Pemutar Video untuk Android

05 Dec 2012 08:30 | Hits: 4510

Download Aplikasi Pemutar Video untuk Android

Download Aplikasi Pemutar Video untuk Android

Sebagai sebuah smartphone, perangkat berbasis Android tentunya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki perangkat non smartphone. Salah satunya adalah kemampuan untuk menginstal berbagai jenis aplikasi untuk menunjang kinerja smartphone itu sendiri. Salah satu jenis aplikasi populer yang paling sering diinstal dan digunakan oleh para pengguna Android adalah aplikasi video Android.

Saking populernya jenis aplikasi ini, sangat mudah menemukan aplikasi pemutar video untuk Android di antara ratus ribuan aplikasi jenis lain yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi pemutar video tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni yang berbayar dan gratis. Kebanyakan aplikasi berbayar menawarkan fitur-fitur unggulan yang tidak dimiliki aplikasi gratis. Namun tidak sedikit pula aplikasi gratis yang memiliki fitur-fitur yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar. Nah, aplikasi gratis powerful itulah yang akan Paseban bahas kali ini.

MX Player

MX Player mungkin adalah aplikasi video Android yang paling banyak digunakan. Selain karena harganya yang gratis, aplikasi ini juga sudah mendukung berbagai macam format video dan mampu menampilkan subtitlenya. Bahkan, MX Player juga mendukung format file subtitle lain selain srt sementara belum banyak aplikasi video sejenis yang mampu melakukannya. Beberapa format subtitle yang dapat dimainkan aplikasi besutan J2 Interactive ini antara lain .ssa, .ass, .smi, .sami, .sub, .txt, .srt, .sub, .mpl, dan .psb.

Selain memutar video, aplikasi yang dapat dijalankan di segala jenis perangkat Android dengan sistem operasi minimal 2.1 Éclair ini juga memiliki pengaturan brightness video serta memiliki kemampuan pinch to zoom. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dengan ukuran file sebesar 6,7 MB.

Mobo Player

aplikasi video Android besutan developer Video Team ini juga cukup populer dikalangan pengguna Android. Betapa tidak, kemampuannya memainkan berbagai macam format video tak kalah dengan MX Player. Selain itu, aplikasi gratis ini juga sudah mendukung beberapa format file subtitle termasuk .srt dan .smi.

Sedangkan file video yang dapat diputar menggunakan aplikasi video Android ini adalah termasuk MP4 3GP MKV MOV WMV, dan MPEG. Meski demikian, sang pengembang mengklaim bahwa Mobo Player sudah dapat memainkan video dengan format file apapun.

Diantara fitur yang ditawarkan aplikasi video Android berukuran 4,2 MB ini, fitur bernama Floating Video mungkin adalah yang paling menarik. Fitur ini berguna untuk menampilkan jendela video berukuran kecil di homescreen sehingga pengguna tetap dapat melakukan aktivitas lain menggunakan perangkat Androidnya sambil menonton video. Untuk dapat menjalankan Mobo Player yang juga mendukung video streaming, perangkat yang dibutuhkan minimal sudah menjalankan sistem operasi Android 2.0 atau yang lebih baru. Anda bisa mendownloadnya di sini.

VPlayer Video Player

Aplikasi video Android unggulan selanjutnya adalah VPlayer Video Player. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga sudah mendukung berbagai format file video populer termasuk MKV, MOV, AVI, FLV, M4V, 3GP, TS, dan banyak lagi lainnya.

Namun hebatnya, untuk memainkan semua file video tersebut, VPlayer Video Player menggunakan teknologi HW accelerated decoding dan rendering sehingga mampu memaksimalkan kualitas video yang dimainkan. Fitur lain yang didukung aplikasi video Android ini antara lain mampu melakukan streaming video secara langsung melalui YouTube atau Vimeo. Selain itu, VPlayer juga sudah mendukung akses ke berbagai penyimpanan file online seperti Dropbox dan lain sebagainya.

Sayangnya, aplikasi besutan ABitNo ini hanya gratis digunakan selama 7 hari saja. Untuk dapat memakainya lebih lanjut, pengguna diharuskan membeli VPlayer Video Player Unlocker yang berharga $5,16 atau sekitar 50 ribu rupiah. Namun harga tersebut dirasa cukup pantas untuk fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi video Android ini.

Selain itu perangkat minimum yang dapat menjalankan aplikasi video Android ini adalah perangkat dengan sistem operasi Android 2.1 Éclair atau yang lebih baru. VPlayer versi trial dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran file 4,6 MB.

VPlayer new version

Nah, itulah tiga aplikasi video Android unggulan yang gratis dan patut untuk diinstal oleh setiap pengguna Android yang doyan memutar video di perangkat Android mereka. Semoga bermanfaat. [IMG]