Aplikasi Office Gratis

24 Sep 2012 12:00 | Hits: 2405

Kingsoft Office - Aplikasi Office Gratis dengan Fitur Editing untuk Ponsel Android

Kingsoft Office - Aplikasi Office Gratis dengan Fitur Editing untuk Ponsel Android

Berbicara tentang Android akan mengarah kepada flexibilas aplikasi yang tinggi. Ya, Android terkenal dengan marketnya yang kini bernama Google Play Store, market tersebut menyimpan banyak pilihan aplikasi maupun games yang dapat diunduh oleh penggunanya. Banyak aplikasi-aplikasi penting pada Google Play Store yang bisa kita unduh, aplikasi musik, video, fotografi dan berbagai aplikasi laiinya. Pada kesempatan kali ini Paseban menyoroti aplikasi office yang ada di Google Play karena hampir semua aplikasi office yang memiliki fitur full editing pastilah berbayar. Aplikasi yang tergolong penting ini memang harusnya ada pada perangkat Android Anda, hal tersebut demi menunjang produktivitas Anda dan memanfaatkan Android secara optimal. Namun apa jadinya jika aplikasi office tersebut berbayar? Tenang, Anda tidak perlu begitu khawatir karena ada alternatif aplikasi office yang tetap gratis untuk digunakan walaupun dengan fitur komplit sekalipun.

Beberapa waktu lalu Paseban pernah membahas aplikasi Olive Office yang merupakan salah satu pilihan aplikasi office gratis dengan fitur editing. Kini alternatif lainnya yang bisa Anda pilih adalah aplikasi Kingsoft Office. Aplikasi office yang dikembangkan oleh Kingsoft Office Software Corporation Limited ini sepenuhnya gratis, untuk bisa menggunakannya Anda terlebih dahulu mengunduhnya lewat Google Play Store dengan ukuran sebesar 11MB.

Setelah berhasil mengunduh dan memasangnya pada ponsel Android maka aplikasi tersebut bisa langsung dijalankan. Anda akan mendapati dokumen instruksi yang tersedia untuk dibaca pada awal menjalankan aplikasi Kingsoft Office. Kemudian jika Anda ingin langsung membuat dokumen baru seperti Microsoft Office Document (DOC, DOCX), Microsoft Office Spreadsheet (XLS, XLSX), Microsoft Office Presentation (PPT, PPTX) atau file text (TXT) maka Anda bisa langsung memilih menu pada pojok kiri atas yang berlogo WPS, kemudian pilih Create New dan pilih format yang inginkan. Atau apabila Anda ingin membuka file office yang tersimpan pada ponsel Android Anda maka Anda bisa memilih menu Open.

Ada yang menjadi kelebihan pada aplikasi office gratis ini, selain mengakomodasi banyak format Microsoft Office, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya menyimpan file dokumen ke dalam bentuk PDF dan tentunya aplikasi ini juga bisa membaca file PDF tersebut. Jika ada kelebihan pasti ada kekurangannya pula, begitu dengan aplikasi yang satu ini, meskipun menyediakan fitur lengkap dengan harga gratis namun Kingsoft Office dirasa sangat berat dalam dijalankan. Tercatat beberapa kali ponsel meminta untuk menutup aplikasi ini dan loading time yang dirasa cukup lama ketika menjalankannya.

Aplikasi Kingsoft Office terakhir kali diperbaharui pada tanggal 13 September 2012. Aplikasi ini sudah memiliki rating yang tinggi dengan poin 4.6 ditambah lagi beberapa komentar yang ditujukan pada aplikasi ini positif. Hal tersebut sepertinya sudah cukup menunjukan kepercayaan penggunanya akan kebutuhan sebuah aplikasi office premium yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Paseban menilai, kehadiran aplikasi Kingsoft Office menambah kekayaan aplikasi pada Google Play Store khususnya aplikasi office dan aplikasi gratis yang memang laris diburu para pengunduh. Aplikasi ini juga sekaligus menjadi alternatif dari aplikasi Olive Office untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan aplikasi office full editing yang belum ada pada perangkatnya. Jika Anda salah satu dari orang tersebut? Maka jangan ragu untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya Anda terlebih dahulu memastikan bahwa perangkat Anda cukup baik dalam hal prosesor maupun RAM, Paseban merekomendasikan paling tidak Anda memiliki prosesor 1Ghz plus RAM 512 untuk menjalankan aplikasi office gratis ini. [IQ]

Kingsoft Office 5.0 is coming!