Sony Xperia

22 Sep 2013 14:00 | Hits: 3188

Sony Xperia Z Ultra vs Samsung Galaxy Note 3, Siapa yang Lebih Baik ?

Sony Xperia Z Ultra vs Samsung Galaxy Note 3, Siapa yang Lebih Baik ?

Sony, vendor asal Jepang yang terkenal karena produk-produk dengan harga premiumnya ini begitu gencar dalam mempromosikan jajaran produk unggulannya, termasuk seri phablet yang terbaru yaitu Sony Xperia Z Ultra. Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, Xperia Z Ultra begitu masif memperkenalkan diri sebagai produk kelas atas terbaik. Bagaimana tidak, produk yang satu ini mampu membuat Sony naik pamor kembali setelah sebelumnya produk-produknya banyak yang mengganggap kuang baik. Tampaknya Sony kini ingin bersaing ketat dengan produk unggulan dari vendor asal Korea yaitu Samsung.

Maka dari itu kali ini Paseban akan mencoba mengadu kehebatan dua phablet terbaru andalan mereka yaitu Sony Xperia Z Ultra dan juga Samsung Galaxy Note 3. siapakah pemenangnya? simak ulasan Paseban berikut ini.

Desain / Dimensi / Berat

Perbandingan yang pertama adalah masalah desain. Sony Xperia Z Ultra adalah sebuah perangkat bergaya. Pada dasarnya, perangkat ini terlihat seperti perangkat Sony Xperia Z berukuran besar, lengkap dengan bingkai logam yang sama dan bahan material kaca yang sama pula. Perangkat ini juga telah mendapatkan sertifikat IP58 yang menandakan bahwa perangkat ini tahan air dan tahan debu. Xperia Z Ultra sendiri memiliki bobot berat 212 gram dengan dimensi 179.4 x 92.2 x 6.5 mm. Sedangkan Samsung Galaxy Note 3 memiliki dimensi 151.2 x 79.2 x 8.3 mm dengan bobot yang lebih ringan dibanding Xperia Z Ultra, yaitu 168 gram. Perbedaan paling mendasar dari kedua produk ini adalah segi ketebalan Samsung Galaxy Note 3 yang sedikt lebih tebal jika dibandingkan Xperia Z Ultra yang memang merupakan phablet tertipis yang ada di pasaran saat ini.

Layar

Layar untuk kedua produk ini memiliki resolusi dan ketajaman yang berbeda. Xperia Z Ultra menggunakan layar 6.4 inch dengan resolusi 1080 x 1920 piksel,  sedangkan Samsung Galaxy Note 3 dilengkapi layar Super AMOLED 5.7  inch dengan resolusi yang sama. Meskipun ukuran layar keduanya hampir serupa, namun kualitas kepadatan piksel Galaxy Note 3 lebih baik yaitu 386 ppi, sedangkan Xperia Z Ultra hanya memiliki kepadatan piksel 344 ppi.

Performa

Jika dikomparasi secara performa antara Xperia Z Ultra dan Samsung Galaxy Note 3, keduanya memiliki kemampuan yang menarik. Xperia Z Ultra telah dibekali prosesor Quad-core 2.2 GHz Krait 400. Processor inilah yang membawa Xperia Z Ultra menjadi pemuncak dari seluruh phablet yang ada saat ini. Contohnya saat membuka aplikasi berat, tidak ada hambatan sama sekali dan procesor ini mampu berjalan sangat mulus. Dukungaan GPU Adreno 330 dan RAM 2 GB, membuat perangkat yang satu ini mampu memainkan game dengan grafis cukup berat sekalipun.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 3 telah tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor Quad-core 2.3 GHz Krait 400 untuk versi LTE serta Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 untuk versi 3G. phablet ini juga sudah diekali dengan pengolah grafis Adreno 330 dan RAM sebesar 3 GB yang menjadikannya sedikit lebih unggul ketimbang Xperia Z Ultra.

Memori Penyimpanan

Untuk urusaan penyimpanan, Xperia Z Ultra telah dilengkapi dengan memori internal sebesar 16 GB. Sementara Samsung Galaxy Note 3 memberikan pilihan memori internal yang lebih besar yaitu 32 GB dan 64 GB. Kedua ponsel ini juga telah mendukung memori eksternal hingga kapasitas 64 GB 

Kamera

Samsung Galaxy Note 3 sudah dilengkapi dengan kamera sebesar 13 MP dengan dukungan fitur Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, panorama, HDR dan  kemampuan rekaman video dengan resolusi 2160p@30fps dan 1080p@60fps. Sedangkan Xperia Z Ultra juga dilengkapi kamera 8 MP, memiliki fitur LED Flash serta dukungan kulitas rekaman video berdefinisi tinggi 1080p. Untuk kamera sekundernya, Kedua phabet ini mengusung kamera sebesar 2 MP.

Baterai

Untuk penyimpanan daya, Xperia Z ultra dibekali dengan baterai berkapasitas 3050 mAh dan Galaxy Note 3 memiliki baterai yang sedikit lebih besar yaitu 3200 mAh.

Simpulan

Berdasarkan hasil perbandingan di atas, tampaknya hampir pada setiap lini didominasi oleh Samsung Galaxy Note 3, baik itu dari segi performa, layar, memori, hingga kamera. Hal itu mungkin diwajari karena harga perangkat ini pastinya akan lebih mahal ketimbang pesaingnya tersebut. Namun jika Anda menginginkan perangkat Android yang lebih besar namun dengan bodi yang sangat tipis, maka Xperia Z Ultra layak untuk dijadikan pilihan. [GAN]