IMO Tab Z6

23 Nov 2012 11:30 | Hits: 4277

IMO Tab Z6 - Tablet Lokal Sejutaan dengan ICSdan TV Tuner

IMO Tab Z6 - Tablet Lokal Sejutaan dengan ICSdan TV Tuner

Menggeliatnya pasar telekomunikasi tidak hanya terpaut pada sektor ponsel saja, namun pertumbuhan tablet bisa dibilang masih menunjukan tren yang baik. Pemainnya pun bukan hanya terbatas pada pabeikan top kelas atas, namun juga ada beberapa vendor lokal yang bersiap memasuki persaingan sengit tersebut. Hal yang senada ditunjukan oleh IMO yang kali ini berani menghadirkan tablet Android TV murah dengan kisaran harga yang hanya sejutaan saja. Penasaran seperti apa kemampuan tablet IMO ini? Simak review IMO Tab Z6 oleh Paseban berikut ini.

Desain

Berbicara soal desain, sepertinya tak banyak pilihan yang bisa di kombinasikan oleh pabrikan tablet. Pasalnya hanya terlihat bentuk tablet standar berbentuk persegi panjang yang cendurung beredar banyak di pasaran tanah air. Tercatat hanyalah tablet keluaran Sony yang memiliki bentuk sedikit berbeda dengan mengadopsi bentuk lipatan buku. Begitu pula yang terjadi pada IMO, tablet lokal ini tak berbeda dari tablet-tablet 7 inch lainnya yang bebentuk persegi panjang. Tablet IMO kali ini memiliki dimensi total 200mm x 114 x 10.5 mm, ukuran yang bisa dibilang pas untuk ukuran tablet biasa.

Layar

Menyinggung mengenai tablet lokal yang dibanderol hanya dengan kisaran sejutaan, tentu kita tidak bisa berharap banyak pada fitur-fiturnya. Lihat saja keterbatasan layar yang dimiliki IMO terlihat kurang memadai dengan hanya memiliki resolusi kecil 800 x 600 piksel. Namun beruntungnya layar tersebut telah dipersenjatai oleh teknologi kapasitif, teknologi yang sebenarnya jarang digunakan oleh pabrikan lokal demi menekan biaya. Dengan kehadiran layar kapasitif tentu sensivitas yang dihasilkan sudah bisa dikatakan baik, terlebih lagi multi touch yang ditawarkan oleh IMO cukup menarik karena mampu mengakomodasi 5 sentuhan jari sekaligus. Layar yang dianut oleh tablet Z6 ini adalah ukuran layar 7 inch, ukuran layar yang dirasa cukup untuk orang-orang yang beraktivitas lebih dan mobile.

Kamera

Jika saat ini Anda mungkin telah terbiasa mendapati resolusi kamera ekstra mulai 8 megapiksel hingga 16 megapiksel sekalipun, namun Anda harus melupakan mimpi tersebut. Ya, IMO Tab Z6 hanya dibekali kamera standar 2 megapiksel yang menyantol pada bodi belakangnya. Bagi Anda yang suka fotografi tentu akan merasa kekurangan dengan resolusi tersebut, apalagi kehadiran kameranya juga tanpa lampu flash. Satu lagi tambahan kekurangan tablet ini, kamera sekunder yang biasa digunakan untuk video call juga absen kali ini. Dengan beberapa kekurangan fatal pada sektor kamera ini, wajar saja jika banderolnya cukup miring.

Performa

Beralih ke sektor berikutnya, IMO kali ini cukup menawan jika dibandingkan harganya yang sejutaan. IMO menhadirkan prosesor cukup baik yakni Cortex A8 1.2 GHz yang dirasa cukup untuk mengeksekusi berbagai perintah yang tidak begitu berat. Selain itu, untuk mengakomodasi eksekusi aplikasi maka IMO memberikan besaran RAM yang cukup lega, yakni sebesar 512 MB. Anda pun sekali lagi dimanjakan dengan kehadiran memori internal sebesar 4 GB, cukup besar untuk kelas tablet lokal. Belum sampai disitu saja karena tablet IMO kali ini secara default membawa sistem operasi ICS 4.0.3, meskipun bukan yang terbaru namun sistem operasi ini dirasa cukup mumpuni.

Baterai

Kehadiran baterai pada setiap perangkat mobile bisa dikatakan merupakan hal yang terpenting, tanpa hadirnya baterai yang memadai tentu fitur0fitur yang ada akan terasa tidak berguna. Apalagi pada perangkat tablet yang dirasa cukup boros daya, kehadiran baterai dengan kapasitas besar sudah merupakan barang wajib yang harus dimiliki. IMO sadar akan hal tersebut karena membekali perangkat ini dengan kapasitas yang cukup besar yakni 4200 mAh. Angka yang cukup fair mengingat tablet ini memiliki fitur TV tuner yang kebanyakan boros daya.

Kesimpulan

Meskipun masih banyak memiliki kekurangan, namun IMO Tab Z6 memiliki kelebihan pada sektor performa, dengan kisaran harga Rp 1250.000 tentu fitur-fitur yang sudah dibahas sebelumnya sangatlah pantas. Belum lagi fitur TV Tuner yang juga tersemat didalamnya. Anda yang memiliki budget terbatas tentu tak perlu ragu untuk memilliki gadget lokal yang satu ini. [IQ]