Kelebihan iPhone 5

14 Sep 2012 15:30 | Hits: 4561

Simak Kelebihan iPhone 5 Dibandingkan Perangkat Sebelumnya

Simak Kelebihan iPhone 5 Dibandingkan Perangkat Sebelumnya

iPhone terbaru telah resmi diluncurkan Apple. Beberapa pemberitaan yang sebelumnya beredar rupanya terbukti tepat. Perubahan paling kentara adalah perubahan pada ukuran layar yang hadir lebih besar dibandingkan perangkat iPhone 4S. iPhone 5 hadir dengan layar Retina berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 piksel. Artinya memiliki layar Retina yang sama dengan tingkat kerapatan piksel 326 ppi. Layar ini bukan hanya lebih besar, namun juga telah mendapatkan peningkatan dalam hal reproduksi warna dan hadir dengan saturasi lebih baik. Apple telah mempergunakan teknologi unik untuk membuah kompleksitas lapisan layarnya agar mendapatkan ukuran layar lebih tipis dan miliki konten yang lebih terlihat alami.

Kelebihan iPhone 5 ini 18% lebih tipis dan 20% lebih ringan dibandingkan perangkat pendahulunya, iPhone 4S. iPhone terbarunya ini memiliki ukuran ketebalan 7.6mm dan hanya memiliki berat 3.95 ons atau 112 gram saja. Dengan dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm perangkat ini dapat digenggam dengan nyaman dan memiliki berat yang sangat ringan. Masuk ke wilayah hardware, iPhone terbaru ini hadir dengan sistem chip Apple A6 dan didukung prosesor dual core ARM Cortex-A15. Chip A6 tersebut merupakan chip terbaru dari Apple yang memiliki kekuatan dua kali lebih baik dibandingkan chip yang digunakan pada iPhone 4S.

Apple telah dari jauh hari mengatakankan bahwa perangkat terbarunya ini akan dibalut dengan sistem operasi terbaru. Artinya perangkat ini akan didukung penuh dengan iOS 6. Terdapat banyak fitur terbaru di dalam sistem ini seperti aplikasi peta Maps-A terbaru, peningkatan kemampuan Siri, fitur Face Time, Passbook, dan lainnya. Apple akan membuat tiga versi penawaran untuk iPhone terbaru ini, yakni varian 16Gb, 32Gb, dan 64Gb. Setiap varian dibanderol seharga $199, $299, $399 bersamaan dengan kontrak.

Dalam hal konektivitas, akhirnya Apple mewujudkan keinginannya untuk menggunakan konektivitas 4G LTE untuk perangkat terbarunya ini. LTE dapat dikatakan sebagai standar jaringan komersial terbaru dan terbaik sejauh ini, Modem yang terdapat di dalam perangkat ini mampu meningkatkan kecepatan donwload hingga 100 MB per detik dalam jaringan LTE. Tetapi dukungan HSPA+ masih dapat mendukung dan telah ditingkatkan. Jaringan ini mampu menampilkan performa unduhan 42.2 MB per detik.

Tidak banyak hal yang dapat dikatakan dalam hal penggunaan baterai pada perangkat iPhone 5. Namun, peningkatan daya tahan baterai memang menjadi salah satu kelebihan tersendiri. Perangkat ini mampu bertahan selama 8 jam talk-time dalam jaringan 3G. Sementara Apple menjanjikan 9.4 hari daya tahan baterai dalam keadaan stand-by. Baterai ini memungkinkan penggunanya memanfaatkan perangkat hingga 8 jam penggunaan dalam jaringan 3G atau LTE, 10 jam penggunaan WiFi internet, 10 jam pemutaran video, dan juga 40 jam pemutaran audio. Tentunya ini menjadi berita menggembirakan bagi pengguna yang banyak berinteraksi dengan perangkatnya kelak.

iPhone 5 memiliki kamera yang kerap dipanggil sebagai iSight. Walupun masih miliki kualitas resolusi 8MP, tapi chip A6 yang terdapat di dalamnya hadir dengan prosesor lebih baik dan menjanjikan efisiensi noise atau gangguan hasil foto melalui fitur Spatial. Sebuah fitur software terbaru bernama "Panorama" memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar panorama. Walaupun tidak banyak peningkatan signifikan pada kamera, pada bagian depan Apple telah meningkatkan kameranya dengan dukungan resolusi HD. Artinya, pengguna dapat melakukan video call dengan kualitas video yang mumpuni. Selain dapat digunakan untuk mengambil foto, pengguna dapat merekam video berkualitas 1080p dengan kecepaatn 30fps melalui kamera iPhone 5. Perangkat ini memiliki video stabilization lebih baik dan kualitas audio lebih jernih dibandingkan iPhone 4S. Tidak banyak perubahan terjadi pada fitur ini, tapi Apple telah meningkatkan sistem microphone dan tambahan wideband audio.

Mendapatkan produk saat proses pengumuman berlangsung tentunya akan menjadi hal membanggakan. Inilah sepertinya strategi yang diterapkan oleh perusahaan berbasis di Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini. Apple membuka sistem pre-order yang akan dimulai sejak hari Jumat, 14 September besok. Sedangkan rencananya perangkat ini akan mulai dipasarkan pada tanggal 21 September mendatang untuk pasar Amerika Serikat dan beberapa pasar negara lain. Apple menjanjikan negara lain akan segera mendapatkan perangkat terbarunya seminggu setelah pengiriman pertama. Seperti yang telah disebutkan, varian iPhone 16GB akan dibanderol seharga $199. Varian 32GB seharga $299, dan varian 64GB dihargai $399. Seluruhnya diikat dengan kontrak. Sementara itu, perangkat iPhone sebelumnya, iPhone 4S, akan dijual dengan harga diskon untuk bersaing dengan smartphone berharga lebih rendah. iPhone 4S 16GB sendiri akan dijual hanya seharga $99, dan iPhone 4 akan dilepas dengan pembebasan kontrak. Belum ada informasi kapan perangkat ini akan masuk ke Indonesia. [MS]