Download Free Synthesia

11 Dec 2012 17:00 | Hits: 5507

Belajar Piano Virtual Dengan Download Free Synthesia Game di Komputer Anda

Belajar Piano Virtual Dengan Download Free Synthesia Game di Komputer Anda

Ada beberapa orang yang mengklaim bahwa memainkan Guitar Hero tidak mengajarkan Anda cara bermain gitar. Namun, itu bukan berarti kita harus mengabaikan bantuan komputer untuk belajar instrumen musik. Kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara memainkan instrumen piano melalui komputer.

Belajar dengan bantuan komputer, meskipun tidak selalu menjadi pengganti untuk guru musik, akan memberikan Anda umpan balik yang tidak akan Anda dapatkan dari buku piano biasa. Selain itu, cara belajar yang menyerupai game akan mempermudah Anda untuk berlatih piano, dan jauh lebih menyenangkan dengan memperkenalkan elemen yang biasanya ditemukan dalam permainan komputer. Permainan komputer seperti Guitar Hero ini bernama Synthesia. Anda dapat mendapatkan aplikasi ini dengan download free Synthesia dari link yang Paseban rekomendasikan.

Synthesia (Mac) (Windows)

Synthesia merupakan aplikasi piano gratis yang tersedia untuk Mac OS X dan komputer Windows. Aplikasi ini hampir sama dengan Guitar Hero namun memiliki tombol yang lebih banyak. Synthesia juga dapat dilihat sebagai aplikasi untuk berlatih alat musik keyboard atau melatih kemampuan bermain piano. Pada tingkat dasar, ini akan memandu Anda melalui latihan jari yang biasanya akan Anda temukan dalam pengantar kursus piano. Pada tingkat yang lebih tinggi, ini akan membantu Anda berlatih skor musik yang kompleks.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini? Seperti halnya Guitar Hero, not-not akan tampil berjatuhan dari bagian atas layar Anda. Not biru dan hijau berarti Anda harus memainkannya masing-masing dengan tangan kiri dan kanan. Ketika not mencapai bagian bawah layar Anda, Anda harus menekan tombol yang sesuai pada piano elektrik Anda. Anda dapat memperlambat atau mempercepat skor agar sesuai dengan tingkatan bermain Anda.

Anda harus berhati-hati jangan sampai ada not yang terlewatkan selama lagu dimainkan. Synthesia akan memberi Anda nilai yang menunjukkan seberapa baik Anda memainkan piano elektrik ini. Masuki gamification, Anda dapat menetapkan pencapaian Anda sendiri, menantang teman untuk mengalahkan nilai Anda pada papan nilai, atau bersaing dengan sejumlah pemain yang lebih terlatih.

Apa yang Anda Butuhkan?

Jelas, bahwa Synthesia akan menjadi lebih sulit jika dimainkan dengan keyboard komputer Anda (lebih buruk menggunakan mouse). Sebaliknya, Anda harus menggunakan piano elektrik, keyboard, atau synthesizer dan menyambungkannya ke komputer Anda.

Beberapa keyboard keluaran baru mungkin memiliki interface USB, namun yang benar-benar Anda butuhkan di sini adalah interface MIDI (ini biasanya tersedia pada kebanyakan keyboard) dan adaptor USB-MIDI, yang bisa Anda beli secara online atau bisa juga Anda temukan di toko instrumen musik. Ikuti pentunjuk manual keyboard dan adapter Anda saat akan menyambungkannya ke komputer Anda, dan menguji koneksi dalam preferensi Synthesia.

Import Tambahan Lagu

Beberapa latihan lagu dan musik klasik sudah disertakan ketika Anda download free Synthesia, namun ada batasan untuk itu, atau bahkan yang disediakan Synthesia. Faktanya, Anda dapat menggunakan Synthesia untuk bermain dan berlatih lagu MIDI. Banyak website yang menyediakan skor musik juga memungkinkan Anda mengunduh file MIDI. Selain itu, carilah di Google, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan sesuatu.

Ketika Anda berada pada browser lagu di Synthesia, cukup tekan tombol biru pada sudut kiri bawah layar Anda untuk menambahkan lagu ke Synthesia. Berikutnya akan terlihat gambar di bagian atas, Anda dapat memberitahu Synthesia folder apa yang akan Anda pilih untuk lagu tambahan.

Fitur Premium Learning

Walaupun Synthesia bisa digunakan secara gratis, Anda dapat membuka sejumlah fitur tambahan dengan membeli Synthesia Learning Pack seharga $35. Selain fasilitas yang telah disebutkan di atas, ini dapat mengatur Melody Practice, petunjuk nomor jari, tampilan lembar musik, label not dan kunce serta perulangan.

Melody Practice akan memberhentikan nilai Anda sampai Anda menekan not yang tepat, dan tampilan penamaan lembar musik yang tepat memungkinkan Anda untuk membaca lembar musik di samping mengamati not-not yang keluar. Tentu saja semua ini adalah optional, dan Synthesia patut untuk dicoba. Anda dapat mengunduh software Synthesia pada link ini. [RIC]