Restart BlackBerry Tanpa Cabut Baterai

14 Sep 2012 14:30 | Hits: 28298

RestartMe - Aplikasi Restart BlackBerry Tanpa Cabut Baterai

RestartMe - Aplikasi Restart BlackBerry Tanpa Cabut Baterai

Bagi Anda pengguna BlackBerry, pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan melepas dan memasangan baterai pada ponsel Anda. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan restart pada BlackBerry Anda, yang terkadang dibutuhkan bila ponsel Anda sedang mengalami masalah atau hang. Sayangnya kegiatan yang bertujuan agar BlackBerry dapat kembali beroperasi normal memiliki beberapa kekurangan yang cukup menganggu. Bagi Anda yang menggunakan softcase ataupun hardcase, tentunya akan sangat merepotkan karena Anda harus melepas case yang menutupi ponsel Anda sebelum Anda mencabut baterai. Selain itu, tutup baterai ponsel Anda pun beresiko menjadi longgar akibat terlalu sering dilepas-pasang, bila ini terjadi maka akan membuat BlackBerry tidak nyaman digenggam karena bagian belakang dari ponsel Anda mudah terlepas.

Selain dengan mencabut baterai, Anda juga dapat melakukan restart dengan menekan ALT + SHIFT + DEL pada keyboard BlackBerry Anda. Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan dan tahan untuk beberapa waktu, maka BlackBerry Anda akan melakukan restart. Sayangnya ini akan menjadi sebuah kesulitan untuk BlackBerry yang menggunakan layar sentuh atau tidak memiliki keyboard pada ponselnya. Selain itu, terkadang walaupun BlackBerry Anda memiliki keyboard, untuk menekan tombol ini secara bersamaan sehingga proses restart terjadi pun tidak semudah yang dibayangkan, butuh waktu berkali-kali untuk mencoba sehingga akhirnya BlackBerry dapat melakukan restart seperti yang kita inginkan. Lalu, apakah tidak ada cara yang lebih mudah untuk melakukan restart tanpa melalui cara-cara di atas? Jawabannya, ada. Anda bisa menggunakan aplikasi yang khusus dibuat untuk restart BlackBerry tanpa cabut baterai. Salah satu aplikasi tersebut adalah RestartMe. RestartMe merupakan aplikasi milik vendor S4BB Limited. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mempermudah Anda dalam melakukan restart BlackBerry.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh kemudian meng-install aplikasi ini ke dalam ponsel Anda. Setelah itu Anda masuk ke dalam aplikasi ini dan akan muncul beberapa pilihan, kemudian Anda pilih "Manual Restart Now”, lalu secara otomatis BlackBerry Anda akan restart tanpa harus repot-repot melepas baterai. Kemudian Anda hanya tinggal menunggu BlackBerry Anda selesai booting dan ponsel Anda bisa digunakan kembali dengan normal seperti sebelumnya. Cukup mudah dan tidak repot, karena Anda tidak perlu repot melepas baterai kemudian memasangnya lagi, atau pun harus menekan tombol ALT + SHIFT + DEL secara bersamaan dan harus mengulangnya berkali-kali karena BlackBerry belum berhasil restart.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar, karena RestartMe tersedia dalam 2 versi. Pada versi berbayar nama aplikasi ini adalah RestartMe Pro. Anda akan diminta untuk membayar sebesar $ 0.99 untuk mendapatkan dan menggunakan RestartMe Pro langsung untuk ponsel Anda dan bisa Anda download di BlackBerry AppWorld. Jika ingin gratis Anda bisa unduh di sini.

Perbedaan antara berbayar dan tidak adalah, pada RestartMe Pro Anda dapat mengatur agar ponsel Anda dapat melakukan restart secara otomatis tergantung pada waktu yang Anda inginkan. Ini bertujuan agar BlackBerry Anda restart secara berkala dan Anda tidak perlu repot-repot melakukan restart pada saat penting. Misalnya saat Anda sedang berpesan singkat dengan klien penting Anda, kemudian BlackBerry Anda mendadak error yang menyebabkan Anda harus restart untuk segera bisa menghubungi klien Anda. Tentu kejadian ini sangat menjengkelkan dan Anda pastinya tidak ingin terjadi. Oleh karena itu dengan mengatur jadwal restart, Anda dapat mengatur pada jam berapa Anda ingin BlackBerry Anda restart, misalnya saat Anda sedang dalam perjalanan pulang, atau saat Anda sedang makan malam, ataupun pada saat Anda sedang terlelap tidur.

Dengan restart secara berkala tentunya BlackBerry Anda akan lebih aman dari error yang mengancam Anda. Tetapi bila Anda tidak menginginkan restart yang diatur oleh jadwal, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi yang tidak berbayar RestartMe, ini dikarenakan fungsi utama dari aplikasi ini, yaitu restart BlackBerry tanpa cabut baterai sudah dapat Anda nikmati, hanya saja Anda harus melakukan ini secara manual dengan menjalankan aplikasi dan memilih pilihan untuk restart. [IRW]

RestartMe Demo