Handphone Android Lenovo

18 Jul 2013 09:00 | Hits: 25603

Handphone Android Lenovo A390 Dual-Core dan Tahan Air Hanya Rp 1,4 juta

Handphone Android Lenovo A390 Dual-Core dan Tahan Air Hanya Rp 1,4 juta

Lenovo tidak pernah patah arang bersaing pada pasar handphone. Mereka malah mengeluarkan tiga seri handphone sekaligus yaitu A390, A709 dan K900. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas handphone Android Lenovo A390 saja. Handphone yang bulan juli ini akan di pasarkan di Indonesia. Sebenarny ada dua seri dari A390 ini, ada yang dual SIM dan ada yang tahan air dan debu. Namun untuk yang dual SIM ternyata tidak dipasarkan di Indonesia, masih locked regional. Tetapi kemungkinana besar juga akan di pasarkan juga di Indonesia melihat prospek penjualan A390 waterproof walau hanya pada bagian layar.

Desain

Desain handphone Android Lenovo ini berbentuk candy bar dengan sudut-sudut yang sedikit melengkung. Bagian bazel sedikit memiliki model yang unik. Dari atas ke bawah ukurannya tidak sama, di bagian tengah semakin tipis. Casing belakangnya mulus dengan tulisan Lenovo yang agak menonjol dan kamera pada bagian atas. Bagian depannya sama dengan handphone-handphone Android lainnya. Ada tiga tombol di bawah layar untuk kembali ke menu sebelumnya, Home dan kembali ke Homescreen. Bedanya tombol-tombol ini berposisi terbalik, tidak seperti handphone-handphone Android Eropa yang tombol backnya berada di sebelah kiri.

Handphone ini berdimensi 125.6 x 54 x 10.1 mm. Ukuran yang pas untuk sebuah handphone. Mudah menyimpannya di saku atau tas kecil. Namun dengan ketebalan 10.1 mm akan kurang nyaman di masukkan ke saku jins Anda akrena akan menonjol apalagi dengan berat 131 g. cukup terasa membebani saku Anda. Tersedia pilihan warna hitam dan putih.

Display

Layarnya berukuran 4 inci dengan resolusi 480 x 800 pixel dengan kepadatan 223ppi. Ini membuat produk ini jauh dari jajaran full HD. Namun karena layarnya 4 inci resolusi kecil tidak terlalu membuat buruk tampilan pada layarnya. Hanya saja bila diperhatikan, ketajaman dan warna yang ada pada tampilan warna tidak cukup baik.

Layarnya suport multitouch. Anda bisa menggunakan semua jari tangan Anda untuk menavigasi menu atau game. Layarnya juga cukup sensitive, pada pergantian-pergantian aplikasi dan menu berjalan dengan mulus. Ini karena layarnya di dukung oleh teknlogi capacitive Toucscreen dan IPS. Dengan teknologi ini kita akan menikmati pengalaman layar sentuh yang baik. Sedikit kekurangannya pada layar, ketika kita membuka, menutup, mengganti aplikasi secara cepat akan terasa laggy. Mungkin bukan karena layar, faktor lainnya adalah prosesor.

Performa dan fitur

Perangkat ini tahan air di klaim Lenovo tahan air untuk layarnya. Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass Waterproof. Cukup membantu ketika air di gelas Anda menumpahi layar handphone ini. Atau ketika di pantai atau kolam renang terkena air pada bagian depannya, produk ini masih bisa melindunginya.

Handphone memiliki prosesor dual-core MTK6577 1GHz dengan RAM 512 Mb. Wajar mengapa kegiatan yang cepat membuat handphone ini agak laggy. Janga Anda bandingkan dengan prosesor quad-core pada ponsel-ponsel high-end karena ini adalah ponsel low-end. Perangkat ini berjalan dengan Android 4.0 (ICS).

Pada bagian belakang bodynya terdapat kamera dengan kekuatan 5 Megapixel. Ini sangat bagus. A390 bisa memoto dengan resolusi 2592 x 1944 pixel. Dengan resolusi seperti ini Anda bisa memoto dengan jelas di bawah air. Tidak terdapat kamera depan yang biasanya di buat untuk video call.

Fitur lain sama dengan ponsel Android biasa seperti Wi-Fi, Bluetooth 2.0 Micros SD yang bisa di up hingga 32GB. Satu yang menarik dari koneksifitasnya adalah, handphone ini suport pada HSDPA. Interet Anda akan terasa lebih cepat ketika menggunakan perangkat ini.

Pada baterai, ponsel ini bisa bertahan 180 jam pada jaringan 3G dan 220 jam pada jaringan 2G. Untuk menelpon, dia bisa bertahan 14 jam pada jaringan 2G dan 9 jam pada jaringan 3G. Cukup memuaskan tetapi, ini dalam keadaan baterai dan kondisi ponsel masih baru.

Kesimpulan dan harga

Untuk handphone low-end A390 termasuk yang ada di atas standar. Walau OSnya masih ktinggalan jaman ICS masih enak digunakan saat ini. Beberapa kekurangan kita dapati di performanya, itu biasa untuk ukuran handphone low –end. Produk ini di bandrol Lenovo hanya US$139,99 atau sekitar Rp1,400,000.