Android dibawah 2 juta

26 Nov 2012 15:30 | Hits: 7567

Komparasi Handphone Android Dibawah 2 Juta - Xperia Miro Vs Defy Mini

Komparasi Handphone Android Dibawah 2 Juta - Xperia Miro Vs Defy Mini

Semakin meluasnya popularitas handphone Android di kalangan masyarakat membuat para vendor handphone berlomba-lomba untuk membuat berbagai macam tipe handphone Android. Salah satu jenis handphone Android yang laris di pasaran adalah handphone kelas menengah kebawah yang didominasi oleh handphone Android dibawah 2 juta. Handphone Android murah tersebut banyak diburu oleh masyarakat karena selain harganya yang terjangkau, performa dari handphone tersebut pun tidak kalah dari hanphone Android yang lebih mahal harganya.

Pada kesempatan ini, Paseban akan mengulas perbandingan 2 handphone Android yang dibanderol dengan harga dibawah 2 juta, yaitu Sony Xperia Miro dan Motorola Defy Mini

Desain dan Dimensi

Seperti halnya handphone besutan Sony yang lain, Xperia Miro juga memiliki desain body yang cukup dinamis dan futuristik dengan ukuran 113 x 59.4 x 9.9 mm dan bobot 110 gram. Di bagian bawah handphone ini juga terdapat garis transparan yang merupakan ciri khas jajaran handphone Xperia keluaran 2012.

Sementara itu, Motorola Defy Mini memiliki dimensi sebesar 109 x 58.5 x 12.6 mm dan memiliki berat total sebesar 107 gram. Handphone ini yang dilengkapi dengan kemampuan anti air ini memiliki desain candybar dengan sudut membulat yang membuat Defy Mini terlihat sangat menarik.

Layar

Untuk urusan layar, Xperia Miro mengusung layar LED-backlit LCD capacitive touchscreen berukuran 3,5 inch dengan resolusi 320 x 480 pixels dan kerapatan 165 ppi. Selain itu, Xperia Miro juga dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan multi-touch sebanyak 2 jari.

Defy Mini hadir dengan ukuran layar yang lebih kecil yaitu 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480 pixels. Dengan mengusung layar TFT capacitive touchscreen, handphone ini juga memiliki kerapatan sebesar 180 ppi dan dibekali kemampuan untuk multitouch.

Performa dan Fitur

Handphone keluaran terbaru dari Sony ini mengusung perangkat keras yang cukup mumpuni untuk kelasnya. Terdiri dari prosesor Qualcomm MSM7225A 800 Mhz, pengolah grafis GPU Adreno 200, dan RAM 512 MB. Untuk media penyimpanan, handphone ini mempunyai kapasitas memori internal sebesar 4 GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal MicroSD sampai dengan 32 GB. Untuk system operasi, Xperia Miro menggunakan Android Ice Cream Sandwich (4.0.4) yang direncanakan akan mendapatkan upgrade ke Jelly Bean di tahun 2013.

Untuk akses internet, Miro mampu berjalan di jaringan HSDPA dengan kecepatan 7.2 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps atau Jaringan WiFi 802.11 b/g/n. Saat ini. Xperia Miro dibanderol dengan harga 1,9 juta di pasaran.

Sementara itu, Motorola Defy Mini hanya mengusung prosesor sebesar 600 Mhz dengan kapasitas RAM sebesar 512 MB. Media penyimpan Defy Mini memiliki kapasitas internal sebesar 512 MB, dan dapat ditambah dengan memori eksternal MicroSD hingga 32 GB. Untuk system operasi, Handphone ini dibekali dengan system operasi Ginggerbread yang dapat ditingkatkan menjadi Ice Cream Sandwich.

Sama seperti Xperia Miro, Defy Mini juga dilengkapi dengan kemampuan akses internet di jaringan di HSDPA dengan kecepatan 7.2 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps atau Jaringan WiFi 802.11 b/g/n. Defy Mini dibanderol dipasaran dengan harga Rp 1.950.000.

Kamera

Dari segi kamera Xperia Miro dibekali dengan kamera sebesar 5 MP, 2592 x 1944 pixels yang dilengkapi dengan LED Flash. Sayangnya, untuk merekam video Xperia Miro belum dapat merekam dengan kualitas High Definition karena hanya dibekali dengan kemampuan merekam video dengan kualitas VGA. Untuk kebutuhan video call, terdapat sebuah kamera sekunder di bagian depan dengan resolusi.

Di sisi lain, Motorola Defy Mini dilengkapi dengan kamera 3,15 MP dengan resolusi 2048x1536 pixels dan dilengkapi dengan LED flash. Kamera tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi VGA. Selain itu, terdapat kamera sekunder di bagian depan untuk kebutuhan Anda dalam melakukan video calling.

Kesimpulan

Hasil dari komparasi di atas menggambarkan bahawa Xperia Miro memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan Defy Mini. Namun semuanya bergantung dengan selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan Handphone Android dengan performa dan kamera yang baik maka Xperia Miro menjadi pilihannya. Namun jika Anda menginginkan handphone dengan ukuran yang lebih kecil agar nyaman di genggaman, maka Motorola Defy Mini menjadi pilihan yang pas buat Anda. [GAN]