Tabulet Beat

19 Sep 2012 18:00 | Hits: 8571

Tablet Lokal Dual Core 1 Jutaan - Tabulet Beat Duos vs IMO Tab X8

Tablet Lokal Dual Core 1 Jutaan - Tabulet Beat Duos vs IMO Tab X8

Beberapa waktu yang lalu, Tabulet mengeluarkan tablet terbarunya yang diyakini lebih full power dari seri yang sebelumnya. Setelah Tabulet mengeluarkan Tabulet Z1S, kali ini Tabulet meluncurkan generasi penerus dari Tabulet Beat dan Tabulet Beat 2 yaitu Tabulet Beat Duos. Mengusung tablet Android lokal yang murah, Tabulet berani menunjukkan tajinya untuk bisa bersaing dengan produk tablet keluaran vendor lain. Seperti perbandingan antar sesama produk lokal yang memiliki spesifikasi yang sebanding dengan Tabulet, yaitu IMO X8.

Dimensi

Tabulet Beat Duos memiliki dimensi 185 x 115 x 8 mm, lebih kecil jika dibandingkan dengan IMO X8 yang memiliki dimensi 196 x 120 x 14 mm. Untuk segi berat, Beat Duos sangat ringan yaitu 295 gram dibandingkan dengan IMO X8 yang memiliki berat 610 gram.

Layar

Untuk layar, meski hanya dengan 7 inci, Beat Duos memiliki resolusi sebesar 1024 x 600 piksel. Sedangkan IMO X8 dengan layar yang lebih lapang, yaitu 9.7 inci tetapi resolusinya terbilang kecil 800 x 480 piksel. Keunggulan dari Beat Duos adalah adanya display technology yang menggunakan anti glare technology menyerupai layar yang menggunakan teknologi IPS Panel.

Performa

Tablet Beat Duos diyakini memiliki performa yang melebihi dari iPad 2 dengan menyisipkan prosesor Dual Core Scorpio A9 buatan Amerika Serikat dengan besaran clock 1.5Ghz, RAM 1GB, dan disematkan pula GPU Mali 400 agar kinerjanya menjadi lebih baik dari seri yang sebelumnya. Sedangkan untuk IMO X8 disisipkan dengan prosesor Dual Core Cortex A9 chipset, Nvidia Tegra 2 Renesas EV2 dengan besaran clock 1.2 Ghz dan memiliki besaran RAM 512MB DDR built-in 4G memori.

Keunggulan lain dari tablet Beat Duos yaitu sudah menggunakan OS 4.0 Ice Cream Sandwich, berbanding terbalik dengan IMO X8 yang masih mengusung OS 2.2 Froyo. Keduanya sama-sama tidak memiliki fitur telepon dan SMS, tetapi untuk menghubungkan dengan dunia maya, Anda bisa menggunakan konektivitas WiFi 802.11 b/g/n dan jaringan 3G GSM (HSDPA) menggunakan modem eksternal, terdapat port HDMI. Perbedaan yang mencolok dari tablet Beat Duos dan IMO X8 yaitu dari konektivitas antar tablet, Tabulet tidak memasang Bluetooth melainkan memasang infrared (untuk akses remote control), sedangkan IMO X8 menggunakan Bluetooth seperti tablet pada umumnya.

Untuk menonton video, keduanya sudah support berbagai macam format film (.mp4, .mkv, .mov, .wmv, .flv) dan format .m2ts video kopian dari Blu-Ray bisa diputar dengan lancar oleh Tabulet Beat Duos. Keduanya sanggup untuk melakukan playback video full HD berresolusi 1080p. kualitas ouput suaranya pun sama-sama standar, tetapi jika menggunakan headset suara yang dikeluarkan lumayan nyaman di telinga.

Kamera

Tabulet Beat Duos masih mengusung satu kamera depan dengan kualitas VGA, berbeda dengan IMO X8 yang mengusung dua kamera (belakang 3MP, depan 2MP). Untuk IMO X8, kamera belakangnya tidak disematkan LED flash, sehingga untuk memotret di tempat yang kurang cahaya akan terganggu dengan banyak noise dan juga gambar yang dihasilkan tidak akan jelas detailnya.

Baterai dan Memori

Tablet Beat Duos memiliki memori internal 8GB, slot microSD up to 32GB, untuk pembacaan media data disediakan USB 2.0 OTG yang bisa dipakai untuk membaca flashdisk dan harddisk eksternal up to 2TB serta untuk modem eksternal. Tabulet Beat Duos disokong oleh baterai sebesar 3200 mAh.

IMO X8 memiliki memori internal 512MB, mendukung slot microSD up to 32GB, tersedia juga USB 2.0 OTG untuk membaca flashdisk dan konektivitas menggunakan modem eksternal. IMO X8 diberi baterai yang lebih besar daripada Tabulet Beat Duos, yaitu 3400 mAh.

Kesimpulan

Dari beberapa segi, memang banyak terlihat perbandingan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tablet, tetapi Tabulet Beat Duos ternyata lebih menonjol dalam kelebihannya, apalagi Beat Duos menggunakan OS terbaru 4.0 Ice Cream Sandwich, berbeda dengan IMO X8 yang masih menggunakan OS 2.2 Froyo. Selain dari prosesor, memori, layar yang lebih mumpuni, harga pun lebih murah, yakni dibanderol dengan harga Rp 1.599.000 berbeda dengan IMO X8 yang dibanderol seharga Rp 1.999.000. Terlebih dari itu, tiap-tiap produsen memiliki strategi tersendiri dalam penjualan produknya, sehingga kita harus cermat untuk memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan kita. [PNJ]