Windows 8

05 Nov 2012 08:00 | Hits: 2509

8 Perbedaan Windows 8 Paling Menonjol Dari Windows 7

8 Perbedaan Windows 8 Paling Menonjol Dari Windows 7

Windows 8 adalah OS versi terbaru dari Windows. Selain melakukan penambahan pada desktop, juga mencakup antarmuka gaya baru untuk digunakan dengan layar sentuh –apakah itu pada laptop all-in-one PC maupun tablet. Sementara itu tidak semua PC akan beralih ke touchscreen ketika OS Windows terbaru diluncurkan, namun besar kemungkinan akan semakin banyak perangkat yang menggunakan layar sentuh menuju tahun baru yang akan datang –termasuk kebanyakan laptop saat ini yang masih belum menggunakan layar sentuh. Windows 7 adalah terobosan besar bagi Microsoft, mengalihkan keadaan dari Windows Vista yang memiliki banyak kekurangan dan mengingatkan orang-orang bahwa raksasa Redmond ini sama sekali belum menutup topinya.

Windows 8 telah dirilis tanggal 26 Oktober 2012 lalu. Tantangan terbesar untuk Microsoft adalah bagaimana menandingi kesuksesan Windows 7. Hal ini juga menunjukkan bahwa Windows dapat bekerja pada tablet seperti iPad dan masih mendominasi di laptop dan desktop sebagai satu sistem operasi. OS Windows terbaru ini bukanlah sistem operasi ponsel –tetapi ia berbagi bahasa desain dan kode dengan saudaranya Windows Phone 8.

Berikut ini adalah delapan perbedaan penting yang dibawa oleh Windows OS 8:

Windows 8 touch

Ini merupakan perbedaan yang paling menonjol antara Windows OS 8 dengan pendahulunya, yaitu antarmuka pengguna. Windows 7 mendukung layar sentuh, tetapi ini tidak ideal –kontrolnya tidak cukup baik. Namun, semua hal mengenai layar sentuh telah diperbaharui di Windows 8. Pertama-tama, dukungan layar sentuh pada desktop jauh lebih baik dan Anda bahkan dapat menutup jendela dan memilih item menu tanpa masalah, Windows memiliki intelijen built-in untuk memberitahunya apa yang Anda coba lakukan.

Kedua, Start Screen yang baru adalah sebuah antarmuka yang dibuat untuk teknologi layar sentuh. Hal ini berarti tampilan tile (ubin) pada layar merupakan menu Anda, ini membuat Anda dapat lebih cepat untuk mengakses ke program yang dikehendaki. Ada juga peningkatan pada layar keyboard dan handwriting recognition.

Anda tidak perlu memiliki PC touchscreen untuk OS Windows terbaru, karena antarmuka ini masih bekerja pada perangkat non-touch, dan banyak trackpad yang mendukung gerakan untuk Windows 8. Ada juga peripheral atau perangkat tambahan, seperti mouse sentuh dan trackpad dari Microsoft dan Logitech yang mendukung gerakan pada Windows 8.

Start screen Windows 8

Start menu Microsoft yang akrab adalah Start screen yang memiliki tampilan ubin dan data sebagaimana homescreen pada Windows Phone. Ketika Anda membuka sebuah aplikasi yang membutuhkan desktop, Anda masih menemukan Recycle Bin dan Taskbar. Namun tombol Start yang sekarang hanya akan muncul ketika Anda menggeser mouse ke sudut kiri bawah, membawa Anda kembali ke Start screen. Start screen dapat digunakan sebagai launcher aplikasi untuk aplikasi desktop, atau aplikasi Modern UI Windows OS 8 (inilah yang disebut Microsoft antarmuka baru).

Dukungan multiple monitor yang lebih baik

Microsoft telah memutuskan bahwa dengan lebih banyak dari kita yang menggunakan beberapa monitor pada PC, maka yang dibutuhkan adalah merombak manajemen desktop. Itu berarti saat ini Anda dapat memiliki Start Screen pada satu monitor dan desktop sekaligus, atau memilih untuk menampilkan desktop dan taskbar pada kedua layar. Anda juga dapat menempatkan latar belakang yang berbeda pada setiap layar jika Anda memiliki beberapa monitor. OS Windows terbaru ini juga memungkinkan Anda untuk membagi layar antara aplikasi Modern UI Windows, sehingga Anda dapat menampilkan kedua Windows Messenger Anda pada sepertiga layar bersama desktop. Sepertinya Anda harus membiasakan diri dengan tampilan ini.

Windows 8 Charms

Satu kunci pada OS Windows ini adalah yang disebut Microsoft dengan Charms. Ini akan muncul ketika Anda mengarahkan mouse ke sisi kanan layar atau menggesek dari kanan pada layar sentuh. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses Start Screen pada perangkat sentuh (meskipun banyak perangkat sentuh yang juga memiliki tombol fisik pada panel layar atau tombol Windows pada keyboard). Tombol lainnya adalah Search, Share, Devices dan Settings yang menyediakan akses cepat ke fungsi-fungsi pada layar sentuh dan tampilan pointer-driven yang sama.

Sebagaimana mencari aplikasi dan folder, Charms bekerja pada aplikasi yang berbeda. Misalnya sebuah aplikasi sosial dapat memanfaatkan fitur Share, sehingga Anda dapat berbagi file ke aplikasi tersebut dengan cepat dan mudah –tergantung aplikasi yang digunakan. Charms Settings memberikan Anda akses cepat ke pengaturan dasar seperti volume dan kontrol kecerahan layar, serta menempatkan PC Anda pada mode sleep atau me-restart-nya.

Windows 8 Search and Social

Dengan hilangnya Start menu, pencarian tersedia tidak hanya melalui Charms Search, tetapi juga melalui Start Screen –cukup dengan mengetikkan apa yang ingin Anda cari dan hasil yang ditunjukkan di layar berupa program dan file. Seperti halnya Share, Charms Search juga kontekstual, sehingga Anda dapat mencari di dalam aplikasi apapun –misalnya melakukan pencarian web dari sini, atau mencari sebuah tujuan menggunakan aplikasi Travel. Melakukan pencarian web sangat kuat dan cepat, ini adalah cara sederhana untuk memulai browser dan mencari dengan cepat. OS Windows ini juga mendukung Share via jejaring sosial. Sehingga Anda dapat menelusuri pembaharuan jejaring sosial dalam aplikasi People dan di tempat lain.

Windows 8 ARM support

Sampai saat ini, Windows hanya didukung Intel berbasis x86 dan PC AMD, tetapi semuanya berubah di Windows terbarunya yang akan mendukung perangkat yang menjalankan ARM. Desain chip ARM digunakan dalam semakin banyak perangkat, dan Microsoft ingin membuat Windows tersedia seluas mungkin –terutama pada tablet Windows yang lebih murah untuk bersaing dengan iPad dan tablet Android.

Windows Store

Microsoft Windows Store adalah bagian penting lainnya dari Windows terbaru ini, di mana menawarkan aplikasi desktop dan Modern UI, baik gratis maupun berbayar. Anda dapat mencari Store menggunakan Charms Search, serta menelusuri aplikasi top gratis atau berbayar, serta menelusui aplikasi berdasarkan kategori. Ketika aplikasi ini diperbaharui, Anda juga dapat mengunduhnya dengan sangat mudah, seperti yang Anda lakukan pada iOS atau Android.

Integrasi Awan Windows 8

Sementara Microsoft mungkin Anda tidak setuju dengan Apple-nya Steve Jobs bahwa kita berada dalam era post-PC, jelas bahwa mereka tertarik untuk membuat integrasi awan yang berpusat pada Windows terbaru ini. Itu berarti berpotensi untuk sinkronisasi data ke SkyDrive –ada aplikasi SkyDrive serta kemampuan untuk menyimpan data dari dan ke penyimpanan awan Anda. Aplikasi Office 2013 juga disertai dengan kemampuan SkyDrive. Microsoft juga mensinkronisasikan pengaturan PC Windows Anda –termasuk riwayat browsing Anda di Internet Explorer, misalnya. Foto-foto juga dapat dibagikan ke beberapa PC. [RIC]