Tablet PC Windows 8

13 Sep 2013 11:00 | Hits: 1016

Toshiba Encore - Tablet PC Windows 8 Penjegal iPad Mini

Toshiba Encore - Tablet PC Windows 8 Penjegal iPad Mini

Ketika Acer mengumumkan Iconia W3 kembali di Computex awal tahun ini, ada perasaan campur aduk di sekitar pasar penjualan tablet PC Windows 8. Pengalaman Windows 8 secara penuh bisa Anda dapatkan di dalam tablet merupakan sebuah proposal besar, tetapi di dalam tablet sebesae 8 inci? apakah dapat bekerja secara maksimal?

Baik atau tidak, Acer berpikir ini adalah ide yang sukses dan cemerlang, dan kini Toshiba mengikuti langkah Acer dengan menempatkan  Windows 8.1 pada layar 8-inci dalam produknya yagn bernama Encore. Pengumuman akan kehadiran tablet ini merupakan menjadi tablet pertama Toshiba 8 inci yang membawa sistem operasi Windows, tapi ada sesuatu yang lebih besar di dalamnya.

Performa Tangguh

Tablet PC Windows 8 Toshiba ini memiliki performa yang tangguh dengan menggunakan prosesor Intel Atom Bay Trail yang merupakan prosesor Intel terbaru dengan memori 2GB LPDDR3 yang membuat tablet dewasa ini dapat menjalankan pengalaman Windows 8.1 versi desktop penuh.

Jadi bisa dikatakan bahwa tablet ini dapat menjalankan Windows dengan baik. Ini tentu akan menemui peruntungan yang lebih baik lebih dari yang diharapkan meskipun ada beberapa hambatan. Seperti yang diberitakan oleh Toshiba, ini merupakan produk versi awal, jadi masih ada beberapa bug di dalamnya sehingga diharapkan Toshiba akan merilis versi yang lebih baik dan stabil untuk melanjutkan lini ini pada tahun ini.

Kekuatan Layar Tajam

Tablet PC Windows 8 dari Toshiba ini memiliki desain yang ramping dan sangat kompatibel untuk digenggam dalam satu tangan. Layar sebesar 8 inci memang membuat sebuah resolusi sebesar 1280 x 800 tampak ekstra tajam dan hidup adalah apa yang saat ini sedang diinginkan oleh pasar terutama untuk berjalan-jalan di sekeliling ubin yang berwarna-warni. Ini juga jauh lebih baik ketika Acer menawarkan hal yang serupa.

Berita bagus lainnya adalah bahwa Anda akan dapat terus membawa tablet PC Windows 8 ini dalam satu tangan Anda untuk merasakan pengalaman penuh Windows 8.1 di ujung jari Anda. Ini merupakan salah satu faktor penting yang harus disebutkan.

Keyboard on-screen yang tersemat di dalam layar ini merupakan unsur yang penting di dalam layar yang kecil. Toshiba telah memberikan kompensasi untuk ini dengan tombol yang sedikit dibesarkan yang merupakan kabar baik untuk akurasi bagi jari Anda yang besar, tetapi keyboard bisa menjadi sangat besar ketika menggunakan tablet dalam mode lanskap.

Anda juga bisa mengkoneksikan keyboard dan mouse sebagai alternatif lain yang dikoneksikan melalui Bluetooth jika Anda merasa frustasi menggunakan tablet PC Windows 8 ini.

Operating System

Encore datang dengan Office Home & Student 2013 gratis pre-installed, dan ini adalah dimana tes yang sesungguhnya terletak. Bagaimana cara Anda memaksimalkan aplikasi desktop seperti Word dan Excel pada sebuah layar sentuh yang kecil?

Pengalaman yang sama mungkin akan ditemukan pada W3 yang agak terlalu sempit, namun kecepatan prosesor dari Bay Trail pasti memiliki dampak yang positif. Masalahnya adalah apakah aplikasi desktop dapat dimaksimalkan dalam tablet dengan ukuran yang mini ini? nampaknya ini terlalu sedikit berlebihan.

Bahan dan Kamera 8 Megapiksel

Salah satu perubahan signifikan yang akan terjadi sebelum tablet ini masuk ke pasaran adalah casing di bagian belakang tablet PC Windows 8 ini. Casing di bagian belakang tablet PC Windows 8 ini sangat halus dan sangat nyaman digenggam dalam genggaman tangan, dan di bagian belakang, tablet PC Windows 8 ini memiliki tekstur yang bergelombang.

Bahan material yang dibawa oleh tablet ini memang kurang terlihat premium dibandingkan dengan iPad, dan berharap produk ke depannya akan membawa bahan material yang lebih premium ketika tiba di pasaran.

Toshiba menyelipkan kamera utama sebesar 8 megapiksel di bagian belakang, di bagian depan, disematkan kamera sebesar 2 megapiksel yang keduanya mampu menangkap video sebesar 1080p. Ini tidak berarti buruk tapi sekali lagi membuat kita bertanya-tanya, untuk apa tujuan dan kegunaan tablet ini sebenarnya? Masuk ke kategori apa tablet ini nantinya di pasaran? Apakah itu tablet PC Windows 8 yang kita tunggu-tunggu atau kita akan tetap tinggal dengan smartphone untuk melakukan semua kegitatan kita?

Toshiba memberikan bocoran harga untuk tablet ini yang mana tablet ini akan diedarkan dengan harga $329 atau sekitar Rp3.6 jutaan. [PY]