Samsung Galaxy SIII

17 Sep 2012 13:00 | Hits: 2526

Komparasi Dua Super Phone, Samsung Galaxy SIII vs Apple iPhone 5

Tidak bisa dipungkiri bahwa era saat ini adalah era di mana ponsel-ponsel super menduduki tahta tertingginya, bahkan era saat ini memang diperuntukkan bagi bisnis gadget seperti ponsel pintar. Dengan budget yang sedikit berlebih kita bisa mendapatkan sebuah ponsel yang bukan hanya pintar tetapi juga super cepat, super canggih dan super hebat yang akan mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Maraknya pertumbuhan ponsel-ponsel canggih belakangan ini dipicu dari persaingan-persaingan antar vendor-vendor besar yang sepertinya tidak ingin terlihat tertinggal dari lawannya. Vendor-vendor tersebut merasa mampu dan dengan mudah meluncurkan produk baru mereka bahkan dengan rentang waktu setahun sekali. Riset teknologi yang mereka lakukan menjadikan teknologi yang disematkan pada ponsel-ponsel anyar mereka tentulah teknologi terbaru pula, maka tak heran para calon pembeli yang memang memiliki dana melimpah terus penasaran dan mencoba barang-barang super tersebut.

Setalah kecanggihan Samsung Galaxy SIII yang bisa dibilang sebagai ponsel paling pintar saat ini meluncur, beberapa vendor lain sepertinya sudah mulai gerah untuk melawan kedigdayaan Samsung. Nokia kini sudah mempersiapkan amunisi barunya lewat Lumia 920 yang digadang-gadang membawa sistem operasi terbaru, Windows Phone 8. Kabarnya Lumia 920 baru akan diluncurkan pada kuartal 4 2012. Nah, saingan baru muncul dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple. Diluncurkan belum lama ini, iPhone 5 siap melahap di pasaran. Apakah nantinya Apple iPhone 5 berhasil mengalahkan Samsung Galaxy SIII? Simak komparasinya berikut ini.

Desain

Sekilas melihat tubuh si Galaxy yang terbaru ini tentu lah sangat lebar dan besar, memang benar karena dimensi Galaxy SIII cukup besar dengan 136.6 x 70.6 x 8.6 mm. Bandingkan dengan ukuran iPhone 5, jauh lebih ramping dan tipis pada dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm. Desain iPhone 5 ini juga mempertahankan desain-desain iPhone sebelumnya, yakni hanya dengan satu tombol pada bagian bawah layarnya.

Layar

Bagi Apple, inilah produk ponsel pertamanya dengan dukungan layar terbaik. Dengan resolusi agak ganjil 640 x 1136 piksel, Apple berhasil memberikan densitas sebesar 326 ppi pada bidang layar seluas 4 inch. Dalam hal densitas iPhone 5 memang menang, karena Samsung hanya memberikan densitas sebesar 306 pada Galaxy SIII. Namun Anda jangan khawatir, luas layar yang mencapai 4.8 inch lah yang menjadikan ppi ponsel tersebut rendah, meskipun resolusinya sudah baik dengan 720 x 1280 piksel. Satu lagi yang perlu digarisbawahi untuk urusan layar, demi ketahanan Samsung bekerja sama dengan Corning untuk menyiapkan Gorilla Glass sebagai pasukan pelindung layarnya.

Kamera

Singkat saja, keduanya berimbang dalam sektor kamera. Pengukuran sederhana melalui besarnya resolusi yang sama-sama memiliki kamera 8MP yang menjadi dasar kekuatan keduanya, tentunya dengan dukungan fitur autofocus. Pada resolusi seperti itu, ukuran gambar 3264 x 2448 piksel akan apik menceritakan detail setiap gambar yang Anda tangkap. Untuk urusan kamera sekunder, Samsung lebih unggul dengan nilai 1,9MP berbanding 1,2MP milik Apple iPhone 5.

Performa

Samsung Galaxy SIII yang sudah lama meluncur secara jelas menunjukan kedigdayaannya soal performa. Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9 ditambah ketangguhan 1GB RAM mejadikan sistem bekerja optimal bahkan untuk urusan multitasking berat sekalipun. Selain itu, kecanggihan sistem operasi anyar Android ICS 4.0.4 pun turut memperlancar kinerjanya. Lalu bagaimana dengan iPhone 5? Ponsel keluaran Apple terbaru ini diperkuat oleh chipset Apple A6. Namun ada hal yang harus disayangkan karena menurut kabar yang beredar, prosesornya masih sebatas dual core masih sama dengan iPhone 4S yang menggunakan chipset A5. Hanya saja proses navigasi lebih cepat disbanding perangkat sebelumnya.

Baterai

Kehebatan superphone tentunya bukanlah apa-apa jika tanpa baterai super juga. Menyadari hal tersebut, Samsung berani memberikan kapasitas sebsar 2100 mAh pada perangkat barunya. Sedangkan untuk baterai iPhone 5 sepertinya dapat dikatakan buruk, karena menurut bocoran yang beredar kapasitas baterai iPhone terbaru ini hanya sebatas 1440 mAh. Kapasitas tersebut disinyalir tidak akan bertahan lama mengingat iPhone 5 ini sudah mendukung jaringan LTE 4G.

Kesimpulan

Sepertinya Apple masih pelit untuk menghadirkan teknologi hebat ke dalam perangkatnya, hal ini terlihat dari komparasi yang telah dilakukan di mana masih menempatkan kemampuan Apple iPhone 5 dibawah Galaxy SIII terutama pada sektor kinerja. Satu poin yang diraih Apple oleh produk barunya adalah perkembangan yang signifikan disektor layar, terutama soal ukuran layar. [IQ]