USB Modem WiFi

13 Dec 2012 08:30 | Hits: 9559

Ulasan USB Modem WiFi dari Smartfren, Apa Saja yang Bisa Anda Nikmati?

Ulasan USB Modem WiFi dari Smartfren, Apa Saja yang Bisa Anda Nikmati?

Sebagai operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B. PT Smartfren Telecom, Tbk, kembali menawarkan inovasi berupa USB Modem WiFi. Ini adalah modem WiFi pertama di Indonesia dengan teknologi CDMA EV-DO Rev.B. Jadi Anda bisa menikmati kecepatan data mengunduh hingga 14,7Mbps, serta upload hingga 5,4 Mbps. Untuk membuktikan komitmennya menjadi penyadia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik, maka dalam paket penjualan seharga Rp599 ribu termasuk PPN, Smartfren memberikan geratis data volume based EVO sebesar 6GB berlaku selama 30 hari dan mendapatkan free USB power adapter pack. Promo ini berlaku hingga 30 Juni 2013.

Instalasi dan Konfigurasi

Seperti umumnya modem yang berada saat ini, instalasi Smartfren USB Modem WiFi menganut sistem plug and play. Saat pertama kali dicolokan ke port USB komputer, Anda harus melakukan registrasi data diri terlebih dahulu, activation code bisa ditemukan di box bagian dalam, kemudian akan diberikan pasword untuk log in ke portal khusus pengguna data (data smartfren.com). Selanjutnya Wizard instalasi akan berjalan secara otomatis. Usai itu, halaman web Smartfren USB Modem WiFi akan ditampilkan. Koneksi internet sudah aktif dan Anda sudah terhubung ke jaringan dalam mode otomatis.

Pada "Halaman Antarmuka” pengguna ketika diminta nama user dan pasword, secara default user dan pasword-nya adalah "Admin”. Kita bisa menggantinya sesuai yang diinginkan. Pada USB Modem akan ditemukan Indikator WiFi, Indikator 1X/EV-DO, Slot kartu RUIM, dan slot kartu MicroSD. Untk indikator WiFi, lampu hijau berkedip 3 detik sekali artinya modem ini telah aktif dan fungsi WiFi tersedia. Kita pun bisa membatasi beberapa koneksi dan memberikan pasword agar orang lain tidak bisa terhubung ke modem yang kita gunakan.

Pengaturan WiFi

Sementara itu, untuk mengaktifkan koneksi WiFi, pada bagian bawah kanan taksbar terdapan icon koneksi wireless network. Kemudian pilih network Smartfren USB Modem WiFi-XX (XX adalah variabel yang berbeda-beda pada setiap Smartfren USB Modem WiFi), setelah koneksi terjadi, icon wireless network akan menampilkan kekuatan sinyal. Pancaran sinyal WiFi-nya bisa dikoneksikan hingga ke lima pengguna. Penggunanya cukup menghubungkan USB modem ini ke perangkat yang memiliki port USB yang kendaraan, power adapter, maupun portable power battery (power bank).

Selain itu, SmartFren juga mengeluarkan produk lainnya ke pasaran yaitu SmartFren Xstream varian ketiga. Djoko Tata Ibrahim sebagai Deputy CEO Commercial Smartfren berharap varian Xstream ketiga dari Smartfren ini menjadi sejarah baru dalam dunia media telekomunikasi di Indonesia. Dengan begitu, Smartfren pun ikut mendukung pertumbuhan mobile internet di tanah air, yang tahun lalu saja sudah menembus angka 55 juta pengguna.

Internetan Ngebut Berlima

Ponsel ini tak hanya menawarkan serunya nelpon gratis ke sesama nomor Smartfren, melainkan kita bisa berinternetan ngebut berlima sekaligus. Kepuasan akan daya tahan baterainya mencapai hingga 4 jam saat menjadi hotspot. Melalui jaringan CDMA 2000 1x EV-DO Rev.A atau setara dengan 3,5G di jaringan GSM, kita bisa mengakses internet berkecepatan hingga 3,1 Mbps. Akan tetapi perlu diingat jika kualitas dan kecepatan sambungan sangatlah tergantung pada jaringan, kondisi di sekitar, jumlah perangkat yang terhubung, dan paket data yang diambil.

Untuk mengakses keseluruhan menu hotspot, dalam mode siaga, buka menu "Sambungan>Hotspot”. Setelah itu, kita bisa mengubah pengaturan SSID jaringan, keamanan, membatasi jumlah sambungan, menampilkan tips saat pengaktifan dan channel. Ketika menggunakan fitur hotspot, kita hanya dapat mengakses fungsi kontak, pesan, riwayat panggilan, dan panggilan. Untuk jarak jangkauanya, bisa beragam mulai dari 5 meter hingga 15 meter, tergantung dari kondisi dimana kita berada.

Modem

Demi kepuasan pelanggan, ponsel ini pun tetap bisa digunakan sebagai modem melalui kabel data. Kita cukup menginstall driver modem dari website resmi Smartfren ke perangkat komputer atau laptop. Selanjutnya pastikan mode modem ponsel diaktifkan. Dari sistem Windows, buka "Smartfren CDMA 1xDO Connection”, setelah diklik akan muncul box " Connect Smartfren CDMA 1xDO Connection”.

Nama pengguna default adalah Smartfren, sandinya juga Smartfren, dan nomor panggilannya adalah #777. selanjutnya klik properties di box yang sama, dan ganti penggunaan modem standar ke modem Smartfren, kemudian klik "Dial” (panggil) untuk menyambung atau melakukan dial-up modem. Setelah melewati proses ini, kita pun bisa berslancar di dunia maya dengan nyaman.

Aneka fitur lainnya seperti pemutar media, kamera, radio FM, bluetooth, hingga akses ke email Yahoo dan Gmail, juga akses ke media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus, tersedia dalam ponsel ini. Smartfren pun menyediakan layanan Value Added Service (VAS), seperti toko konten virtual Smartfren World, Smartfren RBT, Smartfren Uangku untuk transaksi m-banking, serta Customer View untuk melihat status panggilan dan profil pengguna.

Dijual dalam paket bundling, Smartfren Xsteram EV-DO Hotspot dihargai Rp 399.000, termasuk bonus paket data gratis 12GB, gratis akses Facebook dan Twitter, dan gratis telepon ke sesama Smartfren selama satu tahun penuh. [IRW]