Asus Taichi

10 Dec 2012 19:00 | Hits: 2751

Asus Taichi - Ultrabook Asus Terbaru dengan Layar Ganda

Asus Taichi - Ultrabook Asus Terbaru dengan Layar Ganda

Setelah kemunculan Windows 8 di pasaran, banyak produsen yang memproduksi laptop dengan desain dan fitur yang berbeda-beda dan menarik. Salah satunya adalah yang dilakukan pabrikan Asus dengan memperkenalkan Ultrabook Asus terbarunya di Computex beberapa waktu yang lalu bernama Asus Taichi. Ultrabook Asus ini berbeda dengan Ultrabook yang lainnya, pasalnya Ultrabook ini membawa layar ganda sekaligus di dalam produknya ini menggunakan layar HD. Saat pertama kali dilihat, Ultrabook ini memiliki desain yang tidak biasa dengan desain yang inovatif dan belum pernah diwujudkan sebelumnya.

Ulasan

Sementara beberapa vendor PC menanamkan layar full-HD ke dalam laptop terbaru mereka, Asus justru mengambil langkah lain dan keluar dari jalur, yakni tidak hanya membenamkan satu, namun membenamkan dua layar sekaligus di produk laptopnya. Kedua layar ini memiliki penampang yang sama, yakni sama-sama membawa layar dengan ukuran 11.6 inch, satu berada di dalam penutupnya di mana sama dengan laptop kebanyakan, dan satunya lagi sudah bisa Anda tebak. Ya, Asus membenamkan satu lagi layarnya di bagian luar penutup dari laptop ini. Namun hanya layar bagian luar saja yang memiliki kemampuan layar sentuh dan mengkilap, sementara layar yang berada di bagian dalam hanya berwarna Matte. Dan seperti yang Anda harapkan dari layar IPS, layar IPS ini akan tampak hebat dan bahkan teknologi kaca sentuhnya mendukung untuk dikendalikan oleh stylus.

Desain back-to-back adalah kunci dari kemampuan Taichi untuk bertranformasi dari laptop ke tablet dan sebaliknya. Tidak seperti produk lainnya yang bisa memutar, melipat dan flip ketika Anda ingin mengubah bentuk laptop tersebut. Namun tidak untuk Taichi, Anda hanya tinggal menutupnya, maka Anda sudah bisa menggunakan laptop tersebut sebagai tablet namun dengan berat Ultrabook. Memang tidak ada masalah pada berat, pasalnya Ultrabook memiliki berat yang ringan meskipun untuk kategori tablet masih merupakan masuk hitungan berat.

Dan itulah yang membuat Taichi berbeda dari produk lainnya, produk ini menarik dan di sisi lain mungkin juga bisa membingungkan bagi para penggunanya. Asus telah membenamkan perangkat lunak yang telah custom dan keyboard shortcut yang memungkinkan pengguna beralih di antara mode tampilan yang berbeda. Selain penggunaan satu layar dasar (seperti laptop dan sebagai tablet) Anda dapat memiliki konten yang sama dan ditampilkan di kedua layar (mirroring). Dan Mode yang terakhir adalah untuk memilih layar yang lainnya sebagai layar extended atau sebagai layar kedua.

Karena Anda benar-benar tidak bisa melihat apa yang ada di layar luar, tak perlu khawatir, Anda masih bisa melihat apa yang ditampilkan para layar bagian luar dengan sebuah software khusus yang disediakan oleh Asus yang mana bisa Anda lihat pada jendela kecil di desktop Anda.

Selain memiliki desain yang unik, Taichi tidak berkompromi pada pengalaman penggunaan laptop. Asus menghadirkan tuts keyboard yang berukuran penuh dan tidak sempit serta touchpad yang tepat. Asus Taichi disediakan dalam dua versi, versi dengan chip Core i5 atau Core i7 dengan RAM sebesar 4GB dan SSD hingga 256GB.

Meskipun memiliki layar ganda di produknya, namun Taichi memiliki berat yang tergolong ringan, yakni hanya 1.25 kg, beratnya hampir sama dengan Lenovo IdeaPad Yoga yang juga menggunakan prosesor Nvidia Tegra 3.

Kesimpulan

Dengan mematok harga sebesar S$2.698 atau setara dengan Rp 21 jutaan untuk versi Core i7, hampir sama dengan produk dari Apple dan Sony. Bahkan untuk Windows 8, Taichi memiliki banderol harga yang cukup mahal. Dan penambahan layar sekunder pada laptop ini pun masih diragukan penggunaannya untuk para pengguna. Dan layar tambahan kemungkinan akan kurang dimanfaatkan.

Namun Asus belum berkomitmen kapan rencananya Asus Taichi ini akan diluncurkan secara resmi. Dan tentu saja kehadiran laptop unik ini akan dinanti oleh para penggemar gadget yang unik di tanah air. [PY]