Program Aplikasi Open Source

20 Nov 2012 12:30 | Hits: 19017

Lima Pilihan Program Aplikasi Open Source Database Terbaik

Lima Pilihan Program Aplikasi Open Source Database Terbaik

Pengertian basis data atau biasa orang-orang menyebutnya database sangatlah beragam. Basis data atau database secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan data yang terkomputerisasi, diatur dan disimpan menurut salah satu cara yang memudahkan pengambilan kembali, sehingga memungkinkan data-data tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat. Tujuan utama dalam sebuah pengolahan data pada sebuah basis data sendiri adalah agar Anda dapat menentukan kembali data (data yang dicari) dengan mudah dan cepat.

Di samping itu, pemanfaatan data untuk pengolahan data juga memiliki tujuan-tujuan tertentu. Bagi Anda yang tertarik belajar programer komputer, tentunya pemilihan penggunaan basis data atau memilih jenis database apa yang akan digunakan adalah sangat penting, maka dari itu Paseban akan mencoba mengulas lima pilihan program aplikasi open source database terbaik yang sering dipergunakan

MySQL

MySQL merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipergunakan untuk membuat database yang bersifat terbuka atau open source, selain itu aplikasi ini dapat berjalan disemua platform baik Linux maupun Windows. MySQL sendiri merupakan program pengakses database yang bersifat networking sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (bisa digunakan oleh banyak pengguna), MySQL merupakan aplikasi yang paling populer di kalangan para pengembang bahasa pemrograman PHP dan banyak digunakan untuk situs web, aplikasi web dan layanan online lainnya.

PostgreSQL

Aplikasi database terbaik lainnya adalah PostgreSQL, PostgreSQL merupakan sebuah aplikasi sistem basis data yang bisa Anda sebarluaskan dan dipergunakan oleh semua pengguna komputer secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi database yang paling banyak digunakan saat ini, selain bersaing dengan MySQL serta Oracle. Aplikasi PostgreSQL sendiri menawarkan berbagai macam fitur dan menu yang berguna untuk sebuah pembuatan basis data. Fitur-fitur unggulan yang disediakan dan ditawarkan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster dan lain-lain.

Sistem basis data pada PostgreSQL merupakan sebuah sistem database yang cukup kuat dari segi keamanan data, aplikasi database open source ini memiliki pengalaman dan juga pengembangan aplikasi lebih dari 15 tahun dan sudah terbukti segala rancangan arsitektur databasenya telah mendapat reputasi yang kuat, handal, integritas data yang baik, serta keakurasian datanya yang baik. PostgreSQL tersedia untuk berbagai macam platform sistem operasi seperti Mac, Windows, Solaris dan juga Linux.

SQLite

SQLite merupakan sebuah basis data mandiri (standalone) yang dapat berjalan pada berbagai sistem operasi dan juga dapat dipergunakan pada berbagai macam arsitektur dan platform hardware, dari mulai perangkat bergerak hingga Apple Macbook. Keuntungan dan kelebihan dari penggunaan SQLite adalah pada kemampuan serta portabilitasnya yang sangat minim penyertaan file library, aplikasi ini cukup menyertakan API dari SQLite sendiri dan wrapper untuk masing-masing bahasa pemrograman.

Aplikasi SQLite merupakan sebuah aplikasi embedded SQL database, dimana artinya tidak seperti pada aplikasi database SQL lainnya yang membutuhkan server untuk memproses database, SQLite akan membaca dan juga menulis langsung file pada disk lengkap dengan tabel, trigger, views, dan indeces.

Adapun cara untuk membuat database pada aplikasi SQLite adalah dengan mempergunakan Command Line (CMD) ataupun dengan GUI (Graphical User Interface) dengan bantuan dari aplikasi Management Tool, pada saat ini cukup banyak SQLite Management Tool yang dapat Anda pergunakan secara gratis maupun yang berbayar. Berikut ini adakah SQLite Management Tool yang dimaksud:

  • SQLite Manager for Firefox

    Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi Add-ons untuk firefox, dengan menggunakan Add ons firefox SQLite Manager Anda bisa mengatur dan juga mengelola database SQLite, dengan simpel dan mudah dalam pembuatan database, table, dan juga record cukup install add ons nya pada link berikut ini lalu restart firfox Anda kemudian klik Tool lalu SQLite Manager

  • SQLite Database Browser

    SQLite Database Browser adalah sebuah tool yang open source serta cukup mudah digunakan, selain itu aplikasi ini juga mendukung SQL Query

  • SQLite Administrator

    Tool ini sangat powerfull dengan tampilan antarmuka yang bisa dimengerti oleh semua pengguna sehingga akan mudah dalam penggunaanya.

  • SQLite Studio

    Tool ini memiliki fitur-fitur yang cukup bisa diandalkan,mendukung sqlite2 dan sqlite3

  • SQLite Expert Personal Edition

    Tool dengan tampilan yang menarik dan sangat powerfull, lebih lengkapnya tentang fitur silahkan Anda kunjungi websitenya

Oracle Berkeley DB (Oracle)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Oracle, Berkeley DB menyediakan jasa penyimpanan dasar untuk aplikasi yang Anda buat. Berkeley DB API tersedia di hampir semua bahasa pemrograman termasuk ANSI-C, C++, Java, C #, Perl, Python, Ruby dan Erlang.

A program accessing the database is free to decide how the data is to be stored in a record. Berkeley DB puts no constraints on the record's data. The record and its key can both be up to four gigabytes long. Note that Berkeley DB is not a full DBMS.

Sebuah program yang telah dibuat akan dapat mengakses database secara bebas untuk memutuskan bagaimana data akan disimpan dalam sebuah rekaman data (record). Aplikasi ini dapat menyimpan data-data dan juga laporan pada database sebanyak 4 GB, Klik di sini jika anda berminat.

Firebird

Firebird merupakan salah satu aplikasi database yang lebih lengkap dari pada fitur pada MySQL, tidak seperti pada PostgreSQL yang selalu dapat dijalankan dan bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows maupun Linux dan lainnya seperti 'varian Nix. Firebird menyediakan banyak fitur yang tersedia dalam database komersial, termasuk stored procedures, triggers, hot backups (backup sementara database berjalan). Firebird Database datang dalam dua variasi, server klasik dan server super.

Beberapa kemampuan dari open source DBMS ini antara lain :

  • Firebird dapat mendukung transaksi layaknya pada penggunaan aplikasi database berbayar lainnya. Pada sebuah proses transaksi aplikasi Firebird bisa di-commit atau di-rollback dengan mudah. Bahkan Firebird sudah mendukung fitur savepoint pada suatu transaksi dan Anda bisa melakukan rollback kembali ke savepoint yang Anda tentukan tadi (hal ini mirip seperti fasilitas pada aplikasi Oracle).

  • Firebird menggunakan sintaks standar untuk membuat sebuah foreign key.

  • Firebird mendukung row level locks, secara default Firebird menggunakan apa yang disebut dengan multi-version concurrency system. Artinya semua session pada database akan melihat data-data lama hingga data baru yang di-commit ke dalam database. Sebagai alternatif untuk proses locking juga dapat dipergunakan perintah select,for, update, with, dan lock.

  • Firebird mendukung stored procedure dan juga triggers dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak membingungkan bagi Anda yang ingin belajar. Triggers pada Firebird mirip Triggers pada Oracle yaitu menggunakan before atau after insert, update atau delete.

  • Firebird dapat melakukan proses replikasi, teknik replikasi yang dimaksud adalah seperti konsep trigger yang selalu memonitor adanya operasi insert, update atau delete ke dalam database.

  • Firebird support dengan multiple data file, hal ini akan sangat berguna bagi para DBA (Database Administrator) untuk mengadministrasi sebuah atau beberapa database.

  • Library connection pada aplikasi Firebird sudah terdapat driver untuk ODBC, JDBC bahkan .NET database provider.

Demikianlah ulasan Paseban mengenai pilihan macam-macam aplikasi database terbaik, yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi Anda yang ingin melakukan proses pembuatan basis data untuk membangun sebuah aplikasi desktop ataupun web. [AG]