Aplikasi Komputer Gratis

19 Nov 2012 13:00 | Hits: 6012

Pilihan Aplikasi Komputer Gratis Pengontrol Temperatur

Pilihan Aplikasi Komputer Gratis Pengontrol Temperatur

Mengapa komputer bisa cepat panas? Dan juga biaanya jika terlalu panas komputer atau laptop tersebut akan mati sendiri?, Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer atau laptop menjadi overheating atau terlalu panas, baik itu dari segi perangkat keras maupun juga dari pengaturan aplikasi-aplikasi yang ada pada komputer Anda. Sedangkan jika komputer ataupun laptop Anda mati sendiri juga salah satu penyebabnya adalah karena terlalu panas.

Komputer Anda mungkin akan terdengar sedikit lebih keras suaranya, terutama pada saat musim panas karena kipas pendingin yang berada atau tertanam pada komputer atau laptop Anda berjalan pada kecepatan maksimum. Masalah ini sebagian besar disebabkan karena komputer atau laptop tersebut tidak terdapat pengaturan kecepatan kipas serta tidak dikonfigurasi secara baik, sehingga kipas tersebut berjalan selalu pada kecepatan maksimum.

Lalu bagaimanakah solusi untuk mengatur kecepatan kipas atau temperatur pada komputer Anda ?. Anda dapat menggunakan aplikasi komputer gratis pengatur temperatur pihak ketiga Windows untuk mengontrol kecepatan kipas Anda sesuai dengan kebutuhan dan suhu yang terjadi pada komputer maupun laptop Anda. Jenis aplikasi ini akan bekerja untuk memonitoring suhu untuk PC Anda, sehingga Anda bisa memantau kapan harus mengistirahatkan komputer Anda tersebut jika diaras sudah terlalu panas, tentunya Anda tidak ingin bukan komputer atau laptop Anda cepat rusak? , dengan ulasan aplikasi-aplikasi yang Paseban berikan kali ini Anda juga bisa menyesuaikan kecepatan dari kipas yang berada pada komputer atau laptop Anda

Speed Fan

Speed Fan adalah sebuah aplikasi pengatur temperatur yang sudah cukup lama dan dipercaya untuk memantau tegangan, suhu dan kecepatan kipas. Aplikasi ini akan bekerja secara efisien dengan menampilkan suhu temperatur pada Disk drive Anda. Aplikasi ini akan bekerja secara sempurna pada sistem Windows dengan teknologi 32-bit dan juga Windows 64-bit SpeedFan seperti pada Windows 9x, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows 2003, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan juga pada Windows 8, Anda dapat mempergunakan aplikasi ini untuk mengatur serta mengkonfigurasi kecepatan kipas komputer, serta dapat mengakses mengakses sensor suhu secara digital.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, Speed Fan dapat Anda dapatkan secara gratis pada link berikut ini dan mengunjungi situs resminya pada alamat berikut ini untuk update terakhir dan juga informasi lainnya.

Core Temp

Core Temp adalah sebuah aplikasi pengatur temperatur alternatif gratis lainnya untuk dipergunakan sebagai pemantau suhu prosesor, selain itu aplikasi ini akan menampilkan sejumlah informasi mengenai model prosessor yang ada pada laptop maupun komputer Anda yang secara terpisah dapat menampilkan suhu dari masing-masing inti prosesor di komputer Anda. Inti suhu prosessor juga dapat menampilkan statistik suhu dengan membaca nilai dari sensor suhu digital. Selain itu, suhu inti ini nantinya akan disesuaikan untuk mendukung plugin yang dapat membantu untuk memperluas serta mengoptimalkan kinerja suhu pada laptop maupun komputer Anda.

Core Temp dapat dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows 2003, Windows Server, Windows Vista, Windows 2008 Server (R2), Windows 7, Windows Server 2012, dan juga Windows 8. Dengan prosessor Intel, AMD atau VIA dengan teknologi x86 (32-bit). Aplikasi Core Temp bisa Anda download secara gratis pada link berikut ini.

Open hardware Monitor (Windows/Linux, free)

Open Hardware Monitor adalah sebuah aplikasi pemantau suhu terbaik lainnya, dengan aplikasi ini Anda akan diberikan beberapa informasi penting seputar suhu digital pada prosessor, motherboard, , menampilkan suhu dari graphic card, dan juga suhu hardisk Anda secara terpisah yang tentunya akan memudahkan Anda untuk mengetahui dan memantaunya.

Aplikasi Open Hardware bersifat portable, jadi Anda tidak perlu melakukan proses instalasi pada komputer maupun laptop milik Anda, jika ingin memantau berap besar suhu prosessor, VGA, maupun hardisk, Anda hanya tinggal menjalankan aplikasi ini. Silahkan download secara gratis aplikasi Open Hardware Monitor pada link berikut ini

8kfanGUI

8kfanGUI adalah salah satu aplikasi pengontrol temperatur komputer dan laptop yang gratis lainnya, pada aplikasi ini Anda mendapatkan berbagai macam pengaturan suhu prosossor pada laptop Anda dengan lebih mendetail, Sayangnya aplikasi ini hanya bisa dipergunakan pada komputer dengan platform Dell, jika Anda tertarik Anda bisa mengunduh aplikasi ini serta melihat komputer atau notebook apa saja yang mendukung pada aplikasi ini, silahkan klik link berikut pada link berikut ini.

Demikianlah ulasan aplikasi yang dapat Paseban berikan, Pilihlah aplikasi yang Anda rasa cocok dengan komputer maupun laptop Anda, dan semoga Anda bisa lebih memperhatikan komputer atau laptop Anda agar tidak cepat rusak. [AG]