Handphone Mirip iPhone

12 Nov 2012 12:30 | Hits: 6597

Zophone i5 : Handphone Mirip iPhone 5 yang Tersemat Android ICS

Zophone i5 : Handphone Mirip iPhone 5 yang Tersemat Android ICS

Tidak habis-habisnya membicarakan produk-produk dari Apple. Selain produknya yang mumpuni dan canggih, produk-produk Apple selalu memberikan inovasi yang mencengangkan dunia. Salah satu produk unggulannya adalah iPhone 5 yang baru saja dirilis. Namun tanpa kita duga-duga, smartphone Apple ini memiliki "saudara kembar”. Smartphone kembar namun tak sama itu adalah Zophone i5, smartphone asal Cina yang cukup mencengangkan para pecinta gadget. Berikut Paseban akan mencoba mereview singkat dari handphone mirip iPhone 5 dari Apple ini.

Desain

Desain dari Zophone i5 ini hampir sama dengan iPhone 5. Dari lekukan bodi, desain hingga susunan tombol. Dengan berbahan mirip metal yang kokoh, tidak kalah dengan si saudara jauh iPhone 5 sama-sama menawan dan tampil elegan. Peletakan tombolnya pun sama persis antara kedua smartphone "kembar” ini. Tombol home di tengah bawah bergambar kotak yang agak membulat cirri khas iPhone menghiasi bagian depan. Dan di sisi kirinya terdapat tombol volume untuk membesarkan dan mengecilkan suara. Lokasi earpiece, kamera depan, kamera belakang dan flash pun diletakkan sama persis. Dapat dibilang 2 smartphone ini memiliki desain yang hampir sama. Atau mungkin bisa dibilang serupa. Di bagian back covernya, Smartphone Cina ini seperti mengganti logo Apple dengan logo bertuliskan "ZO” dari Zophone. Dan mengganti tulisan iPhone dengan "Zophone”. Selain itu tulisan-tulisan kecil di back covernya sama dan terlihat identik. Selain itu perpindahan dari warna metal ke warna putih dari casingnya pun sama.

Layar

Layar yang diusung si Smartphone Cina ini menggunakan layar sebesar 4 inch beresolusi 1136 x 640 pixel. Layar yang sama dengan yang digunakan di iPhone 5. Namun smartphone Apple ini masih jauh lebih unggul karena telah ditanamkan teknologi LED-backlit IPS TFT dan kacanya dilindungi pula oleh Gorilla Glass. Sehingga tampilan iPhone 5 ini jauh diatas si kembar dari Cina ini. Teknologi layar pada iPhone 5 memiliki ratio 16 : 9 sehingga tampilan pada layar smartphone Apple ini tampak memanjang dan besar. Sehingga baris aplikasi yang tertampil bisa sampai 5 baris.

Performa

Performa dari Zophone i5 ini ditunjang dengan prosesor dual-core Mediatek MT6577 sebesar 1.2 Ghz dan RAM sebesar 1 GHz. Selain perbedaan teknologi dan kualitas, Zophone i5 ini tidak menggunakan sistem operasi iOS layaknya iPhone. Namun sistem operasi yang digunakan adalah Android milik Google. Jika dibandingkan dengan spesifikasi iPhone 5 yang tertanam prosesor A6 dual-core dan RAM sebesar 1 GB, maka Zophone tertinggal jauh dibawah ditambah dengan performa iOS 6 yang mumpuni.

Kamera

Smartphone dari negeri ginseng ini menggunakan kamera beresolusi 8 MP. Kualitas kamera tersebut sama dengan iPhone 5 yang dibesut Apple tersebut. Tentu saja kualitas gambar yang dihasilkan jauh berbeda. Kualitas gambar yang dihasilkan iPhone 5 tentu tidak diragukan lagi ditambah dengan kualitas layar yang apik. Kemampuan kamera yang ditingkatkan oleh Apple di iPhone 5 ini adalah kemampuannya menangkap gambar dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga menentukan kualitas. Zophone i5 dibanderol sekitar 1.9 juta rupiah yang dimana dibawah setengah harga dari iPhone 5. Meskipun semua hal yang dimiliki smartphone negeri ginseng "sama” dengan yang dimiliki oleh iPhone 5, namun semua kembali ke kualitas. Desain yang dimiliki oleh kedua saudara kembar ini sama persis. Dari segi bahan chasis, perpaduan warna, peletakan tombol-tombol letak earpiece, letak logo dan tulisan-tulisan yang ada di back cover. Meskipun dari display sama persis, terdapat perbedaan di kualitas resolusi layar, kualitas prosesor, performa dan kinerja sistem, sistem operasi yang digunakan dan Merk yang melekat. Semua kembali ke Anda sebagai pengguna. Jika anda pecinta gadget yang hanya memiliki budget minim, namun ingin merasakan sensasi dari iPhone 5, maka Zophone i5 ini patut Anda coba.[RND]