Sistem Operasi Komputer

19 Nov 2012 12:00 | Hits: 4655

Empat Daftar Sistem Operasi Komputer yang Terlupakan

Windows, Linux, dan OSX, mungkin ketiga ini merupakan pilihan sistem operasi komputer yang sedang Anda gunakan salah satunya. Namun ketiga sistem operasi komputer tersebut bukanlah satu-satunya sistem operasi yang berada di bumi saat ini. Selain ketiga sistem operasi tersebut, sebenarnya masih ada sistem operasi lainnya yang mungkin belum pernah Anda dengar. Dahulu pernah ada sejumlah besar sistem operasi dalam berbagai tahap pembangunan dan sering tertutup namanya oleh Windows yang mana lebih unggul dan lebih diterima oleh masyarakat pada kala itu.

Maka pada ulasan kali ini, Paseban akan mengajak para pembaca untuk menelusuri kembali daftar sistem operasi yang pernah terlupakan bahkan belum pernah di dengar sebelumnya oleh para pengguna komputer di belahan bumi lain. Berikut ulasannya.

BeOS

Pada saat Windows dan Mac OS berjuang mengenalkan produksinya, dan Linux bahkan belum sama sekali di pahami, BeOS menawarkan sebuah alternatif yang mana dirancang untuk multimedia, mulititasking dan filesystem 64 bit yang mana sistem operasi ini menawarkan tampilan antar muka yang sangat bersih. Dengan roots yang mana di miliki oleh BeBox hardware, sistem diperluas untuk mencakup daya dari Power PC yang mana pada saat itu dimiliki oleh Mac dengan harapan bahwa Apple mungkin menerimanya untuk menggantikan MacOS. Setelah negosiasi terhenti, Apple beralih menggunakan NeXTSTEP yang mana kembali membawa pendiri perusahaan, Steve Jobs. Hal yang berbeda pasti akan terjadi ketika Apple berjalan bersama BeOS dan Steve tidak pernah kembali ke perusahaannya.

BeOS juga mengekspansi sistem operasinya ke versi x86 yang akhirnya merilis versi gratis yang mana juga dapat diluncurkan dari dalam Windows pada tahun 1998 yang disebut dengan BeOS Personal Edition - meskipun hal ini dinilai terlambat untuk menyelesaikan perusahaannya. Jika Anda tertarik untuk mencoba sistem operasi ini, sistem operasi ini telah di re-implementasikan dengan membawa open source secara penuh dalam proyek Haiku. Untuk melihat dan mencobanya, Anda bisa langsung pergi ke sini.

IBM OS/2

Bersama-sama dikembangkan oleh Microsoft dan IBM dan kemudia IBM mengerjakan sistem operasi ini sendirian, OS/2 memiliki sejarah perkembangan yang bervariasi, tetapi untuk ulasan kali ini hanya berfokus kepada OS/2 Warp 4 yang diluncurkan pada tahun 1996 yang mana berpura-pura menjadi versi final. Denga versi yang dirancang untuk bersama-sama berjalan bersama Windows, OS/2 mampu menjalankan aplikasi Windows dengan memanfaatkan kernel Windows dalam mode kompabilitas yang unik, seperti Anda dapat menggunakan WINE hari ini pada sistem operasi Linux.

Di Inggris, CD Demo didistribusikan berisi OS penuh yang mana dengan sengaja dan bisa dengan mudah atau bahkan sengaja "cracked” yang mana secara luas diyakini sebagai cara bagi IBM untuk meningkatkan jumlah pengguna dan dengan demikian merangsang pengembangan aplikasi. Meskipun secara teknis lebih unggul dibandingkan dengan Windows 95, IBM berfokus kepada pasar korporasi dan tidak memiliki penetrasi untuk pengguna rumahan, yang mana akhirnya sistem operasi ini menemui titik akhir perjuangannya di dunia sistem operasi.

IRIX

Sebuah sistem yang berbasis Unix yang mana dikembangkan oleh Silicon Graphic yang mana secara eksklusif diciptakan sebagai perangkat high end untuk para arsitektur. Sistem operasi ini akan mudah dikenali dari perangkatnya yang unik dan warna yang tebal. Perangkat ini memang diberikan untuk mereka yang mendalami desain grafis, grafis 3D dan animasi untuk kebutuhan pekerjaannya sebagai animator atau seorang arsitektur yang mana diharapkan untuk mendominasi animasi dan industri visualisasi ilmu pengetahuan. Sistem operasi ini diberhentikan produksinya pada tahun 2006 yang diikuti perpindahannya ke RedHat Linux, namun komunitas kecil tetap mendukung IRIX yang bisa Anda temui pada link berikut.

ReactOS

Dikembangkan secara gratis, yang mana juga sangat kompabilitas digunakan untuk Windows, React selalu ditakdirkan untuk menjadi sistem operasi yang usang bahkan sebelum sistem operasi ini rampung dikerjakan. Setelah usaha yang gagal untuk mengkloning Windows 95 yang terhenti pada tahap desain, pengembangan ReactOS dimulai pada tahun 1998 sebagai tiruan dari Windows 98. Versi terakhir Alpha telah diluncurkan pada Februari tahun ini. Bagi para pembaca yang ingin mencoba sistem operasi ini, bisa langsung menuju ke sini.

Dengan tampilan yang mirip dengan Windows 98, sepertinya Sistem Operasi ini tidak akan menyesatkan para penggunanya. [PY]