Android Kit Kat

11 Oct 2013 16:00 | Hits: 2853

Detail Terbaru dari Android Kit Kat 4.4 yang Akan Muncul dalam Waktu Dekat Ini

Detail Terbaru dari Android Kit Kat 4.4 yang Akan Muncul dalam Waktu Dekat Ini

Ini memang mengejutkan. Memiliki harapan untuk melihat kemunculan Android 5.0 dengan code name Key Lime Pie, ternyata Google justru meluncurkan versi 4.4 yang diberi nama Android Kit Kat yang merupakan hasil persetujuan dari Google dengan Nestle. Sebagai bagian dari kesepakatan, Nestle menjalankan sebuah kontes untuk memenangkan Nexus 7 atau kredit dari Google Play melalui coklat bar KitKat khusus yang berlogo Android sebagai salah satu strategi untuk menarik pelanggan baru lainnya yang belum pernah mencicipi Android.

Jadi, terlepas dari fakta bahwa coklat bar memiliki ruang antara Kit dan Kat dan Android 4.4, berikut Paseban akan mengulas beberapa detail terbaru dari Android Kit Kat ini yang mana kemunculannya hanya akan menghitung beberapa hari kedepan.

Tanggal Rilis Android KitKat 4.4

Android 4.3 baru saja tiba di Nexus 7, Nexus 7, 2012, Nexus 4, Nexus 10 dan Samsung Galaxy Nexus namun belum untuk berencana untuk masuk ke perangkat lain. Sistem ini juga akan tiba ‘segera’ pada HTC One dan Samsung Galaxy S4 versi Google, dengan HTC mengatakan bahwa perusahaan berharap akan mendapatkan sistem ini pada akhir bulan September lalu.

Jadi sekarang kita dapat mulai untuk melihat ke depan ke tanggal rilis dari Android 4.4 KitKat. Tapi kapan? Banyak sumber yang menebak bahwa sistem operasi ini akan hadir pada akhir bulan Oktober dan November 2013 untuk saat ini yang mana sebelumnya kita berharap akan mendapatkan Android 5.0 Key Lime Pie.

Sebuah situs di Australia mengatakan bahwa sistem operasi ini akan muncul pada tangga 14 Oktober. Pada 20 September lalu, Nestle Jerman mengkonfirmasi kemunculan sistem operasi ini pada Oktober di kawasan Jerman yang diambil dari laman Facebook Jerman KitKat atas jawaban dari  pertanyaan dengan pesan yang diterjemahkan “Hi Tim, Android 4.4 KIT KAT tersedia di bulan Oktober".

Menulis di laman Google+ nya pada tanggal 3 Oktober, Artem Russakovskii dari Android Police mengatakan bahwa Android KitKat akan muncul pada tanggal 31 Oktober, tanggal yang ditetapkan pada awal September lalu.

“Tanggal memang selalu berubah, dan informasi yang saya dapatkan adalah sekitar satu bulan untuk peluncurannya, jadi jika Android KitKat atau Nexus tertunda, Google mungkin tidak akan meluncurkannya pada 31 Oktober” tulis Russakovskii. Russakovskii menambahkan bahwa tanggal ini sesuai dengan dikabarkannya penerimaan teknis dari Nexus berikutnya pada tanggal 14 Oktober, yang sebelumnya telah disahkan media sebagai tanggal rilisnya.

Fitur Android KitKat

Android 4.3 datang dengan sedikit perubahan yang disematkan di dalamnya termasuk kustomisasi multi-user, mendukung Bluetooth smart technology dan update untuk keyboard. Sebagai rilis minor, Android 4.3 tidak mendapatkan namanya sendiri, dan harus berbagi nama dengan Android Jelly Bean dengan Android 4.1 dan 4.2.

Jadi dengan nama yang baru, banyak yang berharap Android 4.4 membawa beberapa perubahan yang besar, namun Google mengatakan bahwa tujuan Android KitKat adalah menyediakan pengalaman Android yang mengesankan untuk semua orang. Dari sini, kita dapat mengasumsikan bahwa Google ingin Android menjadi perangkat yang lebih bertenaga, apa yang kita dengar pada rumor akan kemunculan Android 5.0 yang memungkinkan akan berjalan pada RAM dengan minimal 512MB.

Dari salah satu sumber terpercaya, Google saat ini sedang bekerja dengan kernel Linux 3.8. Salah satu perbaikan yang kernel ini bawa adalah penurunan penggunaan RAM, yang sesuai dengan cita-cita Google yang membawa Android ke perangkat lainnya. Beberapa sumber di luar sana juga telah mendapatkan bocoran tentang tampilan terbaru dari sistem operasi ini, dan beberapa sumber ini memiliki gambar yang sama.

Ponsel Android KitKat 4.4

Dalam komersial untuk sistem operasi baru, Google mengungkapkan ponsel yang telah lama ditunggu-tunggu yakni Nexus 5. Tampil dalam iklan 38 detik, handset Nexus baru terlihat dilengkapi dengan kamera besar dan warna hitam matte, dan membawa logo LG di belakangnya.

Android 4.4 yang memberikan tenaga pada Nexus sebenarnya telah bocor pada tanggal 16 September di mana seseorang memamerkan perangkat Nexus terbaru di sebuah bar yang mana merepresentasikan Nexus terbaru meskipun hanya 12 detik. Mungkin dengan lengahnya salah satu karyawan Google, maka dengan tidak sadar bahwa handset-nya sedang di rekam meskipun tidak dengan waktu yang lama. [PY]