Aplikasi Streaming Radio

20 Sep 2012 17:00 | Hits: 5097

RarmaRadio - Aplikasi Streaming Radio dan Video Online Terlengkap via Komputer

RarmaRadio - Aplikasi Streaming Radio dan Video Online Terlengkap via Komputer

Menurut Wikipedia, radio merupakan teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Dan saat ini radio digunakan sebagai salah satu media dalam menyampaikan informasi kepada khalayak. Oleh karena itu tidak heran jika radio banyak disematkan pada setiap handphone maupun smartphone saat ini terlebih tren streaming radio yang kian melangit.

Aplikasi streaming radio pun meluas tak hanya merambah ke dunia mobile namun juga ke dunia PC. Seperti aplikasi streaming online untuk perangkat komputer berikut ini yang bernama RarmaRadio.

Mendengarkan streaming online dari berbagai macam stasiun radio merupakan salah satu hal yang menyenangkan, apalagi jika hal tersebut mendukung siaran radio dari berbagai negara di dunia. Streaming radio sendiri merupakan cara yang digunakan untuk menyiarkan radio internet melalui teknologi streaming, yaitu sebuah teknologi yang dapat menerima serta mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut. Teknologi streaming ini sendiri menggunakan sebuah lossy audio codec, yaitu sebuah program komputer yang berfungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet. Format audio streaming termasuk MP3, Ogg Vorbis, Windows Media Audio, RealAudio dan HE-AAC (terkadang disebut aacPlus).

Banyak sekali aplikasi streaming yang dapat dipergunakan untuk mendengarkan dan merekam radio, sayangnya tidak banyak yang disediakan secara gratis. Aplikasi streaming radio RarmaRadio adalah jawaban bagi Anda yang menyukai aplikasi gratis namun dengan fitur yang hampir menyamai fitur berbayar. Dengan menggunakan aplikasi RarmaRadio ini Anda dapat mencari stasiun radio berdasrkan genre, nama, negara, dan lainnya lalu menjadikan list stasiun radio tersebut menjadi stasiun radio favorit agar nantinya lebih mudah diakses.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi streaming radio ini adalah fitur untuk merekam siaran maupun musik yang sedang diputar di radio dengan kualitas suara yang cukup baik. Hasil rekaman tersebut dapat disimpan dalam berbagai format audio seperti format file.ogg, .wma, .aac dan .mp3. Integrasi juga sudah ditambahkan pada aplikasi RarmaRadio seperti integrasi kompabilitas pada plugins Winamp, artinya dengan integrasi tersebut akan mempermudah Anda dalam mendengarkan serta mengatur radio yang ingin didengarkan dengan sangat mudah entah itu dalam hal pencarian maupun proses filtering.

Pada awalnya aplikasi RarmaRadio ini adalah sebuah aplikasi yang berbayar, namun semenjak diluncurkan aplikasi RarmaRadio versi2.66 dan versi di atasnya menjadikan aplikasi ini sebagai freeware atau aplikasi yang dapat diunduh secara gratis untuk dipergunakan oleh siapa saja tanpa harus membayar sepeserpun.Selain dipergunakan untuk streaning radio online, aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk melakukan video streaming dari berbagai stasiun televisi diseluruh dunia. Cara mempergunakannya yaitu dengan memasukan link URL pada aplikasi RarmaRadio tersebut.

Berikut ini adalah spesifikasi kebutuhan minimum dari aplikasi RarmaRadio jika Anda tertarik untuk menginstalnya pada komputer Anda:

  • Sistem operasi: Windows 2000/Windows XP, Windows Vista, dan Windows 8.

  • Kebutuhan hardiskminimum: 30 MB ruang kosong (free spaces).

  • Membutuhkan koneksi internet untk dapat melakukan streaming baik radio maupun streaming TV.

Untuk menggunakan aplikasi RarmaRadio sangat mudah sekali, caranya:

  1. Download aplikasinya di sini.

  2. Install aplikasi seeprti Anda menginstall aplikasi lainnya.

  3. Jika proses instalasi sudah selesai kemudian jalankan aplikasi tersebut.

  4. Untuk menambahkan stasiun radio tekan Ctrl+N atau klik tombol Add Station.

  5. Lalu masukkan nama radio dan url-nya (bisa dilihat di setiap situs penyedia radio tersebut), dan tekan OK. Contoh [URLstasiunradio.pls] akhiran URL biasanya berformat .pls

  6. Untuk mendengarkan pilih Play. Jika ingin merekamnya pilih Record lalu pilih Continuously.

Catatan:

  • Perekaman bisa dilakukan dengan banyak Radio Station berbeda dalam satu waktu.

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil saat mendengarkan radio maupun televisi saat streaming, agar audio maupun visual tidak terputus-putus.

  • Hasil rekaman siaran radio yang sedang Anda dengarkan biasanya secara default ada di folder My Document/My Music/RarmaRadio.

[Agung]