Samsung Mobile Print

14 Dec 2012 14:00 | Hits: 3897

Samsung Mobile Print - Aplikasi Printer Untuk Android Anda

Samsung Mobile Print - Aplikasi Printer Untuk Android Anda

Seiring berkembangnya teknologi, melakukan printing dokumen tidak harus selalu dilakukan dengan menggunakan PC. Sekarang, hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone Android Anda. Terdapat banyak aplikasi yang menawarkan layanan tersebut, salah satunya adalah Samsung Mobile Print.

Samsung Mobile Print adalah aplikasi printer besutan Samsung Electronic yang dapat digunakan untuk melakukan printing dokumen dari smartphone Android Anda lewat jaringan WiFi. Selain untuk printing, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan scanning dokumen, tentunya langsung menggunakan Android Anda.

Aplikasi ini dapat berjalan di semua perangkat Android dan semua jenis sistem operasi yang digunakan. Untuk printernya, Samsung Mobile Print ini dapat digunakan untuk berbagai printer Samsung yang dikeluarkan sejak bulan Januari 2011. Sementara untuk printer lawas yang dikeluarkan sebelum tahun 2011, maka harus dilakukan pemutakhiran firmware terlebih dahulu agar dapat menggunakan aplikasi ini.

Untuk pengoperasiannya aplikasi ini menggunakan koneksi WiFi. Namun meskipun printer Anda tidak dilengkapi dengan fasilitas WiFi, aplikasi ini tetap dapat digunakan asalkan printer Anda terhubung ke sebuah jaringan yang mendukung WiFi. Jika Anda memiliki printer Samsung yang mendukung fasilitas WiFi direct seperti Samsung CLX-4195FW, maka Anda dapat menghubungkannya secara langsung yang tentu akan sangat memudahkan dalam melakukan printing.

Apapun jenis koneksi WiFi yang Anda gunakan, baik itu langsung maupun lewat jaringan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa smarthone atau pun tablet sudah mengaktifkan koneksi WiFi sehingga smartphone Anda akan langsung terkoneksi langsung ke printer ataupun ke jaringan. Setelah itu, Anda tidak perlu melakukan koneksi ulang jika ingin melakukan printing lagi karena aplikasi ini akan terkoneksi secara otomatis.

Cara penggunaan aplikasi inipun cukup mudah. Ketika Anda membuka menu utama, di sana terdapat dua pilihan tab, yaitu print dan scan. Pada tab print terdapat enam opsi pilihan yaitu gallery, documents, web page, Google Docs, dan media sosial.

Opsi gallery dapat digunakan untuk melakukan printing gambar, sementara documents dapat digunakan untuk mencetak berbagai macam jenis dokumen. Jenis dokumen yang didukung oleh aplikasi ini adalah DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX, PDF dan TXT. Setelah Anda memilih gambar atau dokumen yang akan dicetak, aplikasi ini akan memunculkan sebuah preview dari gambar dan dokumen tersebut, serta menampilkan tombol print dan keterangan printer yang akan dipakai. Anda juga dapat merubah setingan printer seperti jumlah yang akan dicetak, ukuran kertas, dan jenis pencetakan apakah berwarna atau hitam putih.

Empat opsi selanjutnya yaitu web page, Google Docs, dan media sosial yang dapat digunakan untuk mencetak halaman dari situs yang sedang Anda buka, seperti screenshot jejaring sosial.

Satu fitur menarik yang diusung oleh aplikasi ini adalah fitur untuk mencetak secara langsung email yang Anda terima menggunakan menu share pada Android. Ketika Anda membuka sebuah pesan email, Anda cukup memilih bagian yang ingin Anda cetak kemudian pilih menu share, maka sebuah pilihan bernama Mobile Print akan langsung muncul.

Namun ada satu kekurangan yang terdapat pada aplikasi ini, yaitu Anda tidak dapat mengatur pola landscape maupun portrait untuk dokumen Anda. Namun hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah mengingat sebagian besar dokumen dapat diatur orientasinya secara otomatis.

Fitur lain yang disediakan oleh aplikasi ini adalah fitur untuk melakukan scanning melalui perangkat Android. Terdapat banyak opsi yang disediakan oleh aplikasi ini untuk memperbaiki kualitas scanning seperti pilihan untuk melakukan scanning *berwarna atau hitam putih, jenis file yang akan dihasilkan seperti JPG, PNG, atau PDF, dan resolusi untuk hasil *scanning seperti low, normal, atau high.

Dengan berbagai fitur yang sangat menunjang aktivitas Anda, maka aplikasi ini sangatlah tepat bagi Anda yang memiliki printer bermerek Samsung, terutama apabila Anda seorang yang cukup rutin dalam menggunakannya. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi sebesar 16MB ini tanpa pungutan biaya di sini. (GAN)