GoPro HERO 3+

18 Oct 2013 13:45 | Hits: 15464

GoPro HERO 3+ - Kamera Ultra Compact yang Tangguh dan Bisa Dibawa Diving

GoPro HERO 3+ - Kamera Ultra Compact yang Tangguh dan Bisa Dibawa Diving

GoPro kembali meluncurkan kamera aksi terbarunya, sebagai versi update dari GoPro HERO 3. Sebagai merek yang sudah tidak asing untuk pecinta adrenalin, GoPro tetap menjanjikan kemudahan bagi para penggunanya, melalui kamera GoPro HERO 3+. Bedanya, kamera ultra compact ini datang dengan spesifikasi yang tangguh, dengan ukuran lebih kecil dan baterai yang lebih tahan, dibanding generasi pendahulunya.

Desain dan Control

Kamera ultra compact bertajuk GoPro HERO 3+ ini hadir dengan tiga pilihan model, yakni Black Edition dan Silver Edition, dengan keunggulan dan harga yang berbeda. Secara umum, kamera ini mengalami beberapa sentuhan peningkatan pada spesifikasinya, serta dikemas ulang dengan bodi yang lebih mungil dan kompak.

Kamera GoPro HERO 3+ Black Edition memiliki bodi 20 persen lebih kecil dan ringan dari kamera GoPro HERO 3. Sedangkan, bobot GoPro HERO 3+ Silver Edition 15 persen lebih ringan, dengan perbandingan dimensi yang sama. Hal ini membuktikan bahwa ukurannya memang lebih kecil dan bobot lebih ringan dari versi sebelumnya.

Image Quality dan Resolusi

Kamera yang diproduksi oleh perusahaan yang bermarkas di San Mateo, California, Amerika Serikat ini membawa komponen internal baru, yang diklaim mampu meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera GoPro HERO 3+ Black Edition menjadi andalan utama, karena kemampuannya menyajikan foto beresolusi 12 MP dengan kecepatan 30 fps.

Selain itu, kemampuan rekam videonya juga mencapai resolusi 4K. Kamera GoPro HERO 3+ ini juga dilengkapi dengan lensa baru dengan hasil rekaman yang lebih jelas dan distorsi yang berkurang. Kemampuan optik yang dimilikinya bisa memberikan foto dan video 33 persen lebih tajam, serta pengurangan hingga dua kali dalam pencitraan artefak.

Sedangkan, kamera GoPro HERO 3+ Silver Edition memiliki resolusi maksimum 10 MP dalam pemotretan, dengan kecepatan 10 fps. Untuk kemampuan merekam videonya hingga maksimal 1080 piksel pada 60 fps. Kemudian, ketajaman gambarnya juga mengalami peningkatan, dengan tiga kali pengurangan dalam pencitraan artefak

Performa

Soal performa, kamera GoPro HERO 3+ Silver Edition dibekali dengan prosesor baru yang dua kali lebih kuat. Sehingga, kamera ini pun mampu menangkap video berkualitas tinggi, dengan peningkatan kinerja bercahaya rendah. Hal sama juga berlaku pada GoPro HERO 3+ Black Edition, yang bisa merekam video dengan high-frame rate 1440 piksel pada 48 fps.

Tidak hanya itu, kedua seri kamera GoPro terbaru ini juga didukung dengan baterai yang memiliki daya tahan 30 persen lebih lama, berkat komponen internal baru yang telah dipasangkan. Hebatnya lagi, kedua kamera ini juga bisa dipakai oleh penggunanya yang hobi diving, karena mampu bertahan dalam kedalaman air hingga 40 meter.

Fitur

Teknologi hebat lainnya yang disandang oleh kamera GoPro HERO 3+ Black Edition adalah fitur baru bernama “Super View”, yang dapat menangkap perspektif sudut paling lebar di seluruh dunia saat merekam video. Mode ini bisa mengambil gambar dengan rasio 4:3, yang dapat dipresentasikan dengan rasio 16:9. Kemudian, ada pula fitur Auto Low Light, yang secara otomatis bisa menyesuaikan kinerja kamera ini dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, GoPro juga memperhatikan kualitas audio dalam perekaman video melalui kamera barunya ini. Mereka menambahkan peningkatan performa audionya sehingga bisa menangkap suara paling halus, serta teknologi untuk mengurangi kebisingan angin dalam kegiatan dengan kecepatan tinggi. Sektor konektivitas WiFi juga ditingkatkan 4 kali lebih cepat, dengan kemampuan Remote WiFi untuk 50 kamera dari jarak 180 meter.

Fitur menarik lainnya pada kedua versi kamera GoPro teranyar ini adalah GoPro App. Aplikasi ini akan memudahkan penggunanya untuk mengontrol kamera ini melalui smartphone atau tablet yang dimilikinya, serta memungkinkan untuk melihat foto dan memutar video yang telah diambil. Dengan fitur ini pula, penggunanya bisa berbagi foto dan video secara langsung melalui jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook, serta email.

Harga & Kesimpulan

Founder dan CEO GoPro mengatakan bahwa kamera GoPro HERO3+ ini merupakan bukti komitmen mereka terhadap inovasi. Kamera ultra compact produksi mereka ini akan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Sejak awal bulan Oktober 2013, kamera ini sudah mulai dipasarkan dengan banderol 399,99 dolar AS atau sekitar Rp 4,4 juta untuk Black Edition, dan 299,99 dolar AS (Rp 3,3 juta) untuk Silver Edition. [MAR]