes, kunjungi Malwarebytes.org, dan kemudian Anda bisa mengunduh versi gratisnya. Setelah Anda melakukan instalasi, Malwarebytes akan bertanya kepada Anda, apakah Anda akan melakukan update. Ini adalah hal yang direkomendasikan untuk Anda lakukan sebelum melakukan proses scanning. Apabila Anda telah melakukan update, Anda akan diberi tampilan Malwarebytes yang menyerupai laman Windows. Dari tampilan ini, Anda sudah dapat melakukan proses scanning. Sebagai catatan, Malwarebytes sulit diajak bekerjasama dengan program antivirus lain. Jadi jika Anda ingin menambahkan program antivirus baru, jadikan Malwarebytes sebagai pemegang kendali utama dalam komputer Anda.

Malwarebytes memiliki fitur yang baik dalam sistem scanning. Ketika Anda besiap untuk melakukan scanning pada komputer, Anda akan diberi layanan dengan tiga macam opsi yaitu quick scan, full scan, dan flash scan. Quick scan akan melakukan proses analisa pada program yang sedang berjalan, termasuk file dan directory yang rentan terhadap serangan malware dan juga registry. Proses full scan hampir sama dengan quick scan, namun lebih komplet. Untuk flash can hanya tersedia untuk versi pro, dan ini akan menjalankan proses analisa dan juga pemeriksaan pada memori. Jika Anda ingin memeriksa gejala serangan malware pada komputer Anda secara praktis, maka quick scan adalah pilihan yang tepat, yang akan mengidentifikasi serta menghapus ancaman yang ada.

Setelah melakukan proses scanning tersebut, Malwarebytes akan mengkompilasikan dan menyimpan log dari scanning. Log ini terdiri dari tipe scan yang dipilih, item yang dianalisa, program jahat yang mungkin ada pada software, dan tindakan yang dilakukan pada software yang telah terinfeksi. Log ini sangat berguna ketika Anda menginginkan suatu informasi tentang berbagai kegiatan yang dilakukan pada program anti malware ini.

Tidak hanya untuk scanning dan memperbaiki program yang terkena serangan malware, Malwarebytes juga memiliki kemampuan lain. Program keamanan ini memiliki fungsi yang dikenal sebagai FileAssassin. Banyak bagian dari program jahat pada software yang tidak dapat dihapus disebabkan karena file atau directory terkunci. FileAssassin akan mengemban tugasnya di sini, dengan menghapus file yang terkunci itu. Malwarebytes akan membersihkan segala bentuk program jahat tersebut dari sistem.

Di dalam Malwarebytes, terdapat berbagai macam setting yang dapat Anda ubah sesuai keinginan yang dirasa nyaman bagi Anda. Terdapat empat sub tab didalamnya yaitu:

  • General Setting. Memodifikasi fungsi dasar dari Malwarebytes

  • Scanner Settings. Mengatur objek apa yang akan dilakukan scanning serta mengganti tindakan yang diambil ketika program mengidentifikasi ancaman

  • Update Setting. Menentukan username dan password serta proxy server untuk update

  • Scheduler Settings. Pengguna dapat menentukan waktu bagi Malwarebytes untuk melakukan scanning pada sistem.

Malwarebytes memberikan Anda layanan dengan pengaturan dasar yang bisa Anda ubah, tetapi sayangnya tidak ada opsi untuk user interface.

Malwarebytes adalah program keamanan gratis yang memiliki fungsi efektif untuk mengidentifikasi serangan malware dan menghapus program jahat yang ada pada suatu software. Walupun tidak memiliki opsi untuk user interface, namun kinerja yang ditampilkan akan bisa memberikan pengalaman bagi penggunanya, serta akan memberikan keterampilan dalam menghadapi serangan malware. Jika Anda membutuhkan program keamanan komputer yang gratis, ringan, dan efektif, maka Malwarebytes adalah pilihan yang tepat bagi Anda. [DEAS]