LG Optimus L9

15 Sep 2012 16:00 | Hits: 4574

LG Optimus L9, Handphone LG Optimus Teranyar dengan Layar Lebar

LG Optimus L9, Handphone LG Optimus Teranyar dengan Layar Lebar

Setelah sukses dengan generasi handphone LG Optimus L3, L5 dan L7 tidak lantas membuat pabrikan LG merasa puas dengan kesuksesan yang diraih. Maka untuk memnuhi hasrat dalam meraih kesuksesan kiprahnya di dunia Android, LG kembali menelurkan handphone LG Optimus yang masih masuk dalam jajaran keluarga L yang bernama L9. LG Optimus L9 ini diklaim akan datang tak lama setelah peluncuran Optimus G yang merupakan superphone terbaru dari LG. Lalu seperti apakah performa dari Optimus L9 ini? Berikut ulasan Paseban.

Desain

Hal pertama yang dinilai adalah dari segi desain. Ponsel ini mengusung desain compact candybar yang mana memiiki sudut lengkung yang menambah kesan premium pada desain ponsel ini. L9 ini memiliki ketebalan yang tipis dan layar yang cukup luas untuk memainkan jari Anda di atasnya. Untuk kendali navigasinya, L9 membawa dua tombol sentuh sensitif yang membawa Anda ke Back dan Options serta satu tombol fisik yang akan membawa Anda ke Home.

Dari sekian generasi L yang telah diluncurkan, L9 ini yang terbilang memiliki desain yang cantik dan halus yang benar-benar merepresentasikan sebuah smartphone. Dengan list aluminum di sekitaran tubuhnya membuat ponsel ini makin terlihat sangat bergaya. Ponsel ini akan hadir dalam dua varian warna, yakni hitam dan putih. Untuk dimensinya sendiri, ponsel ini memiliki dimensi total sebesar 131.9 x 68.2 x 8.8 mm dan berat yang mencapai 125 gram.

Layar

Beralih pada media kaca sentuh yang diusung, ponsel ini mempercayakan layar 4.7 inchi IPS LCD beresolusi 540 x 960 pixels yang mana dikenal memiliki refleksi yang sangat mumpuni. Dengan kemampuannya menghadirkan 16 juta macam warna kepada para penggunanya, tak lupa layar pada L9 ini dibekali dengan fitur multitouch yang mana mampu memaksimalkan ketukan jari Anda pada penampang layar yang dibawanya. Namun sayang kekurangan dari layar yang tampil perkasa ini hanya terdapat pada tidak hadirnya material pelindung yang mampu menghindarkan layar sentuh L9 ini dari bermacam goresan yang selalu mengancam keindahan layarnya.

Sistem Operasi dan Fitur

Ditenagai oleh Android v4.0.4 Ice Cream Sandwich, L9 menggendong prosesor Dual-core yang memiliki kecepatan berlari hingga 1 GHz dan juga selalu di-support oleh RAM sebesar 1 GB yang mana berarti ponsel ini mampu menjalankan segala aktivitas yang diberikan kepada ponsel ini secara lancar.

Pada konektivitasnya sendiri, LG Optimus L9 mampu menggeber penggunaan data hingga HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps. Atau Anda juga bisa memanfaatkan kanal WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, WiFi hotspot, DLNA yang tertanam di dalam ponsel ini untuk berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan internet nirkabel yang berada di sekitar Anda. Untuk berkirim file antar ponsel, L9 mmbekali dirinya dengan Bluetooth dengan A2DP dan microUSB v2.0 yang menawarkan kecepatan yang mengagumkan dalam berkrim file antar perangkat yang saling mendukung.

LG Optimus L9 juga dilengkapi dengan My Style Keypad yang mana dapat berfungsi untuk mengatur kebutuhan dengan tangan mana Anda menggunakan ponsel ini dan Qmemo yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan membagikan memo dengan tulisan tangan.

Kamera

Untuk urusan pengabadian gambar, L9 ini telah dibekali dengan kamera yang memiliki kekuatan sebesar 5 megapiksel yang mana mampu mengabadikan gambar hingga resolusi 2592 x 1944 pixels yang juga dilengkapi dengan autofocus dan LED flash. Sementara itu untuk fiturnya sendiri, L9 hanya menyematkan fitur yang berupa Geo-tagging. Tidak merasa puas dengan kamera berkekuatan 5 megapiksel, L9 menyematkan kamera sekunder berkekuatan VGA pada penampang utama pada layar ini.

Baterai dan Memori

Pada sektor daya tahannya, L9 mempercayakannya kepada StAndard battery Li-Ion 2150 mAh. Sementara itu untuk daya simpannya sendiri, L9 telah dianugerahi dengan memori internal sebesar 4 GB yang masih bisa Anda ekspansi menggunakan memori eksternal sebesar 32 GB menggunakan microSD.

Kesimpulan

Ponsel ini diperkirakan akan hadir pada Kuartal 4 tahun ini. Kehadiran L9 ini akan menambah semarak penjualan ponsel Android di kancarh global. Namun pihak LG sendiri belum mau membocorkan rentang harga yang akan dibanderol oleh ponsel ini. Dan tentu saja kehadiran ponsel ini akan sangat dinanti para penggemar gadget canggih di tanah air. [PY]

LG Optimus L9 dual-core Android smartphone gets announced