Software Penting Komputer

11 Nov 2012 15:00 | Hits: 2929

Enam Software Penting Komputer yang Justru Jarang Digunakan

Enam Software Penting Komputer yang Justru Jarang Digunakan

Ketika kita berselancar di dunia maya, tentu kita harus mengetahui dampak terhadap keamanan komputer. Beberapa orang memiliki rasa khawatir terhadap adanya malware, dan untuk mencegahnya para pengguna komputer akan menggunakan program antivirus dalam menghadapi masalah keamanan tersebut.

Program antivirus merupakan salah satu program komputer yang sering dan akan terus kita gunakan. Bagaimanapun juga selain program antivirus tersebut, banyak Software komputer penting yang lain untuk kita gunakan. Di lain pihak, ada beberapa program komputer yang jarang kita gunakan, namun penting saat hal-hal tertentu terjadi. Berikut Paseban menampilkan program komputer yang jarang digunakan, namun sejatinya dapat lebih membantu pekerjaan Anda dalam menggunakan komputer, mengamankan data, menstabilkan sistem, dan penggunaan komputer yang lebih lancar.

Program BackUp

Program BackUp memang sudah tidak menjadi rahasia lagi, dan banyak orang mengetahuinya. Namun, banyak pengguna komputer yang tidak khawatir terhadap data yang ada di komputernya, sehingga program BackUp jarang untuk digunakan. Padahal BackUp sangat penting untuk dilakukan.
Berikut alasan mengapa menggunakan program BackUp:

  • Anda akan selalu mempunyai copy data jika terjadi sebuah kasus data Anda rusak atau hilang.

  • Data Anda sangat bernilai, dengan BackUp, Anda tidak akan membuang waktu untuk memperbaiki kerusakan data atau data yang hilang

  • Istilah sedia payung sebelum hujan berlaku dalam hal ini. Jika terjadi suatu hal di luar perkiraan Anda, maka Anda akan mengetahui pentingnya Program BackUp.

Password Manager

Password Manager memang jarang digunakan oleh pengguna komputer. Namun, sekarang mulailah untuk memakai password manager. Dengan menggunakan password yang berbeda-beda pada setiap akun dan kadang-kadang menggantinya, hal tersebut dapat melindungi Anda dari hacker dan akses dari orang yang tidak Anda inginkan.
Berikut alasan mengapa menggunakan program Password Manager:

  • Menyempurnakan keamanan melalui password dan melindungi dari hacker

  • Kejadian tiba-tiba bisa terjadi pada komputer seperti serangan hacker. Password manager

akan senantiasa melindungi komputer Anda.

Driver atau Software Update

Seperti disebutkan di awal, beberapa pengguna komputer akan khawatir terhadap serangan virus dan ancaman lain ketika berselancar di dunia maya. Dan nyatanya setiap program memiliki lubang yang bisa dimasuki hacker. Ketika banyak program komputer yang menyertakan update otomatis, beberapa program tidak melakukannya, dan tergantung pada pengguna komputer dalam melakukan update. Inisiatif pengguna komputer dalam melakukan update diperlukan dalam hal ini, karena hanya beberapa orang yang melakukan update pada program komputer secara teratur.
Berikut alasan mengapa melakukan update pada driver atau software:

  • Memperbaiki lubang yang ada

  • Memperbaiki bug dan akses terhadap berbagai fitur baru

Uninstaller

Mungkin ada beberapa pengguna komputer yang menginstall software kemudian setelah itu tidak pernah menggunakannya lagi. Hal ini akan memakan kapasitas komputer. Melakukan uninstall melalui Windows adalah tidak efektif. Namun, masih banyak orang yang melakukannya, padahal ada program komputer berupa program uninstaller yang akan memudahkan pekerjaan Anda dalam hal uninstall program.
Berikut alasan mengapa menggunakan program uninstaller:

  • Memaksimalkan kapasitas hard drive

  • Dengan mudah dapat uninstall program secara efektif

  • Dapat mempercepat sistem komputer

Defragment

Tidak peduli berapa sistem file yang Anda miliki dalam hard drive, hal tersebut akan semakin memenuhi sistem, dan akan memperlambat kinerja komputer Anda. Oleh karena itu, defragment harus dilakukan untuk merapikan file yang tidak teratur yang tersimpan dalam hard drive komputer.
Berikut alasan mengapa harus menggunakan program defragment:

  • Merapikan file yang tidak teratur

  • Memaksimalkan kinerja komputer

System Maintenance

Program komputer yang bekerja sebagai system maintenance digunakan untuk membersihkan sistem, junk file, dan mempercepat kinerja komputer. Kebanyakan program maintenance biasanya dilengkapi dengan uninstaller, defragment, dan perlindungan terhadap malware. Jadi, bisa dikatakan program maintenance merupakan program yang serbaguna.
Berikut alasan menggunakan program maintenance

  • Menghapus junk file dan memaksimalkan kapasitas komputer

  • Memperbaiki sistem komputer dan mempercepat kinerja sistem

  • Membersihkan semua file browser dalam satu tempat. [DEAS]