Smartfren Andromax

17 Nov 2012 14:00 | Hits: 8356

Smartfren Andromax i AD683G - Handphone Dual Core Sejutaan Plus Dual SIM

Smartfren Andromax i AD683G - Handphone Dual Core Sejutaan Plus Dual SIM

Smartfren yang merupakan suatu operator telekomunikasi hasil gabungan Fren dan Smart kerap kali maluncurkan produk ponsel dengan bundling produk layanannya. Ponsel-ponsel tersebut diberi clan nama yang sama, yakni Andromax. Baru-baru ini operator tersebut meluncurkan generasi terbaru Andromax dengan spesifikasi yang cukup memukau seperti Dual SIM GSM-CDMA plus dual core prosesor. Ponsel yang diberi nama Smartfren Andromax i AD683G itu juga memiliki harga yang cukup murah untuk dijangkau kantong masyarakat Indonesia. Lalu seperti apa kehebatannya? Simak review-nya berikut ini.

Desain

Ponsel yang dibanderol oleh salah satu operator gabungan di Indonesia tetap mencirikan warna yang sudah-sudah, memiliki warna hitam yang terlihat tegas. Bagian mukanya tentu didominasi layar sentuh plus empat panel sentuh dibawahnya, sedangkan ada beberapa tombol pelengkap seperti tombol power di atas dan tombol volume disisi kanan ponsel. Secara keseluruhan ponsel ini memiliki dimensi yang terbilang tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil dengan 125.5 x 64 x 10.8 mm ditambah bobotnya yang seberat 150 gram. Dengan ukuran seperti itu, ponsel ini tentunya masih nyaman digenggam apalagi bahan bagian belakangnya terkesan doff sehingga tidak licin.

Layar

Sektor layar kadang seakan menjadi tumbal bagi ponsel-ponsel ber-budget rendah, namun tidak untuk Smartfren Andromax i kali ini. Memiliki harga yang terbilang cukup murah tidak semata-mata mengurangi kehebatan layar ponsel. Spesifikasinya cukup baik bahkan hampir menyamai ponsel kelas atas. Lihat saja kehadiran IPS Display yang memiliki panjang diagonal 4 inch dengan resolusi WVGA atau 480 x 800 piksel. Layarnya ini juga diperkaya 16 juta warna demi menghadirkan kecerahan dan detil yang maksimal untuk para penggunanya.

Kamera

Sektor berikutnya yang menjadi preferensi bagi pembeli sekaligus menambah nilai dari produk ponsel yang satu ini. Meskipun tidak sehebat ponsel-ponsel kelas atas, namun resolusi kamera yang dibawa oleh Smartfren ini cukup untuk sekedar menjeprat sana-sini. Resolusi kamera sebesar 5MP akan mampu menghasilkan gambar maksimal 2592 x 1944 piksel. Selain itu banyak terdapat menu-menu yang mampu menunjang hasil fotografi seperti scene mode¸ picture size, picture quality, ISO dan masih banyak lagi. Namun ada satu kekurangan fatal dari ponsel ini, yakni ketidakhadiran lampu flash guna membidik gambar yang kurang cahaya. Untuk urusan video calling, kamera sekunder yang tentunya telah terpasang dibagian depan ponsel ini memiliki resolusi 1.3MP.

Performa

Meskipun memiliki harga yang bisa dikatakan cukup murah, hanya sekitar 1 jutaan saja, Anda dapat sedikit merasakan tenaga ponsel kelas menengah atas. Ya bagaimana tidak? Kehadiran prosesor Qualcomm MSM8625 Dual Core 1 GHz ARMv7 mampu mengeksekusi berbagai perintah dengan lebih cepat. Bisa dikatakan prosesor Dual Core sampai saat ini masih diproduksi oleh pabrikan ponsel terkenal dalam produk kelas atas tentunya. Untuk urusan mutitasking, Samrtfren memberikan angka yang terbilang logis, RAM 512MB akan mampu menangani semua operasi aplikasi. Kinerja prosesor dan RAM tersebut akan semakin optimal karena bekerja diatas sistem operasi Android ICS 4.0.4. Lalu apa lagi yang Anda harapkan dari ponsel murah ini?

Baterai

Baterai sejatinya menjadi hal terakhir namun tetap menjadi hal yang paling penting disetiap gadget manapun. Dengan fitur Dual SIM GSM - CDMA plus dual core processor, seperti Smartfren kurang bijak dengan hanya memberikan modal kapasitas baterai sebesar 1630 mAh. Kapasitas tersebut termasuk kecil dan tentunya akan cepat habis ketika sering digunakan. Paseban menilai, baterai yang disematkan harusnya memiliki kapasitas bekisar 1800 - 2000 mAh guna mengakomodasi fitur-fitur maksimalnya.

Kesimpulan

Meskipun hanya memiliki harga sekitar Rp 1,2 juta namun ponsel Smartfren Andromax i sepertinya memang terasa maksimal. Lihat saja fitur GSM-CDMA yang mungkin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, lalu ada teknologi layar yang cukup baik untuk menampilkan gambar detai plus kekayaan warna dan yang tak kalah hebat adalah kehadiran dual core prosesor yang akan menjauhkan citra ponsel ini sebagai ponsel low-end. Untuk semua kelabihan tersebut ponsel ini pantas untuk dimilki.[IQ]