Playstation 3 Super Slim

21 Oct 2012 11:00 | Hits: 7751

Playstation 3 Super Slim Terbaru, Apakah Lebih Baik Dari Versi Sebelumnya?

Playstation 3 Super Slim Terbaru, Apakah Lebih Baik Dari Versi Sebelumnya?

Playstation 3 Super Slim merupakan versi tipis dan lebih kecil dari Playstation 3 biasa, harga dari perangkat ini juga lebih murah, di banderol sekitar Rp 2.700.000. Dengan adanya Nintendo Wii U yang akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini, banyak yang menerka-nerka akan kehadiran dari Playstation 4 dan Xbox 720. Dengan adanya perkiraan itu, masyarakat semakin antusias mencari informasi tentang kebenaran rumor tersebut. Kemunculan dari Playstation Super Slim menunjukan bahwa Sony masih mempunyai harapan kepada konsol anyar mereka yang mulai menurun penjualannya.

Konsol versi ke tiga dari Playstation 3 ini mempunyai bentuk yang masih mirip dengan Playstation 3 biasa, namun memasukan semua fitur yang sama ke dalam bentuk yang lebih kecil merupakan sesuatu yang bagus, apakah Playstation Super Slim ini patut dibeli? Simak ulasannya berikut ini.

Bentuk dan design

Terlihat seperti pendahulunya namun berbentuk lebih kecil dan lebih tipis dengan bahan yang cukup elegan, Sony juga memperkenalkan tempat disc yang baru, tempat disc pada Playstation Super Slim ini keluar dari kanan ke kiri secara manual atau bisa di keluarkan dengan menekan tombol yang ada di ujung konsol ini.

Sony mengatakan bahwa mereka mendesain ulang bagian dalam dari konsol ini sehingga mengurangi volume dari konsol ini dan Playstation 3 Super Slim juga setengah kali lebih ringan dibandingkan dengan Playstation 3 pertama.

Dari segi dimensinya, konsol ini mempunyai lebar yang sama dengan Playstation 3 Slim yaitu 290 mm dan lebih kecil dari Playstation 3 biasa yang mempunyai lebar 324mm. Konsol baru ini mempunyai panjang 230 mm, ketinggian 60 mm dan berat 2,1 kg, yang membuktikan bahwa konsol ini lebih kecil dari konsol sebelumnya. Playstation 3 pertama mempunyai berat 5 kg dan Playstation 3 Slim mempunyai berat 3,2 kg.

Seperti Playstation 3 pertama dan Playstation 3 Slim, Anda bisa mengganti harddisk dari konsol ini, tapi pada Playstation Super Slim Anda hanya cukup melepas panel samping dari konsol ini dan menaruh harddisk lainnya jika kapasitas sebelumnya belum meencukupi kebutuhan Anda.

Fitur

Didalam box pembelian, Anda akan menemukan konsol itu sendiri, dua buah Stick DUALSHOCK 3 nirkabel berwarna hitam, kabel USB, dan adaptor AC yang sama dengan Playstation 3 Slim. Yang mengecewakan adalah Sony tidak memberikan kabel HDMI dan Anda harus membelinya secara terpisah.

Pada konsol itu sendiri, Anda akan menemukan dua colokan untuk USB pada bagian depan dengan indikator untuk akses sistem penyimpanan. Di bagian belakang konsol, Anda akan menemukan colokan untuk adaptor AC, AV Multi out, digital out, HDMI, dan konektor LAN.

Anda juga akan menemukan harddisk berkapasitas 500 GB dan bagian dalam yang sama seperti pendahulunya dengan Cell Broadband engine CPU dan RSZ GPU dan seperti pendahulunya, konsol ini juga mendukung Blu-ray dengan 3D gaming support. Anda juga bisa menyaksikan film, siaran TV, musik dan lainnya via Playstation Network dan Sony Unlimited Service.

Performa

Jika Anda sudah mempunyai Playstation 3 pertama, pasti Anda menemukan suara berisik pada kipas pendinginnya, apalagi jika digunakan untuk menonton Blu-ray atau DVD. Pada Playstation Super Slim, suara berisik ini sudah berkurang. Untuk optical drive, ditempatkan lebih dekat dengan permukaan, sehingga Anda dapat mendengar suara ketika disk mulai berputar dan melakukan proses booting.

Dalam hal kecepatan loading, konsol ini tidak terlihat berbeda. Telah di tes untuk beberapa game dan beberapa Blu-ray untuk mengetahui perbedaan kecepatan dari Playstation 3 pertama, Playstation 3 Slim dan Playstation Super Slim. Hasilnya, ke tiga konsol Sony itu berjalan pada kecepatan yang hampir sama.

Satu hal yang terlihat berbeda yaitu pada Blu-ray playback mode, terlihat lebih gamblang dan lebih mudah dilihat dari jarak jauh, walaupun kecil tapi bisa terlihat dengan jelas tidak seperti pendahulunya.

Kesimpulan
Jika Anda sudah memiliki Playstation 3 Slim, tidak ada alasan yang akan membuat Anda tertarik untuk mengganti konsol Anda dengan Playstation 3 Super Slim. Lain halnya jika Anda menyukai bentuk yang lebih kecil dengan performa yang hampir sama, dan penyimpanan dengan teknologi SSD juga menawarkan loading yang cepat dan waktu download yang cepat pula. [JON]