Pokemon X and Y

21 Oct 2013 09:00 | Hits: 3954

Pokemon X and Y - Game RPG 3DS Terbaru dengan Grafis Polygonal 3D

Pokemon X and Y - Game RPG 3DS Terbaru dengan Grafis Polygonal 3D

Pokemon X and Y menjadi game Nintendo terbaru yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya seri terakhir hadir sudah cukup lama tahun lalu, yakni Pokemon Black 2 & White 2. Kabarnya seri X and Y hadir dengan perubahan signifikan serta fitur-fitur terbaru didalamnya. Seperti apa? Selengkapnya review Pokemon X and Y pada artikel ini.

Pokemon X and Y menjadi seri terbaru dari Pokemon Video games yang sudah ada pertama kali sejak tahun 1996. Seri ini digarap oleh developer Game Freak dan diterbitkan langsung oleh perusahaan Nintendo dan The Pokemon Company pada tanggal 12 Oktober 2013 lalu untuk Worldwide. Pada perilisan awal Pokemon X and Y hanya eksklusif tersedia untuk konsol Nintendo 3DS.

Belum ada rencana untuk memporting game ini ke konsol Nintendo lain, baik Wii maupun Wii U. Sang direktur yang memimpin proyek pengerjaan X and Y, menyatakan bahwa game ini murni mengusung genre Role Playing video game sama seperti ser-seri Pokemon sebelumnya. Selain ini X and Y juga sudah dapat dimainkan dalam 3 mode yakni Single Player, Multiplayer dan Multiplayer online. Pastinya mengenai visualisasi dan art sudah tidak perlu diragukan lagi karena dalam pengerjaan game ini Artist Ken Sugimori berperan menjadi perancangnya. Ia dianggap berpengalaman sebagai desainer karakter dan art director untuk franchise Pokemon, selain juga sempat menggarap untuk Super Smash Bros.

  • Plot Cerita

Dalam plot cerita Pokemon X and Y, latar belakang disetting disebuat tempat star-shaped Kalos Region dengan Kota pusatnya adalah Lumiose. Pihak pengembangnya sendiri mengungkapkan bahwa kota sebagai setting X and Y diadopsi dari kota Paris, Perancis karena ada banyak sekali landmark yang memang mirip. Bahkan ada sebuah menara yang menyerupai menara Eiffel. Perancis dianggap sebagai negara yang memiliki fokus pada keindahan, dan keindahan adalah salah satu tema yang harus miliki dengan Pokémon X dan Y.

Untuk cerita sendiri masih berjalan sesuai seri game dan film Pokemon sebelumnya, sehingga X dan Y juga mengikuti alur cerita linier dengan peristiwa utama terjadi dalam urutan tetap. Protagonis Pokémon X dan Y adalah seorang remaja muda dari Kota Vaniville yang berpetualang bersama teman-temannya yakni Shauna, Tierno, dan Trevor. Mereka berangkat dan melakukan perjalanan panjang melintasi seluruh bagian sudut kota Kalos untuk menjadi Pokemon master. Pada awal permainan Anda harus bersabar, pemain hanya bisa memilih salah satu karakter Pokemon Chespin, Fennekin, atau Froakie sebagai Pokémon pemula. Setelah itu pemain selanutnya bisa menerima karakter Pokemon lain yang lebih baik seperti Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle.

Tujuan utama dalam pertarungan Pokemin tentu saja adalah untuk memperoleh Lencana Gym serta untuk menjajal kekuatan Elite Four dari Liga Pokémon, dan Kejuaraan. Jika misi berhasil maka pemain layak dianggap sudah memenangkan permainan. Hanya itu? Tidak juga karena, pemain juga harus menghalangi jalan mereka adalah Tim Flare yang jahat. Yang menjadi misteri bahwa, belum dijelaskan mengenai tujuan Tim Flare. Namun dipastikan bahwa mereka memiliki Pokemon untuk mencari keuntungan dan materi.

  • Gameplay

Pada gameplay Pokemon X and Y, pemain tentu saja harus menjalankan karakter utama sang pelatih Pokemon muda. Permainan tentu saja berlangsung dengan gaya Role Playing game serta berunsur adventure dengan perspektif third person overhead. Sang pelatih muda ini memiliki misi untuk mencari dan memelihara kemudian melatih makhluk yang dikenal sebagai Pokémon, lalu mempertandingkan mereka untuk memenangkan pertempuran melawan makhluk Pokemon milik pelatih lainnya. Pertarungan demi pertarungan tidak akan membuahkan hasil percuma.

Sebaliknya, dengan mengalahkan Pokemon musuh dalam pertempuran turn-based, Pokemon milik karakter Anda akan memiliki keuntungan yakni experience dan memungkinkan untuk naik ke level lebih baik atau bahkan bisa meningkatkan statistik pertempuran. Semakin banyak pertarung semakin banyak pula skill dan jurus baru yang bisa dipelajari, dan pastinya makhluk peliharaan Anda berkembang menjadi Pokémon yang lebih kuat.

  • Grafis

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Pokemon X and Y memiliki fitur baru, salah satunya adalah pada masalah grafis. Ini adalah untuk pertama kalinya dalam seri utama Pokémon X dan Y disajikan dalam grafis full poligonal 3D, sehingga memungkinkan visualisasi interaktivitas lebih dengan overworld serta tindakan lebih dinamis selama pertempuran.

Bahkan kali ini pemain juga bisa melakukan kustomisasi penampilan sang pelatih Pokémon di awal laga, baik itu memilih jenis gender dan warna kulit dan lain-lain. Nantinya sang pelatih Pokemon juga bisa memperoleh pakaian dan aksesoris baru yang lebih keren selama permainan berlangsung.

  • Resepsi

Cukup sukses karena setidaknya kritikus game terkenal memberi nilai minimal 8/10 atau 80% keatas, seperti GameRankings, Metacritic, Nintendi World Report. Bahkan IGN dan Eurogamer memberi nilai hingga 9/10. Pastinya ini merupakan sebuah kesuksesan besar.

  • Media distribusi dan harga

Media distribusi hanya tersedia dalam bentuk Nintendo 3DS Game Card download. Anda bisa mendapatkan di berbagai retail, Amazon.com dengan harga USD 39.96. Anda bisa membeli game yang satu ini di situs resminya atau lewat Amazon. [ALX]