Hp Android Pertama

09 Sep 2013 17:00 | Hits: 3581

Mari Mengenang Kembali Hp Android Pertama Di Dunia – HTC Dream

Mari Mengenang Kembali Hp Android Pertama Di Dunia – HTC Dream

Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pesat pula lah teknologi yang dihadirkan dengan inovasi-inovasi yang luar biasa dan mencengangkan. Salah satu perkembangan teknologi dalam kategori gadget yang melaju dengan sangat pesat adalah hp. Semakin banyak hp yang mengusung teknologi super canggih dan luar biasa. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan prosesor yang dapat mengungguli prosesor yang digunakan komputer atau ada pula kamera hp yang ketajamannya menyaingi kamera digital. Namun di balik semua itu, masih ingatkah Anda dengan hp HTC Dream yang menjadi pionir dari kecanggihan teknologi hp Android pertama?

Ya, HTC Dream merupakan hp Android pertama di dunia yang menggunakan sistem operasi Android. Jika dibandingkan dengan berbagai macam perangkat yang ada saat ini, mungkin hp ini tidak ada apa-apanya. Namun pada saat peluncurannya, hp ini merupakan yang tercanggih di jamannya. Masih ingatkah Anda bagaimana spesifikasinya? Jika tidak, Paseban akan kembali membawa Anda bernostalgia dengan hp HTC Dream tersebut. Simak ulasannya.

Desain / Dimensi / Berat

Dari segi desain, sepertinya HTC Dream ini merupakan hp yang cukup unik pada masa itu. Dikatakan demikian karena HTC Dream ini memiliki desain layar touchscreen yang juga dipadukan dengan keyboard QWERTY. Terdapat juga bagian yang sering disebut sebagai “dagu” di ujung hp ini. Secara keseluruhan, HTC berhasil melakukan sentuhan akhir yang sempurna dari segi desain. HTC Dream ini memiliki dimensi 117.7 x 55.7 x 17.1 mm dan berat 159 gram.

Performa

HTC Dream dilengkapi dengan prosesor Qualcomm MSM7201A 528 MHz. Untuk bagian prosesor grafis, hp ini telah mengusung prosesor grafis GPU Adreno 1300. HTC Dream ini juga hanya memiliki kapasitas RAM yang mencapai 192 MB serta sistem operasi berbasis Android 1.0. hp ini kemudian dapat diuprade hingga sistem operasi Android 1.6 alias Donut.

Layar

HTC Dream ini memiliki ukuran layar 3,2 inchi dengan resolusi 320 x 480 piksel dengan tingkat kepadatan 180 ppi. Layar hp ini juga memiliki layar sentuh kapasitif berwarna hitam yang cukup mentereng dan juga bantuan trackball di bagian dagu untuk pengoperasiannya.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

HTC Dream ini bisa dikatakan memiliki konektivitas yang standar seperti microUSB 2.0, Bluetooth 2.0 dan Wi-Fi 802.11 b/g. Sedangkan dari segi memori penyimpanan, HTC Dream ini memiliki kapasitas memori internal yang mencapai 256 MB. Bila Anda merasa memori internal tersebut belum cukup untuk memenuhi kapasitas penyimpanan Anda, tersedia juga microSD slot yang bisa menambah memori.

Kamera dan Video Recorder

HTC Dream ini memiliki kamera dengan ukuran resolusi mencapai 3,15 MP. Kamera ini mampu memotret foto hingga ukuran 2048x1536 dan juga disertai dengan fitur autofocus. Sedangkan untuk kualitas perekaman video, HTC Dream ini hanya mampu merekam video dengan kualitas VGA yang merupakan standar perekaman video pada masa itu.

Baterai

Hp Android pertama di dunia ini menggunakan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 1150 mAH. Pada jaman sekarang mungkin hp dengan kapasitas baterai seperti ini sangatlah tidak ideal, namun pada masa itu hp ini merupakan salah satu hp dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Apalagi jika melihat spesifikasinya yang standar-standar saja, maka baterai dengan kapasitas 1150 mAh ini pastinya sudah lebih dari cukup untuk bertahan lebih dari sehari untuk pemakaian normal.

Kesimpulan

Secara keseluruhan hp HTC Dream ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan hp pintar lain yang ada pada masa itu dengan inovasinya yang luar biasa. Walaupun prosesor serta RAM dan kartu grafisnya tidaklah semewah yang ada pada saat ini, namun hp ini benar-benar mewah pada masanya. Hp buatan produsen asal Taiwan ini juga dikenal dengan nama T-Mobile G1 di wilayah amerika serikat dan juga di sebagian wilayah eropa. Selain itu, hp ini juga dikenal dengan nama Era G1 di kawasan Negara polandia. Dengan terobosan yang dibuatnya, rasanya kita wajib mengangkat topi untuk pionir dari sistem operasi yang menguasai dunia telekomunikasi saat ini. [GAN]