Tablet 5 Inchi Murah

11 Dec 2012 19:30 | Hits: 14603

Tablet 5 Inchi Murah Merk Android Lokal Saingan Vendor Luar Negeri

Tablet 5 Inchi Murah Merk Android Lokal Saingan Vendor Luar Negeri

Android sudah meracuni gadget dalam negeri, baik vendor luar maupun vendor lokal berlomba–lomba untuk membuat gadget murah, berkualitas, dan menggunakan OS Android yang bersifat open source. Ya, Android memang mendominasi di tahun 2012 ini, menggusur dominasi trend BlackBerry setahun belakangan ini.

Kali ini kemunculan gadget Android tidak hanya berbentuk handphone dan tablet biasa, tetapi sekarang telah muncul tablet berukuran 5 inchi yang biasa disebut phablet, yaitu gabungan dari phone dan tablet. Seiring dengan diluncurkannya superphone semacam Samsung Galaxy SIII, Samsung Galaxy Note, dan HTC One X, kini vendor lokal pun memunculkan tablet 5 inchi murah yang fungsinya sama seperti handphone yang bisa digunakan untuk telepon dan SMS juga. Berikut 4 tablet vendor lokal yang bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Advan Vandroid S5N

S5N merupakan proyek lanjutan dari yang sebelumnya yaitu S5, namun Vandroid S5N memiliki kelebihan dari layarnya yaitu diusung oleh teknologi IPS (in plane switching) yang memberikan layar lebih berwarna dan ketajamannya lebih berkualitas. Layarnya yang berukuran 5.2 inchi dan layar sentuh kapasitif memberikan sebuah kesempurnaan bagi phablet ini. Processor yang digunakan yaitu ARM Cortex A8 1GHz didukung oleh RAM sebesar 512MB membuat kinerjanya bisa diandalkan.

Untuk kamera, dibelakang bodi disematkan kamera beresolusi 8MP dan ditambahkan flash untuk pencahayaan diruangan yang kurang terdapat cahaya, sedangkan untuk kamera depan hanya diberikan kualitas VGA yang cukup digunakan untuk video call. Memori internal yang disediakan yaitu NAND Flash 4GB dan bisa ditambahkan hingga 32GB menggunakan memori eksternal. Untuk konektivitas, Vandroid S5N menyediakan jaringan HSDPA menggunakan kartu SIM yang tentunya bisa untuk telepon dan SMS, bisa juga menggunakan jaringan Wi-Fi untuk tersambung ke internet, terdapat pula Bluetooth 2.1+EDR, micro USB, dan audio jack 3.5mm. OS yang digunakan yaitu Ice Cream Sandwich 4.0 dan tablet ini disematkan baterai sebesar 2.500mAh.

Axioo Picopad 5 (GEA)

Vendor lokal selain Advan yang memproduksi laptop ikut mencicipi kepopuleran Android. Kali ini dengan produk barunya yaitu Axioo Picopad 5 yang telah ber-OS Ice Cream Sandwich 4.0 siap menggebrak tanah air. Picopad 5 atau yang biasa disebut Picopad GEA ini dimotori oleh MTK6575 dengan clock sebesar 1GHz yang didukung oleh RAM 512MB, memori internalnya diberikan sebesar 4GB dan bisa disisipi microSD hingga 32GB.

Untuk menyambung ke internet, Anda bisa menggunakan sinyal HSDPA dari kartu SIM Anda ataupun bisa menggunakan jaringan WiFi, selain itu terdapat pula kamera yang beresolusi 5MP dibelakang bodi dan di depannya terdapat kamera sekunder dengan resolusi 0.3MP. Fitur lain yang bisa didapat yaitu Radio FM, A-GPS, browser yang telah mendukung Adobe Flash, dan teknologi HDMI. Tablet ini ditenagai oleh baterai Li - Ion sebesar 1.800mAh yang mampu bertahan hingga 48 jam saat siaga.

Movi M3 Magic Note

Memiliki phablet seperti Samsung SIII rasanya idaman semua orang, tetapi bagaimana jika Anda memilikinya hanya dengan harga 1 jutaan? Tentu saja Anda bisa, karena kini Movi telah meluncurkan Movi M3 Magic Note. Dengan processor sebesar 1Ghz dan memori internal sebesar 4GB mampu untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari–hari, apalagi support memori eksternal hingga 8GB. Keunikan lainnya yaitu Anda bisa menggunakan dual SIM GSM–GSM yang salah satunya bisa HSDPA untuk berselancar di dunia maya. Layar-nya sebesar 5.2 inchi yang kapasitif dan multitouch, selain itu jika Anda merekam dan menyimpan video melalui kameranya, Anda bisa menggunakan hasil rekaman itu menjadi live wallpaper Anda.

S - Nexian Five A5000

Vendor lokal yang terkenal rajin mengeluarkan gadget terbaru dan membuat inovasi baru, seperti terdapatnya Nexian Messenger lengkap dengan PIN-nya. Phablet ini masih mengusung sistem operasi Gingerbread 2.3 dan ditenagai oleh processor MTK sebesar 650Mhz saja yang didukung oleh RAM sebesar 512MB. Tetapi Anda jangan dulu kecewa karena fitur–fitur yang ditawarkan layak dipertimbangkan, tengok saja dengan adanya TV Analog sehingga Anda bisa menonton siaran televisi dimana saja.

Lalu terdapat dual kamera, kamera utama memiliki resolusi 5MP autofocus dan didukung oleh flash, sedangkan kamera sekunder hanya kualitas VGA yang cukup untuk penggunaan video call atau chat. Untuk koneksi ke internet, Anda bisa memanfaatkan jaringan HSDPA ataupun Wi-Fi disekitar lokasi Anda. Seperti biasa, Nexian mampu untuk menggunakan dual kartu SIM GSM–GSM yang bisa Anda gunakan keduanya (Dual On). S–Nexian Five A5000 ini ditenagai oleh baterai sebesar 1.800mAh, cukup untuk kebutuhan Anda sehari–hari. [PNJ]