Tablet Android 5 Inch

19 Sep 2012 15:00 | Hits: 6497

Adu Dua Tablet Android 5 Inch Lokal, IMO Memo W6800 vs Zyrex OneScribe ZA987

Adu Dua Tablet Android 5 Inch Lokal, IMO Memo W6800 vs Zyrex OneScribe ZA987

Terkadang kehadiran gadget-gadegt berkualitas tinggi bukanlah sebagai kebutuhan semata. Gadget-gadget tersebut menjadi preferensi gaya dan prestige setiap orang yang memilikinya. Hal ini wajar-wajar mengingat harga gadget-gadget yang dimaksud harganya kepalang tinggi. Sebut saja Apple iPhone 4S, Samsung Galaxy S III atau seri terbaru dari Samsung Galaxy Note. Harga yang ditawarkan untuk gadget-gadget tersebut bahkan melampaui harga perangkat sekelas Notebook. Samsung Galaxy Note 10.1 misalnya, meskipun pada hari pertama peluncurannya, gadget ini tetap terhitung mahal dengan harga spesial sekitar Rp 6 juta, sebagai perbandingan, dengan jumlah yang sama kita bisa mendapatkan Notebook dengan spesifikasi yang cukup baik.

Jika Ada memiliki mimpi memiliki gadget-gadget keren tersebut namun budget yang Anda miliki tergolong tipis, ada baiknya jangan buru-buru mengubur mimpi itu. Kehadiran perangkat canggih tidak melulu diproduksi oleh brand-brand terkenal saja, kini brand-brand lokal sudah berani unjuk gigi dan tentunya menawarkan harga yang lebih murah. Salah satu contohnya adalah tablet android 5 inch yang kini sudah banyak diproduksi produsen tablet lokal seukuran Galaxy dengan harga yang lebih murah. Mereka adalah IMO Memo W6800 vs Zyrex OneScribe ZA987.

Desain

Untuk desain sepertinya tidak ada yang istimewa. Kesan kotak khas tablet Android sudah melekat pada kedua tablet ini, baik IMO Memo dan Zyrex OneScribe sepertinya mengadopsi desain Galaxy Note. Desain serupa Galaxy Note sepertinya bukan masalah, karena dengan desain tersebut maka IMO Memo jadi terlihat jauh lebih cantik. Dengan layar 5 inch tentu bodi masing-masing tablet akan dirasa gemuk dan kurang pas jika dimasukan ke dalam kantong.

Layar

Sepertinya kedua pabrikan asal Cina ini tak ingin melepaskan peluang penjualan gadget pada sektor tablet Android 5 inch. Bisa dibilag era tablet 5 inch mulai meroket kembali setalah kesuksesan yang diraih oleh Samsung Galaxy Note. Kedua tablet ini tentunya memiliki layar 5 inch, secara tepat baikZyrex OneScribe ZA987 maupun IMO Memo memiliki luas layar pas dengan diagonal 5 inch. Untuk urusan teknologi layar tentunya kedua tablet ini telah menggunakan capacitive touchsceen dengan dukungan 16 juta warna. Tentunya ada perbedaan mencolok antar 2 tablet ini, resolusi yang dimiliki IMO Memo terbilang kecil karena hanya mengakomodasi resolusi 320 x 480, sedangkan Zyrex lebih perkasa dengan 800 x 480 piksel.

Kamera

Fitur ini termasuk fitur yang seakan tidak akan pernah ditinggalkan oleh penggemar gadget dan malah cenderung ditingkatkan. Pada perbandingan kali ini ada sesuatu yang menarik, meskipun dengan label tablet lokal keduanya tampil percaya diri dengan kamera 8MP. Bukan hanya itu saja, khusus IMO Memo kamera 8MP juga berlaku pada kamera sekundernya, sedangkan Zyrex masih sebatas VGA. Dengan dukungan kamera 8MP, ini berarti jepretan apik yang dihasilkan bisa mencapai 3264 x 2448 piksel.

Performa

Untuk urusan performa sepertinya kedua tablet ini harus bertekuk lutut kepada brand-brand besar lainnya. Pasalnya kedua tablet ini masih menggunakan single core prosesor sebagi otak utama pengendalian sistem tablet. IMO Memo tampil inferior dengan hanya memiliki prosesor 650MHz, sedangkan Zyrex sedikit berbangga dengan 1GHz Cortex A9 yang dimilikinya. Berikutnya mengenai sistem operasi, Zyrex kembali mempecundangi IMO dengan Ice Cream Sandwich 4.0.3 vs Gingerbread 2.3.5 miliki IMO Memo. Tidak ingin dipecundangi terus menerus, IMO Memo lebih baik dari sisi RAM dengan 768MB, sedangkan Zyrex hanya mampu menyediakan 512MB RAM untuk perangkatnya kali ini.

Baterai

Pada sektor ini sepertinya IMO kembali berhasil bangkit lewat kapasitas perkasa yang ditawarkannya, 2800mAh. Kapasitas sebesar itu berhasil mengalahkan Zyrex OneScribe yang memiliki kapasitas baterasi sama dengan Galaxy Note, yakni sebesar 2500mAh. Secara keseluruhan, kapasitas kedua tablet ini sudah sangat cukup untuk menjalankan keseluruhan kinerja tablet.

Kesimpulan

Melihat pertarungan antara IMO Memo vs Zyrex OneScribe yang masing-masing mengeluarkan kelebihannya bisa dibilang kedua tablet ini memiliki plus minus tersendiri. Penilaian akhir jatuh pada tangan Anda, jika Anda lebih mementingkan kinerja, ada baiknya Zyrex OneScribe yang menjadi pilihan. Namun apabila sektor kamera dan ketahanan baterai menjadi preferensi Anda pilihlah IMO Memo, lagi pula IMO menawarkan harga yang lebih murah sekitar Rp 1.800.000 sedangkan Zyrex OneScribe dibanderol sedikit tinggi dengan harga Rp 2.500.000. [IQ]