Paket Internet untuk Android

11 Sep 2012 10:00 | Hits: 74667

Paket Internet Untuk Android dari XL dan Indosat yang Bisa Anda Gunakan

Paket Internet Untuk Android dari XL dan Indosat yang Bisa Anda Gunakan

Berinternet sekarang tidak terbatas dari perangkat laptop, namun teknologi yang ada saat ini memungkinkan Anda untuk mengakses internet lewat smartphone Anda. Apalagi saat ini juga jaringan yang awalnya hanya GPRS perlahan meningkat menjadi Edge, hingga 3G, tentu ini bisa meningkatkan kecepatan internet Anda, tinggal bagaimana Anda pandai dalam memilih operator untuk smartphone.

Android adalah salah satu OS smartphone favorit yang bisa Anda pakai untuk berselancar di dunia maya. Kelebihan Android yang menyediakan banyak aplikasi, game atau dari segi harganya sendiri yang murah mungkin menjadi alasan kenapa Android terus meningkat dari segi penjualannya. Setelah Anda membeli Android, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih operator mana yang Anda pilih untuk tersemat di Android Anda.

Masing-masing operator selular sebenarnya menyediakan beberapa alternatif pengaktifan paket internet untuk Android dengan kuota tertentu. Pada artikel ini Paseban akan me-review mengenai operator selular XL dan Indosat dengan layanan paket Android termurahnya plus kuotanya, tentunya akan Paseban bandingkan bagaimana performa dan siapa yang paling murah. Simak review berikut ini:

Indosat

Indosat sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia memiliki layanan internet untuk pelanggannya, baik untuk pengguna IM3 maupun mentari. Dengan menggunakan paket data unlimited dan kuota ini, Anda bisa berkirim email, mengakses situs atau browsing bahkan hingga streaming. Kecepatan yang tersedia hingga mencapai 2Mbps, namun kecepatan ini tergantung pada kondisi jaringan dan banyaknya pelanggan yang berada di suatu wilayah pada satu waktu tertentu.

Indosat sendiri menyediakan alternatif paket layanan data Internet untuk Android yang bisa Anda pilih, Indosat membedakannya dalam dua sub kategori, Anda bisa memilih paket kuota atau paket unlimited, masing-masing paket dibagi lagi menurut berapa lama waktu pemakaian yang Anda kehendaki, bisa harian, mingguan atau bulanan. Simak tabel berikut ini:

Paket Internet Untuk Android dari XL dan Indosat yang Bisa Anda Gunakan

Jika kuota paket internet Anda telah habis sebelum masa aktif paket, Anda tetap bisa mengakses internet dari Android Anda, namun Indosat menurunkan kecepatannya hanya 64Kbps saja. Jangan khawatir, Indosat akan mengirimkan notifikasi SMS jika Anda sudah melebihi 80% batas pemakaian wajar, sehingga ini bisa berguna bagi Anda untuk lebih menghemat penggunaan internet.

XL

Selain Indosat, XL juga mempunyai beberapa pilihan paket Internet untuk Android yang bisa Anda pilih, bahkan jika Indosat hanya mempunyai kecepatan maksimal 2 Mbps, XL mengklaim diri bisa mempunyai kecepatan 3,6 Mbps untuk tiap jenis paketnya. Bahkan XL pun memberikan bonus kuota 3 GB untuk pelanggannya yang hanya berlaku untuk pemakaian internet pada jaringan 3G, jadi jika Anda ingin menikmati bonus tersebut, pastikan settingan handset Anda berada pada jaringan 3G /WDCMA only.

XL juga menyedikan paket hingga kuota 3 GB, sangat besar jika dibandingkan dengan Indosat yang hanya 1,2 GB saja, tentu harga kuota tersebut dibanderol dengan tarif yang lebih mahal, yakni Rp 199rb dengan masa aktif selama satu bulan. Berikut tarif paket Internet XL lebih lengkap:

Paket Internet Untuk Android dari XL dan Indosat yang Bisa Anda Gunakan

Satu yang disayangkan dari layanan paket Android XL ini, jika kuota habis maka Anda sama sekali tidak bisa mengakses internet sama sekali dan lansung diarahkan ke halaman stop page, mungkin jika Anda saat itu mempunyai pulsa, maka tarif internet akan diambil dari pulsa Anda tersebut.

Kesimpulan

Jika dibandingkan paket data internet untuk Indosat dan XL, tentu keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Bisa dibilang, Indosat lebih mempunyai banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih jika dibandingkan dengan XL, namun XL untuk soal kecepatan XL sangat menjanjikan. Indosat memang unggul dari segi ketika Anda paketnya sudah habis, Indosat masih mentoleransi dengan tetap bisa mengakses namun kecepatannya turun, sementara XL tidak bisa sama sekali. XL pun menutup kekurangan ini dengan penyediaan bonus kuota, namun tetap saja bonus tersebut tetap diberikan ketika sinyal yang Anda dapat 3G.

Itulah sedikit review dari Paseban, operator mana yang hendak Anda pilih sebaiknya sesuaikan dengan di mana Anda tinggal, pilihlah operator yang mampu menangkap sinyal minimal 3G. Untuk soal paket mana dari masing-masing operator tersebut, Paseban menyarankan untuk Anda memilih jenis kebutuhan mana yang Anda lebih sering gunakan, ketika Android Anda hanya dibutuhkan untuk bersosial media atau berkirim email, Anda rasanya tak perlu untuk memilih paket unlimited. Namun jika Anda juga ada kebutuhan untuk mengakses YouTube atau streaming, Paseban menyarankan untuk memilih paket unlimited. [HJ]