Printer Canon Pixma

16 Aug 2013 15:30 | Hits: 2175

Canon Pixma E600 - Printer Canon Pixma Multifungsi dengan Teknologi FINE Cartridge

Canon Pixma E600 - Printer Canon Pixma Multifungsi dengan Teknologi FINE Cartridge

Canon merupakan salah satu produsen printer yang terkenal dengan berbagai macam printer handalnya. Perusahaan asal jepang tersebut selalu mampu menghadirkan printer berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Salah satu printer all in one jempolan buatannya adalah Canon Pixma E600 yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Printer ini mampu membuat para pemiliknya berdecak kagum dengan kuaitas serta performa yang disuguhkannya. Lantas seperti apakah performa dan spesifikasi yang disuguhkan oleh printer ini? Simak ulasan Paseban berikut ini.

Desain dan Fitur

Desain luar printer Canon pixma E600 ini cukup mirip dengan saudaranya, Pixma E610 dengan paduan material glossy dan doff pada body printer. Dengan spesifikasi ukuran dimensi fisik 458 x 385 x 200 milimeter dan berat 8,5 kilogram, printer Canon Pixma all in one ini masih terlihat cukup compact dan mudah ditempatkan diberbagai sudut ruangan rumah maupun kantor.

Printer Canon Pixma E600 yang multifungsi ini juga selain memiliki fitur Print, Scan, dan Copy, juga dilengkapi dengan tinta yang memiliki kapasitas cukup besar, dimana 1 cartridge tinta hitamnya (PG-88) dapat mencetak dokumen ukuran A4 sampai dengan 800 halaman.

Performa

Dari segi perfoma, printer besutan Canon ini termasuk printer yang cukup efektif dan efisien dalam hal kecepatan dan penghematan serta kemudahan setting dan interfacenya. Karena Printer Canon Pixma E600 telah menanamkan teknologi FINE (Full-photolithography Inkjet Nozzle Engineering) yang membuat setiap tetesan tinta keluar secara konsisten, sehingga hasil cetakan menjadi sangat mengesankan.

Printer Canon Pixma E600 ini juga berbasis 4-colors system ink jet (hitam, kuning, merah, magenta) sehingga akan memberikan tingkat penghematan biaya serta waktu dikarenakan penempatan tabung tinta hitam atau cartridge warna hitam yang lebih besar sehingga mampu menyimpan volume tinta lebih banyak. Dan dari sisi aktivitas mencetak, memindai dan menyalin dokumenpun menjadi lebih ringan berkat dukungan Automatic Document Feeder (ADF).

Setup, Speed dan Output Quality

Semenatara itu dari segi setup, printer Canoon Pixma E600 ini termasuk sederharhana dan mudah dipahami dan mudah dijalankan. Pada printer ini telah tersedia setup control wireless dengan tampilan yang cukup user friendly dan mudah untuk dimengerti. Sedangkan dari segi speed, kemampuan mencetak dari printer all in one ini  termasuk bisa dihandalkan karena memiliki kemampuan dapat mencetak foto borderless ukuran 4 x 6 inci dalam waktu 46 detik serta memiliki kecepatan cetak dokumen ukuran A4 berwarna adalah 5,2 ipm (images per minute) dan 8,9 ipm untuk dokumen hitam-putih.

Selain itu, printer Canon Pixma E600 ini memiliki Output Quaity yang sangat baik  karena hasil cetaknya bila menggunakan kertas foto terbaik diklaim mampu bertahan sampai 100 tahun. Selain itu juga , printer all in one ini juga cocok untuk mencetak foto karena menggunakan Canon Hybrid System yang memadukan jenis tinta Dye dan Pigment untuk mendapatkan kualitas cetak yang optimal.

Sebagai catatan untuk cartridge warna CMY, printer ini menggunakan jenis cartridge Canon CL-98 sedangkan cartridge Black-nya menggunakan Canon PG-88 dan  resolusi cetak maksimum printer Canon Pixma  E600 ini mampu mencapai 4800 x 1200 dpi.

Service & Support

Sementara itu dari sisi  service dan support pada printer Canon Pixma E600 telah didikung oleh pihak Canon. Dan juga terdapat layanan service secara online dalam aplikasi printer ini hingga memudahkan pengguna untuk  melakukan berbagai konsultansi, terutama masalah cartridge, driver pendukung dan perangkat pendukung lainnya.   

Harga dan Kesimpulan

Printer Canon Pixma seri E600 ini dibanderol di pasaran sekitar 1,2 jutaan rupiah oleh pihak Canon secara resminya. Dari gambaran spesifikasi printer all in one besutan Canon ini maka dapat disimpulkan bahwa printer ini memang layak dimiliki karena memiliki memiliki daya tampung tinta yang lebih besar secara signifikan yang akan dapat membantu pengguna mengurangi frekuensi pergantian cartridge. Dan hal ini akan membuat proses kerja menjadi semakin efisien, nyaman dan praktis. Selain itu, harganya yang terjangkau juga akan menarik minat banyak kalangan untuk membelinya. [GAN]