Aplikasi Untuk Komputer

16 Aug 2013 12:15 | Hits: 1409

Kumpulan Aplikasi Untuk Komputer Spesial Enkripsi Data Rahasia

Kumpulan Aplikasi Untuk Komputer Spesial Enkripsi Data Rahasia

Jaminan kerahasiaan data yang masuk klasifikasi konfidensial terkadang menjadi sebuah ketakutan sendiri jika dimasukkan ke dalam hard disk di komputer maupun laptop. Tidak perlu takut, karena saat ini banyak sekali kumpulan aplikasi untuk komputer yang akan membantu proses enkripsi pada file konfidensial tersebut.

Dengan keberadaan aplikasi enkripsi ini, data dan file tersebut setidaknya mendapatkan proteksi ekstra dan terlindung dari oknum tak bertanggung jawab. Berikut ini adalah kumpulan aplikasi untuk komputer yang dimaksud.

TrueCrypt

Aplikasi ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan dari kumpulan aplikasi komputer enkripsi. Untuk menggunakannya, pengguna tidak harus menginstal aplikasi ini, karena TrueCrypt sendiri dapat berjalan sebagai aplikasi portable. TrueCrypt menyediakan layanan yang bisa membuat volume hard disk virtual. Nantinya, volume ini akan dienkripsi lebih lanjut.

Volume virtual yang sudah diproteksi ini pun nantinya sudah dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data konfidensial. Volume virtual yang digunakan sebenarnya adalah partisi dari hard disk yang tersedia. Lalu, TrueCrypt akan membuat sejenis partisi dengan pilihan drive yang sudah ada. Adapun volume virtual yang dibangun dari rekomendasi kumpulan aplikasi komputer ini terbagi menjadi dua jenis. Pengguna dapat memilih jenis hidden maupun visible.

Jenis partisi yang paling mudah dilakukan adalah partisi non sistem. Sedangkan untuk jenis partisi kedua, TrueCrypt langsung melakukan enkripsi pada sistem maupun sistem partisi yang sudah dibuat tadi. Untuk membuat jenis kedua, TrueCrypt dari kumpulan aplikasi komputer ini harus diinstal terlebih dahulu ke sistem komputer yang digunakan.

Konfigurasi lain menyangkut enkripsi dan pengaturan volume virtual dapat dilakukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah pengaturan format disk, setting kapasitas volume virtual yang dibuat, serta penggantian password ketika diperlukan. TrueCrypt dapat didownload secara gratis dan mendukung kerja Windows XP maupun Windows 7.

Portable Remora USB File Guard

Yang berikutnya dari kumpulan aplikasi komputer untuk enkripsi adalah Portable Remora. Aplikasi satu ini berguna untuk mengenkripsi file konfidensial yang disimpan ke dalam drive USB. Aplikasi enkripsi satu ini cukup berbeda, karena hanya menawarkan enkripsi pada sistem drive USB saja. Dengan demikian, Portable Remora USB File Guard tidak perlu diinstal ke sistem komputer dan hanya bertindak sebagai aplikasi portable saja. Sebenarnya, sudah banyak brand dari drive USB yang menawarkan perlindungan serupa terhadap data dalam USB hardware yang dijual. Portable Remora akan meminta pengguna memasukkan password yang sudah diset ke dalam aplikasi portable dari kumpulan aplikasi komputer enkripsi satu ini.

Data yang dimasukkan ke dalamnya nanti akan masuk ke folder terkunci yang diset ke pilihan hidden. Setelah memasukkan password, folder ini akan terbuka dan pengguna dapat mengakses kembali data yang diproteksi tersebut. Portable Remora menjadi salah satu alternatif dari kumpulan aplikasi komputer untuk melindungi data di dalam drive USB.

Private Disk Light

Selain Portable Remora, Private Disk Light menjadi salah satu pilihan kumpulan aplikasi komputer portable untuk memberikan proteksi data konfidensial. Metode yang digunakan aplikasi ini adalah membuat sebuah virtual volume.

Virtual volume yang dibuat oleh aplikasi ini nantinya akan muncul setelah dibuat (seperti sudah dimounting ke sistem dengan label yang sudah ditentukan sebelumnya.) Setting kapasitas pun dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Data enkripsi yang dimasukkan ke dalam virtual volume ini nantinya akan diproteksi dengan password dan user name. Untuk mengaksesnya, Private Disk Light perlu diaktifkan agar mounting otomatis dapat dilakukan dan virtual disk hadir ke system tray dari komputer yang digunakan.

Jika dinonaktifkan, maka virtual volume akan dismounted sendiri, dan hilang dari pilihan drive yang tersedia. Dengan demikian, file konfidensial akan lebih diproteksi dengan modus hidden yang otomatis nyala ketika aplikasi dimatikan. Sifatnya yang portable agak membuat repot, karena pengguna harus menjalankannya dengan opsi “Run as Administrator”. Private Disk Light menjadi salah satu alternatif dari kumpulan aplikasi komputer yang portable dan mampu menghadirkan virtual disk sesuai kebutuhan.

Itu dia beberapa aplikasi yang dapat Anda pilih, sebelum memilih pastikan sistem operasi dan spek komputer Anda mendukung aplikasi-aplikasi tersebut. [BAM]