Software Untuk Windows 7

01 Dec 2012 09:00 | Hits: 7540

Lima Software untuk Windows 7 yang Wajib Dimiliki Laptop atau Netbook agar Lebih Produktif

Lima Software untuk Windows 7 yang Wajib Dimiliki Laptop atau Netbook agar Lebih Produktif

Laptop menawarkan berbagai macam manfaat sebagai alternatif dari penggunaan komputer. Yang terpenting adalah, laptop berukuran kecil dan mudah serta praktis dibawa kemanapun. Di lain pihak, hardware yang menancap pada laptop memiliki keterbatasan, misalnya daya tahan baterai, keyboard berukuran kecil, dan penggunaan touchpad.

Dalam bahasan kali ini, Paseban akan menampilkan beberapa software untuk Windows 7 di laptop Anda yang akan memberikan suatu penyempurnaan pada penggunaan hardware yang terbatas. Program dalam daftar yang akan ditampilkan dapat membuat bekerja dengan menggunakan laptop lebih maksimal tanpa terlalu memikirkan berbagai macam bentuk pemakaian yang terbatas. Jika Anda ingin memaksimalkan penggunaan laptop, maka Anda harus memiliki program Windows yang produktif untuk Anda install pada laptop.

1. TouchFreeze

Satu yang paling jelas terlihat dari fitur laptop adalah penggunaan touchpad. Kasus yang unumnya terjadi adalah cursor yang Anda gerakkan melalui touchpad kadang berpindah tidak sesuai dengan keinginan dan melompat-lompat pada lokasi yang acak ketika sedang melakukan pengetikan, dan pemakaian touchpad yang tidak praktis. Ini merupakan hal yang biasa dialami pengguna laptop khususnya saat melakukan pengetikan. Untuk itu, pengguna dapat menggunakan program Windows untuk touchpad laptop sebagai solusi dari permasalahan tersebut. TouchFreeze akan membantu Anda memperbaiki problem ini dengan fiturnya yang akan menon-aktifkan touchpad ketika Anda sedang menggunakan fasilitas keyboard.

2. AutoSensitivity

Program Windows lain pada laptop yang akan membantu Anda dalam penggunaan touchpad adalah AutoSensitivity. Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengontrol tingkat kesensitifan dari touchpad dan juga mouse. Pengaturan kesensitifan pada titik rendah berarti akan mengakibatkan cursor tidak terlalu responsif, dan jika ditingkatkan lagi ke titik yang lebih tinggi, cursor akan semakin responsif. AutoSensitivity membutuhkan NET Framework 3.5 atau 4.0 agar dapat bekerja di dalam laptop Anda.

3. Two-Finger-Scroll

Touchpad hanya mendukung penggunaan satu jari yang memang dibatasi. Sekarang ini, hardware mampu menginterperetasikan sentuhan menggunakan dua atau bahkan bisa tiga jari dalam sekali waktu. Di sinilah tempat di mana Two-Finger-Scroll muncul sebagai program Windows yang akan membantu melakukan tap pada potensi yang tidak terpakai di touchpad. Memang program ini tidak benar-benar mengaktifkan fitur multi touch seperti layar sentuh yang sering ditemukan pada smartphone Android dan iPhone. Bagaimanapun, program ini dapat mengaktifkan kemampuan yang akan memudahkan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengaktifkan scroll up dan scroll down ketika Anda melakukan swipe melalui touchpad menggunakan dua jari, di saat memakai satu jari Anda hanya dapat memindahkan cursor.

Program ini juga mendukung berbagai macam tindakan saat melakukan tap pada touchpad. Sebagai contoh, Anda dapat menentukan tap dengan dua jari untuk mengaktifkan tombol kiri mouse, dan tap dengan tiga jari untuk mengaktifkan tombool kanan mouse. Bekerja atau tidaknya fitur-fitur ini bergantung pada touchpad laptop yang Anda miliki. Untuk menguasai program ini, perlu dilakukan penyesuaian dalam melaksanakan fungsi tap pada touchpad.

4. SharpKeys

Laptop memiliki ukuran yang kecil, begitu juga dengan keyboard yang dimilikinya. Menggunakan keyboard eksternal adalah hal yang bagus, tetapi bagaimana jika Anda akan bepergian? Tentu menjadi tidak praktis. Lebih lagi, beberapa fungsi pada keyboard laptop membutuhkan tombol yang terpisah dan akan menyusahkan Anda. Dalam problem yang sama, ada juga tombol yang tersedia di keyboard namun tidak pernah digunakan. Jika Anda menginginkan untuk mengambil keuntungan dari tombol pada keyboard laptop yang tidak terpakai agar dapat digunakan dengan baik, cobalah SharpKeys, program Windows yang akan mengubah fungsi tombol untuk dapat diubah, diaktifkan, ataupun dinon-aktifkan.

5. Aerofoil

Aerofoil akan menjaga penggunaan energi baterai yang terbatas pada saat laptop Anda bekerja menggunakan baterai. Ketika Anda mencabut kabel charger, Aerofoil langsung melangkah untuk mengoptimalkan sistem Windows pada laptop untuk menjaga daya baterai. Program ini melakukannya dengan mematikan beberapa fitur Windows, menon-aktifkan audio, atau mengganti pengaturan daya pada Windows. Aerofoil diklaim dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 25 %. Program Windows ini berjalan pada sistem minimal dan berbagai fitur yang ada dapat diatur oleh Anda. [DEAS]